28.4 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

5 pantai indah di Indonesia yang menyimpan cerita misteri

Pantai merupakan objek wisata favorit bagi semua usia, terutama bagi yang ingin menikmati liburan bersama keluarga, orang terdekat atau pasangan kekasih. Wisata pantai banyak digemari karena selain bisa menikmati pemandangan biru laut yang tenang dengan angin sepoi-sepi, orang bisa juga berenang ria merasakan deburan ombak. Namun tahukah kamu ada beberapa pantai di Indonesia yang menyimpan misteri dan cerita mistis? Berikut 5 pantai di Indonesia yang terkenal dengan cerita mistisnya.

  1. Pantai Papuma, Jember

    Pantai Papuma berlokasi di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Nama Papuma pada Pantai Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Konon di Pantai Papuma terdapat sebuah goa bernama Goa Lawa yang konon menjadi tempat bersemayamnya Dewi Sri Wulan, salah satu penguasa wilayah Pantai Selatan Jawa. Ada juga beberapa mitos atau rumor yang beredar di pantai ini seperti gulungan ombak yang rutin memakan korban, terdapat pulau tak bernama yang di huni ular-ular berbisa, batu malikan yang konon merupakan tempat di mana Raden Mursada dan Mursaud (atau Marsudo dan Joko Samudera menurut versi cerita yang lain) memancing, serta Larung sesajen agar panen ikan melimpah.
  2. Pantai Pelabuhan Ratu

    Kamu pasti pernah mendengar tentang kisahnya Sang Ratu Pantai Selatan, kan? Nah, dari pantai ini lah kisah tersebut berasal. Selain indah tempat ini banyak yang mengunjungi karena banyak yang ingin membuktikan kebenaran sang Ratu Pantai. Banyak mitos yang beredar disana seperti pintu gaib menuju kerajaan Nyi Roro Kidul, Sang Ratu Pantai Selatan. Selain itu, sebuah hotel di kawasan pantai ini yaitu Inna Samudera Beach Hotel terdapat kamar bernomor 308 yang dipercayai merupakan persinggahan Sang Ratu. Ruangan kamarnya didominasi dengan warna serba hijau yang katanya merupakan warna kesukaan Sang Ratu Pantai Selatan. Lalu, ada larangan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Konon, pengunjung yang memakai pakaian berwarna hijau akan menghilang dan tenggelam secara misterius.
  3. Pantai Jembatan Panjang

    Di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sumber Bening, Bantur, terdapat pantai angker bernama Pantai Jembatan Panjang. Konon, pembangunan jembatan ini selalu gagal. Hal tersebut dikaitkan dengan cerita mistis di mana penghuni gaib yang mendiami pulau tersebut tidak merestui pembangunan. Ini dikarenakan pembangunan jembatan katanya tidak memenuhi syarat.
  4. Pantai Batu Lubang

    Di Kabupaten Sorong terdapat Pantai angker yang berikutnya bernama Pantai Batu Lubang. Terkenal angker karena menyimpan banyak cerita mistis. Salah satu nya adalah larangan untuk Wanita yang sedang hamil untuk tidak melewati muara pantai dan masuk ke semenanjung Batu Lubang. Jika hal itu dilanggar, percaya atau tidak, pasti ada sebuah kecelakaan yang terjadi.
  5. Pantai Padang Galak

    Pantai angker yang terakhir adalah Pantai Padang Galak yang terletak di daerah yang terkenal dengan wisata pantainya, yaitu Denpasar, Bali. di balik keindahannya terdapat cerita mistis lho! Konon di pantai ini terkenal dengan cerita Dewi penunggu yang suka menaik orang ke dalam pusaran laut. Orang yang terseret dan tenggelam ke dalam pusaran tersebut konon akan menjadi budaknya. Di lansir dari Tribunnews.com ada jga penemuan 3 jenglot oleh seorang pria yang sedang jogging. Namun ia sendiri tidak yakin apakah itu jenglot atau bukan. Karena tidak ingin menimbulkan keresahan dimasyarakat, Akhirnya, jenglot itu ia doakan dan ia buang kembali ke laut.

    Nah itulah 5 pantai di Indonesia yang terkenal akan keindahannya dan cerita mistis nya. Bagaimana, kalian tertarik dengan keindahannya atau cerita mistisnya?

Baca Juga :  Cerita Horor Cari Persugihan Kain Kafan Orang Meninggal

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles