31.7 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Inilah 5 Hidden Gem Bernuansa Air di Balikpapan

Salah satu wilayah di Pulau Kalimantan yang menjadi pusat bisnis dan industri yakni Kota Balikpapan. Namun, bukan hanya sekadar pusat ekonomi saja, Kota Balikpapan ini juga memiliki hidden gem yang menarik bagi wisatawan.

Jadi ketika suatu saat Kawan Puan ke Balikpapan, janganlah hanya untuk kunjungan bisnis saja, tapi juga sempatkanlah mampir ke wisata alamnya. Dilansir dari Kompas.com, berikut ini hidden gem di Balikpapan yang bernuansa air, dan tentunya cocok bagimu yang ingin menyegarkan pikiran, penasaran? Yuk simak ulasannya!

Pantai Lamaru

Ilustrasi pantai lamaru

Rekomendasi hidden gem di Balikpapan yang sangat populer adalah Pantai Lamaru. Pantai Lamaru berlokasi di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Kelurahan Lamaru, Balikpapan. Bagi Kawan Puan yang ingin bersantai membawa anak, maka sangat cocok berkunjung ke pantai ini. Hal ini dikarenakan kondisi ombak yang tidak terlalu besar dan memiliki bibir pantai yang landai.

Sambil menikmati suasana pantai, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang ada seperti toilet, mushola, warung makan, toko souvenir, dan tempat penyewaan seperti ban, kapal bebek, banana boat, golf cart untuk berkeliling pantai.

Bukan hanya itu saja, pantai ini juga cocok dikunjugi oleh wisatawan yang menyukai sejarah, pasalnya di sini terdapat makam tentara Jepang yang tewas saat perang dunia ke-II yang dijadikan sebagai Cagar Budaya.

Danau Cermin Lamaru

Ilustrasi danau cermin lamaru

Hidden gem di Balikpapan berikutnya adalah Danau Cermin Lamaru yang terletak di Jalan Rawamangun, Kelurahan Lamaru. Danau Cermin Lamaru ini memiliki air yang jernih sehingga bisa memantulakn pepohonan di sekitarnya.

Usut punya usut, ternyata Danau Cermin Lamaru, merupakan danau buatan yang secara tidak sengaja terbentuk dari proyek lapangan tembak untuk tempat latihan TNI/Polri dan atlet.

Di mana air dari danau ini terisi dari bawah tanah, namun yang menjadi catatan bagi pengunjung, meskipun jernih, airnya tidak bisa dikonsumsi karena kandungan asamnya yang tinggi dari tanah liat dan batu bara.

Pantai Melawai

Ilustrasi pantai melawai

Hidden gem bernuansa air di Balikpapan selanjutnya yakni Pantai Melawai yang berlokasi di Jalan Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan. Pantai yang tak jauh dari pusat Kota Balikpapan ini biasanya menjadi lokasi bagi tongkrongan anak muda.

Indahnya lagi, jika pengunjung datang pada sore hari maka akan melihat panorama matahari terbenam alias sunset. Tak hanya itu saja, pada malam hari, pantai dihiasi lampu-lampu kapal di atas laut yang menjadi daya tarik wisatawan dari pantai ini.

Wisata bernuasanya air berikutnya yakni Pantai Serumpun yang memiliki keindahan alam yang asri dan juga bersih dari sampah. Pantai Serumpun ini berlokasi di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.

Pantai yang penuh dengan pepohonan di sekitarnya ini menjadi tempat yang menarik untuk menyambut matahari terbut. Di samping itu, pantai ini juga bisa menjadi lokasi berkemah yang nantinya wisatawan akan ditemani langit malam dengan taburan kelap-kelip bintang.

Pantai Manggar Segarsari

Ilustrasi pantai manggar segarsari

Rekomendasi hidden gem lainnya yakni Pantai Manggar Segarsari yang cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Lokasi pantai ini terletak di Jalan Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur.

Pantai Manggar Segarsari memiliki pantai dengan warna pasir kecoklatan dan juga ombak kecil. Karenanya maka pantai ini membuat pengunjung bisa berenang, jetski, dan juga banana boat. Selain itu pengunjung juga dapat bermain bola atau voli di pantai ini.

Nah, itulah beberapa tempat wisata hidden gems yang dapat anda kunjungi saat anda sedang berada di balikpapan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles