34.3 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Ukraina Luncurkan Serangan Balik dan Raih Kesuksesan 2 Hari Terakhir

Pasukan Ukraina telah meluncurkan serangan balik di sebagian besar lini depan pertempuran sejak 6 September. Di front utara, serangan balik kejutan dilakukan di wilayah Kharkiv.

Pejabat wilayah Donetsk yang dikuasai Rusia menjelaskan Balakllia telah dikepung oleh pasukan Ukraina. Itu merupakan front timur dan wilayah itu kini berada dalam jangkauan artileri tentara Kiev.

Serangan balik lainnya juga diluncurkan di wilayah Kherson di front selatan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan serangan balik tersebut merupakan kabar baik dan mencapai keberhasilan.

Presiden Volodymyr Zelensky mendesak pasukan Rusia agar melarikan diri dari serangan balasan yang diluncurkan pasukannya di kota Kherson. Zelensky mengklaim telah mengambil alih wilayah mereka yang telah direbut Rusia.

Sebanyak 460 Tentara Rusia Dinetralkan dalam Pertempuran 1 Hari

Perang Rusia di Ukraina telah memasuki bulan ketujuh. Pertempuran terus berkecamuk dan kini pasukan Kiev telah melancarkan serangan balik di semua lini depan.

Di Kharkiv, serangan balik telah dilakukan sejak 6 September. Terjadi pertempuran sengit daerah bernama Verbivka dan Balakllia, sekitar 70 kilometer tenggara Kharkiv.

Verbivka disebut berhasil direbut kembali Ukraina dan pertempuran di Balakliia juga terus berlanjut. Pada Rabu (7/9/2022), daerah itu sepenuhnya dikepung Ukraina dan berada dalam jangkauan tembakan senjata artileri.

Dalam klaimnya, Ukraina mengatakan telah menetralkan 460 tentara Rusia, jumlah korban yang sangat tinggi untuk pertempuran satu hari. Di sisi sebaliknya, Rusia disebut telah menghancurkan jembatan untuk mencegah Ukraina maju lebih jauh.

Pasukan Rusia Melemah di Ukraina Timur

Kekuatan tempur pasukan Rusia disebut telah mulai melemah di Ukraina timur karena dikerahkan ke front selatan. Di Donetsk, Ukraina merebut Ozerne pada 4 September.

Pemimpin pemberontak Denis Pushilin yang pro-Rusia, mengatakan pasukan Moskow tengah mempertahankan habis-habisan wilayah Kodema di daerah kekuasannya.

Gubernur Luhansk, Serhiy Gaidai mengatakan pada Rabu bahwa serangan balik sedang berlangsung. “Pasukan kami menikmati beberapa keberhasilan,” katanya.

“Rusia tidak memiliki (pasukan) cadangan yang kuat di area ini (Kharkiv) yang dapat dikirim dengan cepat untuk menutup celah dan memperkuat kota-kota utama. Ukraina mungkin memiliki keunggulan numerik dan lapis baja di sini,” kata Rob Lee, analis militer di Foreign Policy Research Institute.

Perang di Donbas Terhenti

Di sisi Ukraina yang lainnya, perang di wilayah Donbas timur sebagian besar terhenti. Para analis mengatakan selama berminggu-minggu pertempuran kemungkinan akan bergeser ke selatan untuk memecahkan kebuntuan sebelum musim dingin tiba.

Serangan Ukraina terjadi setelah berminggu-minggu kebuntuan dalam konflik yang telah menewaskan ribuan orang, jutaan orang terlantar, menghancurkan kota-kota dan menyebabkan krisis energi dan pangan global. Hal ini juga memicu kekhawatiran bencana radiasi yang dipicu oleh penembakan di dekat pembangkit nuklir Zaporizhzhia di Ukraina selatan.

Pentagon Sebut Serangan Balik Ukraina Lambat Tapi Berarti

Dalam siaran video pidatonya, Presiden Zelenskyy mengatakan pada Rabu tentang kabar baik dari wilayah Kharkiv. Dia mengonfirmasi bahwa pasukannya telah berhasil merebut kembali beberapa pemukiman dari pasukan Rusia.

Melansir Reuters, Zelenskyy juga mengucapkan terima kasih kepada pasukan artileri karena telah melakukan serangan yang berhasil di front pertempuran selatan.

Menurut Pentagon, serangan balik dari Ukraina terhadap pasukan Rusia berjalan lambat namun berarti. “Dan kita akan melihat bagaimana keadaan berjalan. Tapi saya tentu berpikir segalanya berjalan lebih baik di pihak Ukraina sekarang di selatan dari pada di pihak Rusia,” kata Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan AS Colin Kahl.

Nah, itulah penjelasan mengenai pasukan Ukraina yang telah meluncurkan serangan balik di sebagian besar lini depan pertempuran sejak tanggal 6 September. Di front utara, serangan balik kejutan dilakukan di wilayah Kharkiv.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles