25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Inilah Sejarah dari Bola Basket di Dunia dan Indonesia

Selain sepak bola, permainan bola basket merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Saking populernya, mungkin kalian sering menjumpai lapangan basket di hampir setiap sekolah dan gedung olahraga.

Kompetisi basket, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional juga makin ramai diadakan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai turnamen, kejuaraan, dan liga dalam berbagai tingkatan, seperti tingkat SMA, mahasiswa, hingga profesional.

Bagi kalian yang menyukai olahraga ini, apakah kalian sudah tahu tentang sejarah bola basket di dunia dan Indonesia? Daripada penasaran langsung saja disimak penjelasan artikel dibawah ini mengenai sejarah bola basket!

Asal-usul dan Sejarah Bola Basket di Dunia

Ilustrasi Basket

Olahraga bola basket pertama kali diciptakan pada 1891 oleh Dr. James Naismith, seorang guru olahraga asal Kanada. Saat itu James mengajar di sebuah perguruan tinggi Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

Ketika itu, James Naismith harus membuat permainan olahraga di ruang tertutup. Tujuannya untuk mengisi waktu luang para siswanya saat liburan musim dingin. Lalu, ia terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat masih kecil di Kanada. Kemudian terciptalah permainan bola basket pada 15 Desember 1891.

Awalnya, olahraga bola basket sering mendapat pertentangan dari banyak orang. Mereka menilai permainan basket ini terlalu keras dan tidak cocok dimainkan di ruangan tertutup. Oleh sebab itu, James Naismith akhirnya membuat peraturan dasar untuk bermain bola basket.

Pertandingan Bola Basket Pertama di Dunia

Ilustrasi Basket

Pertandingan basket pertama di dunia diselenggarakan pada 20 Januari 1892. Sejak saat itu, permainan bola basket berkembang menjadi sebuah olahraga dan menyebar di Amerika Serikat.

Olahraga basket mulai dimainkan banyak orang, hingga dibuat sebuah kompetisi basket. Hingga saat ini, permainan bola basket sudah menjadi olahraga yang populer di seluruh negara bagian di Amerika Serikat, tidak terkecuali di seluruh dunia.

Kompetisi Basket Ternama di Dunia

Ilustrasi Basket

Setelah memahami sejarah bola basket dunia, kalian juga harus tahu liga basket yang paling populer. Perkembangan pesat olahraga basket di seluruh dunia nyatanya juga diikuti oleh lahirnya kompetisi atau liga basket yang paling populer saat ini, yaitu National Basketball Association (NBA).

NBA yang merupakan liga bola basket profesional Amerika ini lahir pada 6 Juni 1946. Dari kompetisi tersebut mulai bermunculan bintang-bintang basket, mulai dari Michael Jordan, Kobe Bryant, hingga LeBron James.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Ilustrasi Basket

Di Indonesia, sejarah bola basket dimulai pada tahun 1920-an. Uniknya, permainan bola basket di Indonesia awalnya dibawa oleh para imigran asal China. Para imigran tersebut membawa permainan yang sudah dikembangkan di negaranya.

Saat itu, permainan bola basket hanya dimainkan oleh orang-orang elite Tionghoa. Masyarakat Indonesia belum memainkan permainan basket karena ketika itu masih berada di bawah penjajahan Belanda.

Meskipun Belanda sebenarnya tidak melarang masyarakat Indonesia untuk bermain basket, tetapi saat itu memang tidak banyak pemain basket asal Indonesia. Oleh karena itu, pemain basket Indonesia yang terkenal saat itu kebanyakan beretnis Tionghoa. Selain itu, setiap sekolah Tionghoa di Indonesia saat itu mewajibkan para siswanya bermain olahraga bola basket.

Sejarah PERBASI dan NBL Indonesia

Ilustrasi Basket

Semakin berkembangnya olahraga basket di Indonesia akhirnya mendorong pemerintah untuk membentuk organisasi olahraga basket resmi pada tahun 1951 dengan nama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Kemudian pada tahun 1953, PERBASI terdaftar sebagai anggota FIBA (International Basketball Federation). Lalu, akhirnya pada 1954 Indonesia mengirim tim bola basket untuk bertanding di gelaran Asian Games di Manila, Filipina.

Selain itu, perkembangan olahraga bola basket di Indonesia juga diikuti dengan lahirnya liga basket profesional bernama National Basketball League (NBL) Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL). Juga terdapat liga basket profesional bagi putri yang bernama Women’s National Basketball League (WNBL).

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah dari bola basket yang ternyata cukup panjang. Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Saking populernya, mungkin kalian sering menjumpai lapangan basket di hampir setiap sekolah dan gedung olahraga.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles