30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

6 Manfaat Bakuchiol untuk Kecantikan Wajah

Bakuchiol bisa menjadi alternatif alami untuk retinol dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Karena merupakan bahan alami, bakuchiol juga tidak membuat kulit kering dan cocok untuk hampir semua jenis kulit.

Bakuchiol adalah salah satu bahan skincare yang cukup populer dan digemari banyak orang. Ini karena bahan alami ini mampu memberikan manfaat untuk kulit yang mulai mengalami penuaan. Bahan ini juga bisa menjadi alternatif alami untuk retinoid dan retinol sehingga bisa memberikan hasil yang lebih aman untuk kulit.

Bakuchiol adalah ekstrak yang berasal dari daun dan biji tanaman babchi (Psoralea corylifolia). Bahan alami tersebut sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional India dan Cina. Berkat sifat anti-inflamasi dan anti bakterinya, bakuchiol bisa membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit. Yuk, simak manfaat bakuchiol untuk kecantikan wajah di sini.

Manfaat Bakuchiol untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kemampuan retinoid dalam mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti keriput dan garis halus, memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Retinol, yaitu versi senyawa retinoid yang lebih lemah, juga efektif dalam menghaluskan keriput dan mencerahkan kulit karena meningkatkan pergantian sel kulit.

Namun, retinol bisa menimbulkan efek samping pada kulit, seperti sensasi terbakar, menyengat, membuat kulit kemerahan, kering dan mengelupas. Nah, bakuchiol bisa menjadi alternatif yang lebih aman untuk retinol bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Karena merupakan bahan alami, bakuchiol bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dengan risiko efek samping yang jauh lebih rendah.

Berikut manfaat bakuchiol untuk kecantikan wajah:

Mengurangi Garis-Garis Halus

ilustrasi bakuchiol

Sama seperti retinol, bakuchiol juga bermanfaat untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dengan cara memberitahu sel-sel untuk beregenerasi dan memproduksi kolagen. Dengan begitu, kulit lama akan digantikan dengan yang baru dan keriput dan garis-garis halus akan memudar.

Sebuah studi menemukan bahwa krim bakuchiol 0,5 persen yang digunakan selama 12 minggu sama efektifnya dalam mengurangi kerutan seperti krim retinol 0,5 persen.

Meningkatkan Warna Kulit

ilustrasi bakuchiol

Bakuchiol juga efektif untuk memperbaiki warna kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah. Bahan ini bisa menembus hingga ke dalam sel-sel kulit untuk mengurangi munculnya bintik-bintik gelap dan mengatasi hiperpigmentasi.

Selain itu, adanya senyawa bioaktif dalam bakuchiol juga membantu memudarkan garis-garis halus dan keriput dengan merangsang produksi kolagen. Oleh karena itu, kulit pun akan semakin kencang dan cerah.

Mengatasi Kulit Kering

ilustrasi bakuchiol

Karena merupakan bahan alami, bakuchiol sangat lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Itulah mengapa manfaat bakuchiol baik untuk pemilik jenis kulit kering, karena bisa memperbaiki kesehatan kulit dari dalam ke luar tanpa menyebabkan kulit kering.

Mempercepat Regenerasi Sel Kulit

ilustrasi bakuchiol

Ekstrak yang berasal dari tanaman yang kuat ini bisa mengirimkan sinyal ke sel-sel kulit bahwa sudah waktunya untuk meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel. Oleh karena itu, manfaat bakuchiol baik untuk mempromosikan regenerasi sel yang sehat yang membantu untuk menenangkan dan menyembuhkan sel-sel kulit.

Membantu Melawan Jerawat

ilustrasi bakuchiol

Bakuchiol mengatur sekresi 5-alpha-reductase, enzim yang meningkatkan produksi minyak di kulit dan dengan demikian mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, ekstrak dari biji-bijian tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Baik untuk Semua Jenis Kulit

ilustrasi bakuchiol

Kerena lembut di kulit, maka ini membuat manfaat bakuchiol cocok untuk semua jenis kulit. Sifat anti-inflamasinya ampuh membantu menenangkan kemerahan pada kulit dan meredakan ruam. Selain itu, bakuchiol juga bisa ditoleransi dengan baik oleh jenis kulit yang rentan terhadap eksim, rosacea, intoleransi kosmetik dan semua jenis kulit sensitif lainnya.

Nah, itulah manfaat bakuchiol untuk kecantikan kulit. Kamu juga bisa cek obat dan vitamin. Bakuchiol bisa menjadi alternatif alami untuk retinol dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Karena merupakan bahan alami, bakuchiol juga tidak membuat kulit kering dan cocok untuk hampir semua jenis kulit.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles