26.2 C
Jakarta
Sunday, May 26, 2024

Rusia Batal Buka Pasokan Gas, Eropa Terancam Musim Dingin Ekstrem

Rusia dikabarkan membatalkan rencana dibukanya pasokan gas ke sejumlah negara di Eropa. Akibatnnya, banyak negara di Eropa yang akan kesulitan dan mengalami musim dingin ekstrem.

Sebagaimana diketahui, di antara negara-negara Eropa, Jerman jadi salah satu negara yang sangat bergantung pasokan gas Rusia. Oleh sebab itu, Jerman telah mempersiapkan pemotongan pasokan gas, serta memperingatkan warga untuk mengurangi konsusmsi energi.

Selain itu, Kanselir Inggris Nadhim Zahawai, mengkritik keras sikap Rusia. Bahkan, Zahawai juga mengutuk keras kebijakan Rusia yang mengambil keuntungan di tengah harga minyak dunia yang melonjak.

“Putin tidak dapat mengambil untung dari harga minyak yang terlalu tinggi dan tentu saja. Langkah tersebut melindungi kita semua dari guncangan harga minyak tahun depan dan seterusnya,” ujar Nadhim, pada Senin (5/9/2022).

Harga Gas Dunia Bakal Semakin Mahal

Selain menuai polemik jelang musim dingin yang meyulitkan negara-negara di Eropa, batalnya pembukaan kembali pasokan gas itu diprediksi akan semakin mendongkrak harga gas dunia. Padahal, secara total harga gas telah melonjak hingga menginjak 400 persen sejak tahun lalu.

Tentunya, kondisi ini bisa menambah kesengsaraan dunia bisnis di Eropa, mengingat tingginya tingkat ketergantungan terhadap pasokan gas dari Rusia. Sementara, meski intensitas penjualan gas menurun, Rusia dilaporkan masih mampu menghasilkan 600 juta euro.

Keuntungan itu mereka dapat dari aktivitas penjualan minyak akibat harga minyak dunia yang meroket tajam, yang salah satunya dipicu invasi Rusia ke Ukraina.

Ukraina Mengutuk Keras Sikap Rusia

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, juga menyerukan supaya Rusia dijatuhkan sanksi keras. Dia menilai Rusia seakan memeras dan mempermainkan negara di Eropa melalui harga gas dan minyak.

“Itu hanya akan membatasi aliran petrodollar dan euro gas ke Moskow, tapi juga, yang penting, memulihkan keadilan bagi semua orang Eropa, yang sedang coba diperas oleh Rusia, lewat harga yang digelembungkan secara artifisial di pasar energi,” ujar Zelenskyy.

Alasan Pembatalan Pasokan Gas ke Eropa

Diketahui, pembatalan pasokan gas dari Rusia ke Benua Biru. Dilakukan seiring perusahaan gas raksasa di negara tersebut, Gazprom menemukan kendala teknis. Pihaknya beralasan ada kebocoran di turbin utama pipa Nord Stream 1, yang membuatnya harus ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Padahal pipa Nord Stream 1 selama ini merupakan jaringan pipa utama yang digunakan Rusia, untuk memasok kebutuhan gas ke zona Eropa. Sehingga dengan ditutupnya jaringan pipa berakibat batalnya pasokan gas dari Rusia ke Eropa.

Rusia Batal Membuka Kembali Pipa Gas

Pasokan gas Rusia ke Eropa melalui pipa Nord Stream 1 terhenti. Ini berpotensi memperkeruh kekurangan pasokan yang tengah dihadapi, bahkan menjadi sebuah krisis energi di Eropa pada musim dingin ini.

Raksasa perusahaan energi Rusia, Gazprom, menemukan adanya kebocoran gas pada stasiun kompresor di Portovaya. Oleh karenanya, Gazprom menutup sementara pipa gas Nord Stream 1 untuk dilakukan pemeliharaan.

Rencananya, gas akan mulai disalurkan kembali melalui pipa tersebut pada Sabtu ini. Namun, rencana tersebut nampaknya urung terjadi.

“Sampai dengan permasalahan terkait peralatan dimaksud terselesaikan, pasokan gas yang disalurkan ke jaringan pipa Nord Stream dihentikan sepenuhnya,” tulis Gazprom, dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, Rusia menuding, gangguan yang dialami oleh jaringan pipa gas tersebut tidak terlepas dari kesalahan Uni Eropa. Pasalnya, akibat sanksi yang diberikan oleh Uni Eropa, Siemens Energy tidak mampu melakukan pemeliharaan rutin terhadap peralatan pipa gas alam.

Nah, itulah penjelasan mengenai Rusia yang dikabarkan telah membatalkan rencana dibukanya pasokan gas ke sejumlah negara di Eropa. Akibatnnya, banyak negara di Eropa yang akan kesulitan dan mengalami musim dingin ekstrem.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles