25 C
Jakarta
Thursday, April 11, 2024

Inilah 5 Cara Untuk Mengurangi Rasa Pahit pada Makanan

Rasa pahit terkadang menjadi bagian dari cita rasa makanan, seperti sayuran hingga makanan olahan. Namun, untuk kamu yang tidak suka dengan rasa tersebut pasti akan merasa tidak nyaman.

Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan rasa pahit pada makanan tersebut agar kamu tetap dapat menikmati sajian makanan yang dihidangkan. Yuk, langsung saja disimak penjelasan berikut dibawah ini!

Menyeimbangkan Rasa Pahit dengan Lemak

Ilustrasi Minyak Zaitun

Lemak secara alami dapat menutupi rasa pahit dan membuat makanan menjadi terasa lebih nikmat. Kamu dapat menggunakan saus krim, keju, minyak zaitun, atau bahan berlemak lainnya untuk menetralkan rasa pahit.

Cara ini dapat menjadi trik jitu untuk mendorong anak-anak mengonsumsi sayuran yang agak pahit seperti brokoli, taoge, atau kol. Kemudian, bisa juga menambahkan sedikit keju atau saus keju pada sayuran yang diolah agar mereka tidak merasakan rasa pahitnya.

Menyamarkan Rasa Pahit dengan Pemanis

Ilustrasi Gula

Rasa manis juga secara alami dapat menyamarkan rasa pahit pada olahan sayuran ataupun makanan. Kamu dapat menambahkan sedikit gula atau madu ke dalam makanan dan sayuran untuk menambah sedikit rasa.

Selain itu, kamu dapat mencampurkan rasa pahit dengan gula atau cokelat yang dapat menciptakan rasa hidangan penutup yang unik. Namun, sebaiknya tidak terlalu banyak memasukkan gula.

Menaburkan Garam ke Makanan

Ilustrasi Garam

Sejumput garam dapat menjadikan makanan terasa lebih lezat, termasuk pada makanan pahit. Jadi, jangan ragu untuk menaburkan sedikit garam ke dalam makanan yang terlalu pahit.

Selain garam, tambahkan pula sedikit minyak zaitun untuk menciptakan cita rasa baru. Seperti halnya gula, kamu juga harus membatasi konsumsi garam demi untuk menjaga kesehatan.

Menambahkan Sedikit Soda Kue

Ilustrasi Soda Kue

Mungkin yang tak terbiasa akan menganggapnya aneh dengan penambahan soda kue. Namun, ternyata cara ini cukup ampuh karena bahannya bersifat basa, sehingga menyamarkan rasa masakan yang terlalu pahit.

Kamu dapat menaburkan sedikit soda kue kedalam makanan, lalu mengaduknya hingga merata. Taburkanlah bahan tersebut sebelum masakan matang. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati untuk tidak menambahkan lebih dari satu atau dua jumput soda kue karena akan merubah rasa dari makanan tersebut.

Memanfaatkan Aneka Rempah

Ilustrasi Aneka Bumbu Rempah

Rempah-rempah yang dapat digunakan untuk mengoreksi rasa pahit adalah kemangi, ketumbar, daun sage, dan rosemary. Kamu dapat memasukkannya ke dalam masakan untuk menghasilkan makanan nikmat yang terbebas dari rasa pahit.

Selain itu, menambahkan campuran rempah segar ke dalam tumisan atau masakan yang dipanggang dapat menciptakan rasa baru pada masakan yang membuatnya semakin lezat. Di samping itu rempah lainnya, seperti basil, jahe, dan oregano dapat pula membuat masakanmenjadi tidak terasa pahit.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 cara untuk mengurangi rasa pahit pada makanan. Cara-cara di atas sangat ampuh untuk menyamarkan atau menghilangkan rasa pahit pada makanan kesukaan kalian. Hidangan pun juga akan terasa makin menggugah selera.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles