26.5 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

5 Jenis Susu yang Sering Digunakan Untuk Membuat Kue

Susu adalah minuman yang banyak memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain dikonsumsi sehari-hari, terdapat banyak aneka jenis susu yang memiliki peran dan fungsi yang berbeda untuk dunia masak-memasak. Untuk kalian yang sedang belajar untuk membuat kue atau senang membuat sesuatu yang manis. Terdapat lima jenis susu yang sering digunakan dalam proses pembuatan kue.

Pilihan susu yang tepat akan membuat rasanya menjadi lebih maksimal, legit, dan juga mempengaruhi tekstur adonan tersebut. Penasaran ada jenis susu apa saja yang sering digunakan untuk membuat kue? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Susu Full Cream

Ilustrasi Susu Full Cream

Saat kalian melihat di rak susu, biasanya terdapat pilihan whole milk atau full cream milk yang biasanya sering dikonsumsi dan digunakan dalam proses pembuatan aneka macam sajian. Susu ini ternyata termasuk ke dalam salah satu bahan yang cocok untuk digunakan dalam proses pembuatan kue.

Secara sederhana, susu full cream adalah susu tawar yang memiliki tekstur jauh lebih creamy dibandingkan dengan beberapa jenis susu lainnya. Umumnya bahan tersebut sangat cocok untuk dijadikan penambah rasa dan tekstur bagi aneka hidangan serba panggang, seperti kue ataupun camilan sederhana.

Susu Bubuk

Ilustrasi Susu Bubuk

Selain yang berbentuk cair, umumnya susu bubuk juga sering dipakai untuk proses pembuatan beberapa jenis kue. Fungsi dari susu bubuk tidak jauh berbeda dengan penggunaan susu cair lainnya, hanya saja beberapa orang lebih senang dengan bahan ini karena beberapa kelebihannya.

Penggunaan susu bubuk bisa mempengaruhi rasa dari adonan agar lebih menarik. Selain itu, beberapa susu bubuk dapat menentukan warna yang cantik terhadap adonan kue. Bahan ini juga memberikan tekstur lembut dan cocok untuk beberapa kue yang dibuat menggunakan pengembang supaya terasa lebih maksimal, seperti donat.

Susu Skim

Ilustrasi Susu Skim

Susu skim adalah salah satu jenis minuman yang sudah dihilangkan kadar lemak di dalamnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika susu ini sering kali ditemukan dalam beberapa referensi diet, karena kalorinya cukup rendah dibandingkan dengan susu biasa.

Selain itu, susu skim juga termasuk ke dalam minuman serbaguna yang bisa dikonsumsi secara langsung maupun digunakan untuk beberapa kue. Kegunaan dari susu skim ini mampu mengurangi jumlah kalori di dalam adonan sekaligus memberi rasa yang berbeda, mengingat susu tersebut agak lebih tawar.

Susu Evaporasi

Ilustrasi Susu Evaporasi

Susu berikutnya merupakan bahan baku yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aneka macam makanan dan minuman kekinian. Hal itu dikarenakan susu evaporasi memiliki tekstur dan rasa yang cukup unik, jika dibandingkan dengan beberapa susu reguler.

Karakteristik yang paling tampak pada susu evaporasi terletak pada teksturnya, di mana susu tersebut cenderung agak lebih kental dibandingkan susu biasa. Itu lantaran kadar airnya yang sudah dihilangkan beberapa persen.

Biasanya. susu evaporasi juga digunakan untuk menggantikan keberadaan krim. Sementara itu, rasa dari susu ini sendiri tidak terlalu berpengaruh terhadap adonan. Makanya masih sering kali ditambahkan dengan susu full cream agar kue makin kaya rasa.

Susu Kental Manis

Ilustrasi Susu Kental Manis

Susu kental manis menjadi alternatif bahan berikutnya yang akan sering kalian temukan dalam proses pembuatan aneka kue. Biasanya susu kental manis sering disamakan dengan susu evaporasi lantaran teksturnya yang sama-sama kental.

Padahal jika ditelisik lebih lanjut, susu kental manis punya rasa yang jauh lebih legit daripada evaporasi. Hal itu lantaran beberapa produk susu kental manis cenderung ditambahi menggunakan gula yang melimpah, maka dari itu rasanya jadi lebih pekat.

Susu kental manis cocok digunakan untuk sajian panggang supaya lebih lembut dan empuk. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan susu ini sebagai penunjang untuk proses pembuatan aneka macam dessert agar rasanya lebih enak.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 jenis pilihan susu yang tepat untuk membuat rasanya menjadi lebih maksimal, legit, dan juga mempengaruhi tekstur adonan kue..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles