29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Pentingnya Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Serum

Anda sudah rajin cuci muka, scrubbing beberapa kali seminggu, dan tidak melupakan pelembab pagi dan malam serta tabir surya? Ternyata itu saja belum cukup untuk kulit. Selayaknya seperti tubuh, wajah juga memerlukan asupan nutrisi yang bisa dipenuhi dengan makanan serta dalam perawatan kulit wajah.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan untuk masuk ke dalam sebuah perawatan ialah serum wajah. Sebelum menggunakan serum, kalian tau nggak si apa itu serum? Nah, untuk itu simak artikel dibawah ini tentang serum yaa.

Apa Itu Serum?

serum vitamin C

Serum wajah merupakan sebuah cairan yang bertekstur ringan dan pada umumnya tidak mengandung minyak, yang dapat diserap oleh kulit. Cairan serum ini hadir dalam berbagai bentuk krim, gel, dan juga bahkan dibuat dengan konsistensi yang mirip seperti air.

Pada sebotol serum, biasanya banyak mengandung bahan aktif, seperti zat anti penuaan, peptida, antioksidan, asam kojic (pencerah kulit), asam glikolat, hyaluronic acid, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan E.

Bisa dibilang, produk ini adalah pelembap dengan tekstur yang lebih ringan. Namun, bahan-bahannya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga dapat menembus ke bagian dalam kulit dengan lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap biasa.

Produk kecantikan ini khusus menargetkan isu-isu kulit yang lebih spesifik, misalnya mendorong peremajaan kulit, mencerahkan kulit, serta menyamarkan keriput, jerawat, noda hitam dan hiperpigmentasi, atau rona wajah yang tidak merata.

Berdasarkan fungsi, serum wajah dibagi menjadi:

  • serum sebagai produk anti-aging,
  • serum pencerah wajah,
  • serum pelembap wajah,
  • serum penangkal radikal bebas,
  • serum untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat, dan
  • serum untuk memperbaiki tekstur wajah.

Apakah kalian tahu perbedaan serum dengan pelembab biasa? Nah, karena masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan serum dengan pelembab biasa. Keduanya tampak serupa namun ternyata beda fungsi, lho! Soo, seperti apa perbedaannya? Lanjut simak yaa.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Vampir Facial dan Efek Sampingnya

Perbedaan Serum dengan Pelembab Biasa

Sebotol serum berukuran jauh lebih kecil

Kalian mungkin menyadari bahwa sebotol serum berukuran jauh lebih kecil dari sebuah pelembap wajah biasa. Zat-zat aktif di dalamnya berperan besar dalam menentukan perbedaan ukuran sebuah serum wajah dengan pelembap wajah pada umumnya.

Bahan-bahan aktif yang terkandung dalam sebotol kecil serum lebih kaya dan sangat terkonsentrasi dibandingkan kandungan bahan aktif dalam pelembap. Ini karena serum tidak ditambahkan bahan-bahan berat yang sering ditambahkan ke dalam pelembap.

Serum wajah yang bagus hanya berisikan bahan-bahan inti yang diperlukan. Produk ini tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif alias kedap udara. Misalnya petrolatum atau minyak mineral yang melindungi kandungan air dari penguapan.

Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian. Oleh karena konsentrasinya yang tinggi, ini juga alasan mengapa harga sebotol serum tergolong di atas rata-rata sebuah pelembap wajah.

Dibandingkan dengan pelembap, sebagian besar produk serum wajah juga berbahan dasar air. Hal ini menghilangkan unsur minyak sama sekali yang dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat pada sejumlah orang.

Cara Memakai Serum Wajah

Selayaknya menggunakan produk perawatan kulit lainnya, cara memakai serum wajah juga memiliki aturan tersendiri. Supaya serum bekerja efektif, dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara memakai serum wajah.

Menggunakan serum ke wajah

Bersihkan Wajah

Untuk menggunakan serum wajah, kita dapat langsung mengaplikasikan ke wajah setelah menggunakan pembersih wajah, setelah sabun dan juga toner.

Serum pada wajah adalah sebuah produk ringan yang mengandung banyak bahan aktif dengan konsentrasi yang tinggi. Bahan ini tentunya menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan juga akan berfungsi efektif setelah membersihkan kulit wajah.

Baca Juga :  Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam, Hingga Pemakaian Facial Wash

Sebagai Lapisan Dasar

Cara menggunakan serum wajah terbaik agar bisa berfungsi maksimal adalah menjadikannya lapisan dasar di bawah bagian produk perawatan yang lebih berat seperti pelembab wajah, sunscreen, dan juga setelah itu barulah menggunakan produk riasan lainnya.

Pada umumnya, satu botol serum wajah mengandung bahan-bahan aktif seperti antioksidan, dengan berbagai macam jenis Vitamin, hyaluronic acid, peptida, pencerah kulit (asam kojic), dan juga asam glikolat, dan bahan lainnya.

Maka dari itu, serum akan dianggap sebagai produk yang lebih efektif bila dibandingkan dengan pelembab biasa maupun krim pada wajah karena pada kandungan konsentrat bahan aktifnya.

Berdasarkan penelitian Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2011 lalu menyarankan untuk selalu menggunakan pelembab dan juga serum sebagai perawatan kulit wajah.

Setelah sudah menggunakan serum, dianjurkan untuk melapisi serum dengan pelembab wajah agar bisa dapat perawatan kulit wajah yang maksimal.

Frekuensi Pemakaian

Frekuensi dari penggunaan serum pada wajah bisa dipakai satu atau dua kali sehari, bergantung tujuan dan juga kandungan produk serum. Terdapat banyak jenis serum, dan masing-masing serum tersebut mengandung bahan dan tujuan yang unik.

Dari beberapa serum yang diformulasikan untuk bisa membantu mencerahkan kulit ataupun mengurangi flek. Sementara itu, ada juga serum yang fokus hanya pada peningkatan hidrasi atau melawan tanda-tanda akan penuaan kulit.

Serum antioksidan dan juga anti pigmentasi akan bekerja paling baik jika digunakan pada pagi hari. Serum ini juga akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas, polusi serta sinar matahari.

Sedangkan untuk serum anti penuaan paling cocok diaplikasikan pada malam hari. Hal tersebut memungkinkan kandungan pada serum bisa bekerja sesuai dengan tempo harian tubuh untuk perbaikan serta pergantian kulit.

Baca Juga :  Seberapa Efektif Fractional Laser Atasi Bekas Jerawat?

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Masalah Kulit

Dengan penggunaan serum yang rutin berpotensi untuk bisa memberikan hasil yang diinginkan dan terasa akan dampaknya. Konsentrasi pada bahan aktif yang akan lebih tinggi pun juga mungkin bisa memberikan hasil yang jauh akan lebih terlihat, bila dibandingkan dengan jenis produk kulit lainnya, misalnya pelembab biasa.

Untuk bisa merasakan manfaat yang efektif dari pemakaian serum dalam perawatan kulit wajah, dan harus terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan kulit wajah sendiri. Selanjutnya, pilihlah produk serum wajah yang memiliki kandungan atau bahan yang sesuai agar tidak memberikan dampak buruk pada kulit wajah.

Nah, dengan mengetahui kandungan dalam serum yang akan digunakan, serum wajah akan bisa berfungsi maksimal untuk merawat kulit wajah dan juga mengatasi masalah. Kita juga dapat menilai efektivitas produk yang akan digunakan dengan memperhatikan serta mengecek ulasan konsumen yang pernah memakai produk tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles