25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

6 Aktivitas Wisata di Gili Trawangan Lombok, Bawah Lautnya Ajaib!

Gili Trawangan adalah satu dari tiga pulau kecil di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan menjadi pulau terbesar di antara gili lainnya, Gili Meno dan Gili Air.

Pulau ini menjadi rumah bagi pantai pasir putih lembut dikelilingi oleh pohon palem, perairan yang dipenuhi dengan berbagai kehidupan biota laut, dan bar pantai unik. Gili Trawangan pun dilengkapi berbagai aktivitas menantang, seperti snorkeling, jelajah pulau, dan scuba diving.

Supaya kamu gak bingung, berikut beberapa rekomendasi aktivitas wisata di Gili Trawangan, Lombok, yang bisa dilakukan sampai puas. Dijamin betah banget, deh!

Scuba diving

Ilustrasi scuba diving

Gili Trawangan adalah spot menyelam dan rumah bagi beberapa terumbu karang terbaik serta fauna laut. Lionfish, scorpion fish, sotong, gurita dan berbagai jenis pari menjadikan perairan di sekitar pulau sebagai habitatnya. Pengunjung pemula maupun profesional yang ingin mencoba scuba diving dapat menyewa sesi menyelam sekaligus peralatannya.

Terdapat Shark Point yang merupakan lokasi berpeluang untuk melihat hiu karang dan ikan pari. Penyelam yang lebih berpengalaman juga dapat menyelam dan menjelajahi beberapa bangkai kapal yang cukup spektakuler, seperti Glenn Nusa 1 atau Bounty Wreck.

Snorkeling

Ilustrasi snorkeling

Snorkeling adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan di Gili Trawangan. Gili Trawangan menjadi rumah bagi terumbu karang yang dipenuhi ikan berwarna-warni dan penyu. Bahkan, ada beberapa patung bawah laut yang Instagramable, lho!

Jika tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, kamu dapat dengan mudah menyewa peralatan di salah satu toko alat selam di kota atau penyewaan oleh penduduk setempat. Gak perl ribet, deh!

Island hopping di seluruh pulau gili

ilustrasi Island hopping

Kepulauan Gili memiliki jarak yang cukup dekat antar pulaunya. Gili Air dan Gili Meno  dapat dicapai dengan naik perahu singkat dari Gili Trawangan. Sangat mudah mengeksplorasi ketiga Pulau Gili dalam waktu singkat.

Tiket perahu dapat dibeli langsung di pelabuhan atau melalui biro perjalanan yang dengan mudah ditemui di seluruh pulau. Perahu berlayar dua kali sehari dengan jadwal keberangkatan pagi hari pukul 9.00 dan kembali pukul 15.20.

Eksplor pulau dengan sepeda

ilustrasi Eksplor pulau dengan sepeda

Tidak ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan di Gili Trawangan, sehingga pengunjung harus berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kereta kuda. Meskipun begitu, pengunjung tetap dapat merasakan pengalaman eksplorasi pulau dengan seru karena ukuran pulau yang reatif kecil, sehingga hanya membutuhkan satu jam untuk bersepeda mengitari pulau.

Sepeda adalah pilihan moda transportasi terbaik untuk berkeliling pulau. Selain menyehatkan dan minim polusi, sepeda memberikan pengalaman asyik sambil berolahraga menikmati panorama dan angin pantai Gili Trawangan.

Penyewaan sepeda dapat dengan mudah ditemukan di seluruh pulau. Beberapa hotel dan penginapan biasanya menyediakan penyewaan untuk tamu.

Berburu sunset

ilustrasi Berburu sunset

Kepulauan Gili terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang epik. Spot terbaik untuk melihat sunset dapat ditemukan di sisi barat pulau di balik Gunung Agung. Di ujung selatan pulau terdapat bukit yang dapat ditempuh dalam waktu setengah jam berjalan kaki.

Pengunjung juga dapat menikmati sunset sambil menyesap minuman dingin di tepi pantai sambil duduk di bar. Ada banyak bar pantai dan gubuk kecil yang siap menyajikan bir dingin atau kelapa segar. Disediakan pula kursi atau beanbag untuk santai.

Sunset cruise

ilustrasi sunset cruise

Bila tertarik menyaksikan matahari terbenam di atas kapal, menikmati makanan lezat, dan  norkeling, maka sunset cruise juga jadi pilihan terbaik. Sangat mudah untuk menemukan biro wisata yang menyediakan pemesanan tiket di sekitar pulau.

Pengunjung perlu ekstra berhati-hati. Sebab, ada banyak vendor yang sengaja melambungkan harga bagi wisatawan. Pilihlah paket cruise tepercaya dengan harga yang rasional.

Menjelajahi dunia bawah laut, bersantai di pantai, menikmati panorama sunset, atau mengikuti pesta meriah jadi beberapa pilihan aktivitas wisata yang bisa dipilih. Ada banyak hal keren yang dapat dilakukan di Gili Trawangan, nih. Selamat berlibur, ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles