29.2 C
Jakarta
Saturday, July 20, 2024

5 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat merupakan impian semua orang. Bahkan, kebanyakan orang rela mengeluarkan budget yang lebih untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan kencang.

Namun, bagi sebagian orang yang ingin menghemat pengeluaran, tetapi juga menginginkan kulit yang sehat, tak perlu khawatir kamu dapat mencari alternatif lain, seperti menggunakan bahan herbal dari alam yang lebih mudah dan murah untuk kulitmu.

Bahan herbal, ternyata tidak kalah hebatnya dengan produk perawatan dan kecantikan yang dijual dipasaran. Kamu hanya membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Berikut dibawah ini merupakan rekomendasi bahan herbal yang harus kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kulit.

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mudah kita jumpai. Selain dijadikan tanaman hias, lidah buaya juga sering dijadikan sebagai olahan makanan maupun obat tradisional.

Biasanya, gel dari lidah buaya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, serta juga untuk mengobati luka bakar pada kulit. Selain itu, serat yang terkandung pada lidah buaya, memiliki peran untuk menghidrasi kulit dan menjaganya agar tetap elastis.

Bunga Chamomile

Ilustrasi Bunga Chamomile

Selain dapat dikonsumsi sebagai teh herbal, ternyata bunga chamomile juga dapat digunakan sebagai toner untuk kulit. Bunga ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih serta melembabkan kulit yang kering.

Berikut ini merupakan cara pembuatan facial toner dari bunga chamomile, seperti yang dilansir dari marymakesgood.com.

  • Pertama sediakan beberapa bunga chamomile, air dan kapas.
  • Rebuslah bunga chamomile selama beberapa menit.
  • Pindahkan ke wadah yang lain, lalu dinginkan.
  • Selanjutnya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air.
  • Oleskan toner bunga chamomile dengan menggunakan kapas secara merata pada wajah.

Daun Kemangi

Ilustrasi Daun Kemangi

Tidakjauh berbeda dengan khasiat yang dimiliki oleh bunga chamomile, daun kemangi juga mengandung senyawa aktif yang mampu mendetoksifikasi kulit dari mikroba jahat dan racun.

Kamu dapat memanfaatkan daun kemangi sebagai teh herbal maupun sebagai facial toner pembersih wajah. Caranya hanya dengan merebus daun kemangi, lalu air rebusannya dioleskan ke kulit wajah.

Bunga Lavender

Ilustrasi Bunga Lavender

Bunga lavender memiliki banyak kegunaan. Misalnya dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman pengusir serangga, dan pengharum ruangan. Selain itu, bunga lavender juga termasuk tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam gangguan. Adanya kandungan antiseptik yang dimiliki oleh bunga lavender, dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Spirulina

Ilustrasi Spirulina

Dilansir dari Healthline sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019, menunjukkan bahwa spirulina mampu meningkatkan pertumbuhan sel fibroblas dermal. Sel ini bertanggung jawab dalam memproduksi kolagen untuk mengencangkan dan melembabkan kulit.

Selain dapat melembabkan kulit, spirulina juga mampu mencegah munculnya bibit-bibit jerawat, meredakan gangguan eksim dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 bahan herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sebagai manusia, kita patut bersyukur karena alam sudah menyediakan segala kebutuhan yang kita inginkan. Hanya tinggal bagaimana cara kita untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles