26.7 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

Eropa Menangguhkan Kesepakatan Visa dengan Rusia

Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE) sepakat untuk menangguhkan kesepakatan fasilitasi visa dengan Rusia pada Rabu (31/8/2022). Keputusan itu disampaikan kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell, dan dilakukan pada hari kedua pertemuan para menteri di Praha, Republik Ceko.

Ukraina telah menyerukan agar negara-negara Uni Eropa melarang visa bagi turis Rusia karena Moskow telah menyerang negaranya. Namun, tidak semua negara anggota sepakat. Tapi, dengan penangguhan fasilitasi visa saat ini. Warga Rusia akan butuh waktu lebih lama dan lebih sulit untuk bisa mendapatkan visa baru guna pergi ke Uni Eropa.

Warga Rusia Akan Kesulitan Mendapatkan Visa Baru dari Uni Eropa

Seruan Ukraina agar Uni Eropa melarang mengeluarkan visa bagi turis Rusia tidak disambut dengan tangan terbuka oleh semua negara anggota blok. Tapi beberapa negara Baltik telah menerima seruan itu.

Kini setelah pertemuan para menteri luar negeri. Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borell, mengatakan bahwa semua anggota blok tersebut sepakat menangguhkan perjanjian fasilitasi visa dengan Moskow.

“Kami menyetujui penangguhan penuh perjanjian fasilitasi visa Uni Eropa-Rusia. Ini akan secara signifikan mengurangi jumlah visa baru yang dikeluarkan oleh negara-negara anggota UE. Ini akan lebih sulit, (dan) akan memakan waktu lebih lama,” kata Borell dikutipĀ Reuters.

Dengan penangguhan perjanjian fasilitas visa tersebut. Maka, warga Rusia yang ingin mendapatkan visa baru dari UE akan memakan biaya yang lebih mahal dan akan menjadi lebih sulit.

Sanksi Baru Uni Eropa untuk Rusia

Uni Eropa dan Rusia telah membuat dan menyepakati perjanjian visa pada 2007. Dalam perjanjian itu, warga Rusia yang ingin memasuki UE akan mendapatkan kemudahan dalam proses mendapat visa dengan biaya yang ringan.

Invasi pasukan Moskow ke Kiev telah membuat UE melarang penerbangan komersial dari dan ke Rusia. Warga Rusia yang ingin bepergian, seperti menjadi turis, kemudian menggunakan perbatasan darat untuk menyeberang ke UE.

Uni Eropa telah melakukan pembatasan visa untuk menargetkan orang-orang yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin. Tapi, kebijakan itu tidak menyentuh warga Rusia biasa yang tetap menikmati manfaat fasilitasi visa UE.

Bahkan, dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi peningkatan substansial penyeberangan perbatasan darat dari Rusia ke negara-negara UE.

“Ini telah menjadi risiko keamanan bagi negara-negara tetangga ini. Selain itu, kami telah melihat banyak orang Rusia bepergian untuk bersantai dan berbelanja seolah-olah tidak ada perang yang berkecamuk di Ukraina,” kata Borell.

Bukan Waktunya Untuk Berlibur Disaat Perang Berkecamuk di Ukraina

Negara anggota Uni Eropa yang memiliki perbatasan darat dengan Rusia adalah negara Baltik dan zona Schengen seperti Polandia, Estonia dan Lithuania. Sejak perang Rusia di Ukraina, hampir sejuta turis Rusia telah datang ke Uni Eropa.

Warga Rusia menyeberang ke negara-negara tersebut dengan manfaat fasilitasi visa UE, lalu bebas bepergian ke negara Eropa lainnya. Dengan menangguhkan perjanjian, warga Rusia saat ini akan semakin sulit mendapatkannya visa Uni Eropa.

“Ini berjalan ke arah yang benar tetapi sekali lagi kami melihat bahwa sejauh ini ada banyak pembicaraan dan sedikit tindakan. Ketika Rusia menginvasi Ukraina, kami menerima pengungsi dari Ukraina dan mencoba membantu Ukraina dalam segala hal, ini bukan waktunya untuk berlibur dan pariwisata mewah (bagi Rusia),” kata Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto.

Nah, itulah penjelasan mengenai Eropa yang menangguhkan visa terhadap Rusia. Tapi, keputusan itu masih memberi pengecualian untuk para pelajar, jurnalis dan aktivis HAM yang mengkhawatirkan keselamatan mereka di Rusia. Mereka tetap akan dipermudah dalam mendapatkan visa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles