35 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

5 Jenis Ikan yang Cocok Untuk Diolah Menjadi Sup

Ikan merupakan bahan masak yang sering menjadi alternatif ketika bosan dengan daging ayam atau sapi. Rasa ikan cenderung lebih ringan, tetapi sangat sedap untuk dinikmati dengan macam-macam cara. Bahkan ada banyak sekali varian ikan yang dapat kalian pilih untuk diolah menjadi makanan favorit.

Nah, sebagai pencinta makanan yang berkuah, kalian patut memilih jenis ikan yang enak dan kaya manfaat untuk diolah. Penasaran dengan 5 jenis ikan untuk diolah menjadi sup? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Ikan Halibut

Ilustrasi Ikan Halibut

Ikan halibut merupakan salah satu makanan laut yang memiliki bentuk menarik. Hal itu tampak dari badan ikan yang cenderung pipih. Namun, memiliki cukup banyak daging dan aman untuk dikonsumsi sebagai sajian sehari-hari.

Ikan halibut memiliki rasa daging yang sedikit manis dan gurih. Biasanya makanan ini cocok sekali disantap sebagai isian dari sup. Entah itu sup berkuah ringan atau dilengkapi menggunakan santan supaya kombinasi rasanya jadi lebih umami dan kental.

Ikan berdaging putih ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan otak dan jantung. Selain itu, ikan halibut juga sering dijadikan sumber omega-3 serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Ikan Kakap Merah

Ilustrasi Ikan Kakap Merah 

Ikan kakap termasuk salah satu hasil buruan yang paling sering ditemukan di Indonesia. Terdapat berbagai jenis kakap yang sangat populer, misalnya kakap merah yang tampak dari bagian luar dengan warna merah muda.

Kelezatan ikan kakap merah sangat disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Hal itu tampak dari seberapa sering daging ikan ini dimasak menjadi makanan-makanan sedap, mulai dari sayur santan hingga sup bening.

Ikan kakap juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan ikan ini memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi disertai protein yang kaya. Sangat bagus untuk kesehatan tulang dan sumber antioksidan alami.

Sea Bass

Ilustrasi Sea Bass

Sea bass atau dikenal juga sebagai barramundi merupakan salah satu kelompok ikan kakap berwarna putih yang kaya manfaat. Bahan makanan ini sering ditemui dalam berbagai tradisi hidangan Asia, khususnya Chinese dan Thai food.

Pengolahan sea bass atau barramundi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Selain dipanggang atau dibakar, biasanya ikan juga cocok dijadikan sup. Baik itu dengan bumbu minimalis maupun dengan cita rasa rempah yang sangat pekat.

Daging ikan putih ini memiliki manfaat yang bagus untuk sel tubuh. Selain itu, ikan barramundi diperkaya dengan omega-3 dan mampu mengontrol berat badan. Rasanya cenderung tidak terlalu kuat dan lembut sehingga masih pas untuk kalian yang kurang suka rasa ikan.

Ikan Patin

Ilustrasi Ikan Patin

Ternyata ikan patin masih berkerabat dengan lele. Bahkan bukan cuma dari bentuk, tetapi rasanya juga hampir mirip karena sama-sama memiliki sensasi manis, gurih dengan daging yang lembut.

Patin sangat sering dimasak menjadi macam-macam hidangan khas Indonesia. Kalian dapat menemukan makanan ini dengan tambahan santan agar rasanya menjadi lebih maksimal. Ikan ini juga cocok untuk diolah sebagai pendamping sup bening.

Ikan patin bukan hanya lezat, tetapi memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Dalam kandungan makanan tersebut, otot akan menjadi lebih sehat dan bisa membantu menurunkan kolesterol. Selain itu makanan ini dapat mencegah kardiovaskular.

Ikan Tilapia

Ilustrasi Ikan Tilapia

Ikan tilapia adalah kelompok ikan air tawar dan termasuk ke dalam bahan makanan yang sering diolah menjadi sup. Hal itu tidak mengherankan mengingat daging ikan ini cenderung tebal, manis, dan punya sensasi gurih yang memikat.

Ikan tilapia sendiri memiliki berbagai jenis yang sangat populer, salah satu yang masuk ke dalam kelompok ini adalah ikan nila. Ikan ini bisa dinikmati mulai dari kepala hingga daging dengan cara dibuat sup dan masakan lain.

Selain itu, ikan tilapia bukan cuma aman dikonsumsi untuk orang dewasa, namun juga sering kali dimanfaatkan untuk bayi sebagai pelengkap MPASI. Manfaat ikan ini dapat menurunkan kolesterol, mencegah stroke, hingga serangan jantung.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis ikan yang cocok diolah menjadi sup. Menikmati sup sebagai makanan utama adalah cara seru membuat sajian sedap. Apalagi jika makanan tersebut diisi menggunakan macam-macam ikan yang enak dan kaya manfaat seperti lima jenis ikan di atas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles