25.1 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Inilah Penyebab Utama Penyakit Limfoma

Hingga saat ini para ahli tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab utama perubahan DNA yang dapat menimbulkan limfoma. Meski begitu, ada beberapa faktor risiko yang dikabarkan dapat meningkatkan seseorang untuk terkena limfoma.

Penyakit limfoma atau lymphoma merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limfatik. Di mana sistem limfatik ini berfungsi sebagai penghubung antar kelenjar getah bening (limfa) di seluruh tubuh. Padahal, kelenjar getah bening berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab, kelenjar tersebut bertindak sebagai filter yang menangkap dan menghancurkan bakteri dan virus untuk mencegah penyebaran infeksi.

Penyakit limfoma terbagi menjadi dua jenis utama, yakni limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Mengingat penyakit ini perlu diwaspadai, penting untuk memahami penyakit limfoma secara lebih mendalam. Khususnya terkait penyebab utama dari penyakit ini. Maka dari itu, yuk, ketahui penjelasannya di sini!

Penyebab Utama Penyakit Limfoma

ilustrasi Limfoma 

Penyakit limfoma terjadi ketika sel darah putih yang disebut limfosit tumbuh di luar kendali. Nah, perlu diketahui kalau rentang hidup rata-rata sel limfosit terbilang singkat, dan kemudian sel akan mati. Namun, alih-alih mati, pada pengidap limfoma, perubahan DNA di dalam sel limfosit menyebabkan sel tersebut untuk terus berkembang dan menyebar.

Sayangnya, hingga saat ini para ahli tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab utama perubahan DNA tersebut. Meski begitu, ada beberapa faktor risiko yang dikabarkan dapat meningkatkan seseorang untuk terkena limfoma.

Faktor Risiko Penyakit Limfoma

ilustrasi Limfoma 

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang untuk terkena penyakit limfoma. Berikut adalah penjelasan dari beberapa faktor risiko tersebut, berdasarkan tiap jenis limfoma:

Faktor Risiko Limfoma non-Hodgkin
  • Penyakit autoimun. Orang dengan penyakit autoimun tertentu, seperti rheumatoid arthritis dan penyakit celiac, memiliki peningkatan risiko limfoma.
  • Usia. Limfoma paling sering terjadi pada orang yang lebih tua. Namun, beberapa jenis lebih sering terjadi pada anak-anak dan bayi.
  • Seks. Risiko keseluruhan NHL lebih tinggi pada pria daripada wanita, tetapi ada beberapa jenis NHL yang lebih mungkin berkembang pada wanita.
  • Infeksi. Orang yang pernah mengalami infeksi seperti human T-cell leukemia atau lymphotropic virus (HTLV-1), Helicobacter pylori, hepatitis C, atau virus Epstein-Barr (EBV) dikaitkan dengan peningkatan risiko.
  • Paparan kimia dan radiasi. Mereka yang terpapar bahan kimia dalam pestisida, pupuk, dan herbisida juga berisiko lebih tinggi. Selain itu, radiasi nuklir juga dapat meningkatkan risiko pengembangan NHL.
  • Ukuran badan. Seseorang yang obesitas mungkin berisiko lebih tinggi terkena limfoma. Tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami kemungkinan faktor risiko ini.
Faktor risiko limfoma Hodgkin
  • Usia. Lebih banyak kasus didiagnosis pada orang berusia antara 20 dan 30 dan pada orang di atas 55 tahun.
  • Seks. Pria lebih mungkin daripada wanita untuk mengembangkan jenis limfoma ini.
  • Riwayat keluarga. Jika saudara kandung didiagnosis dengan jenis kanker ini, risiko kamu terkena kanker akan lebih tinggi.
  • Mononukleosis menular. Infeksi EBV dapat menyebabkan mononukleosis. Infeksi ini dapat meningkatkan risiko limfoma.
  • Defisiensi imun. Orang dengan HIV memiliki risiko lebih besar terkena limfoma.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab utama penyakit limfoma. Sayangnya, hingga saat ini para ahli tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab utama perubahan DNA yang dapat menimbulkan limfoma. Meski begitu, ada beberapa faktor risiko yang dikabarkan dapat meningkatkan seseorang untuk terkena limfoma.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles