28.4 C
Jakarta
Wednesday, May 29, 2024

Resep Cakwe yang Super Simpel, Lezat dan Bikin Ketagihan

Cakwe yang sering juga disebut youtiao merupakan hidangan sejenis roti yang dibuat dengan metode penggorengan. Makanan ini memiliki bentuk memanjang dengan tekstur chewy, cocok disantap bersama saus pedas ala China.

Cara membuat cakwe sangat sederhana dan bisa dilakukan memakai bahan seadanya. Bermodalkan satu butir telur, kalian dapat membuat cakwe simpel ala Serious Eats. Penasaran dengan resep membuat cakwe? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Bahan-Bahan

Ilustrasi Bahan-bahan Membuat Cakwe

Bahan-bahan cakwe:

  • 285 gram tepung serbaguna
  • 120 ml air
  • 1 butir telur
  • 1 sdm baking powder
  • 2 sdm mentega dingin
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Campurkan Adonan ke Dalam Mixer

Ilustrasi Adonan Cakwe

Untuk mempersingkat proses pengolahan cakwe ini, kalian dapat menggunakan pengaduk otomatis seperti stand mixer supaya bahan gampang tercampur. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Setelah itu aduk bahan kering ini sampai tercampur rata.

Berikutnya, siapkan wadah berukuran sedang lalu pecahkan telur dan campur menggunakan air. Aduk adonan ini sampai rata, kemudian masukkan ke dalam mixer sedikit demi sedikit sampai seluruh bahan menjadi satu.

Istirahatkan Adonan

Ilustrasi Adonan Cakwe

Bila adonan sudah mulai menyatu satu sama lain, kamu bisa mematikan mikser dan keluarkan adonan dari loyang. Siapkan alas anti lengket dan uleni adonan dengan cara dibentuk memanjang.

Adonan yang sudah kalian dapat dipindahkan ke dalam wadah, kemudian tutup menggunakan plastik atau kain bersih. Setelah itu simpan di lemari es selama kurang lebih 12 jam atau boleh seharian penuh sebelum dimasak.

Potong-Potong Adonan

Ilustrasi Adonan Cakwe

Selanjutnya keluarkan adonan dari lemari es dan diamkan di suhu ruangan selama beberapa jam supaya terasa lebih mudah saat diuleni. Kemudian taburi permukaan untuk menguleni dengan tepung supaya tidak lengket.

Setelah itu, gilas adonan menggunakan rolling pin dengan ketebalan sedang dan lebar. Berikutnya tinggal potong pendek. Tumpuk dua adonan menjadi satu, kemudian tekan bagian tengahnya pakai batang kayu.

Goreng Cakwe

Ilustrasi Cakwe

Bila semua bahan sudah ditumpuk dan dibentuk pakai batang kayu, istirahatkan selama 10 menit. Sambil menunggu, masukkan minyak goreng ke dalam wajan secukupnya. Pastikan takaran tersebut cocok untuk merendam adonan.

Jika sudah panas, ambil satu adonan lalu regangkan hingga memanjang baru cemplungkan ke dalam minyak. Nantinya adonan akan mengembang dan warnanya berubah menjadi cokelatan. Kalau sudah matang, maka cakwe siap dinikmati.

Nah, itulah penjelasan mengenai makanan klasik yang menjadi sajian favorit dan tentunya cocok sekali untuk dibuat sendiri. Selain lebih hemat, kalian dapat membuatnya dengan jumlah yang lebih banyak sehingga dapat dinikmati kapan saja sebagai pengganjal lapar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles