29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

5 Spesies Hewan Lumba – Lumba yang Dapat Hidup di Sungai

Lumba-lumba merupakan hewan mamalia yang hidup di air dan termasuk kelompok Cetacea bersama dengan paus dan porpoise. Sebagian besar hewan Cetacea hidup di perairan laut dan hanya beberapa yang ditemukan di perairan tawar yaitu dari golongan lumba-lumba dan porpoise.

Ada dua superfamili lumba-lumba sungai yang masih eksis, yaitu famili Platanistoidea and Inioidea. Selain superfamili tersebut, beberapa lumba-lumba yang ditemukan di sungai memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan lumba-lumba laut dan dapat hidup di air asin maupun air tawar.

Tapi tahukah kamu bahwa ada juga lumba-lumba yang hidup di sungai? Bahkan tak hanya satu, setidaknya ada enam spesies lumba-lumba yang diketahui hidup di perairan air tawar. Lumba-lumba apa saja itu, dan di sungai mana mereka hidup? Ini dia ulasannya.

Lumba-lumba Sungai Asia Selatan

Gambar hewan Lumba-lumba sungai asia selatan 

Hewan yang dari sungai asia selatan (Platanista gangetica) adalah spesies lumba-lumba yang hidup di perairan air tawar di India dan sekitarnya. Lumba-lumba ini bisa berukuran hingga 2,6 meter dan berat 85 kg. Penampilan mereka juga khas, dengan moncong yang langsing dan panjang serta mata kecil yang nyaris buta.

Mata lumba-lumba ini buta karena mereka hidup di sungai yang keruh. Sehingga mereka tidak mengandalkan penglihatan untuk menjelajah. Tak seperti lumba-lumba yang hidup di laut, umba-lumba sungai asia selatan tidak akrobatik, bahkan jarang muncul ke permukaan air. Laman Whales menyebut bahwa status mereka saat ini adalah rentan.

Lumba-lumba Sungai Bolivia

Gambar hewan Lumba-lumba sungai bolivia 

Ada pula lumba-lumba sungai bolivia (Inia boliviensis), yang masih berkerabat dekat dengan lumba-lumba sungai amazon. Kedua spesies itu bahkan sempat dikira sama, namun belakangan penelitian menunjukkan bahwa keduanya berbeda.

Lumba-lumba ini merupakan spesies endemik area Sungai Amazon di Bolivia. Menurut Britannica, ukuran mereka sedikit lebih kecil daripada lumba-lumba sungai amazon, namun warnanya mirip yaitu pink keabu-abuan. Lumba-lumba ini juga punya sebutan lain oleh masyarakat setempat yaitu bufeo.

Lumba-lumba Sungai Araguaian

Gambar hewan Lumba-lumba sungai araguaian

Satu lagi spesies lumba-lumba yang masih berkerabat dengan lumba-lumba sungai amazon adalah lumba-lumba sungai araguaian (Inia araguaiaensis). Lumba-lumba ini endemik sungai Araguaia dan Tocantin di Brasil. Mereka juga dulu sempat dikira spesies yang sama dengan lumba-lumba sungai amazon.

Namun dinyatakan sebagai spesies yang berbeda berdasarkan penelitian tahun 2014. Lumba-lumba sungai araguaian memiliki tengkorak yang lebih lebar, namun secara umum penampilan mereka memang sangat mirip dengan lumba-lumba sungai amazon.

 Lumba-lumba Sungai Amazon

Gambar Lumba-lumba sungai bolivia 

Sementara lumba-lumba sungai amazon (Inia geoffrensis) tentu saja hidup di Sungai Amazon sesuai namanya. Pejantannya bisa memiliki warna pink yang sangat mencolok, sehingga mereka disebut juga lumba-lumba sungai pink. National Geographic menyebut bahwa warna pink tersebut berasal dari pertarungan antar sesama jantan, khususnya pada musim kawin.

Lumba-lumba yang juga disebut boto ini adalah spesies terbesar dari lumba-lumba air tawar. Mereka bisa mencapai panjang 2,5 meter dan berat lebih dari 200 kg. Sama seperti lumba-lumba sungai asia selatan, lumba-lumba sungai amazon juga tidak mengandalkan matanya untuk mendeteksi keadaan sekitar, melainkan ekolokasi.

Lumba-lumba Sungai la Plata

Gambar hewan Lumba-lumba sungai la plata 

Sementara lumba-lumba sungai la plata (Pontoporia blainvillei) sangat unik, karena mereka adalah satu-satunya lumba-lumba air tawar yang juga bisa hidup di air asin. Tepatnya, lumba-lumba ini berhabitat di area sungai dan air payau sebelah tenggara Amerika Selatan, berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Lumba-lumba ini kadang menjelajah hingga ke samudera, meski kebanyakan hanya menetap di air payau. Mereka adalah lumba-lumba air tawar terkecil, dengan panjang hanya mencapai 1,7 meter dan berat 60 kg. Dalam bahasa setempat, lumba-lumba sungai la plata biasa disebut franciscana.

Nah, Itulah pembahasan tentang 5 Spesies Lumba – Lumba yang unik karena tidak hidup di laut, tapi hewan ini bisa di perairan sungai. maka manusia harus berupaya menjaga supaya kelima spesies lain tidak ikut lenyap dari muka bumi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles