34 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Jokowi Bakal Lepas 2 Hercules Milik TNI ke Palestina, Sabtu 4 November

Mabes TNI menyiapkan dua pesawat Hercules untuk diberangkatkan ke Palestina. Dua unit pesawat ini akan mengangkut bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia dan lembaga terkait.

“TNI menyiapkan dua pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu juga kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut,” kata Kapuspen TNI, Laksamana Julius Widjojono dalam keterangannya, Kamis (2/11).

Presiden Jokowi sebelumnya memastikan, pemerintah akan mengirim bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Mabes TNI menindaklanjuti perintah itu dengan menyiapkan pesawat.

“Selain dua unit Pesawat Hercules TNI AU, dilibatkan juga satu unit pesawat charter (Boeing 737 Garuda) oleh Mabes Polri sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat,” ucap Julius.

Julius mengatakan, bantuan kemanusiaan dari RI rencananya akan diterbangkan menuju Mesir yang kemudian akan diteruskan ke rakyat Palestina.

“Pengiriman bantuan ini rencananya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 08.30 WIB, bertempat di Base Ops Lanud Halim PK dan diperkirakan tiba di Mesir tanggal 6 November 2023,” ucap Julius.

Rute penerbangan dalam misi kemanusiaan ini yakni Halim (Jakarta) – Aceh-Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

“Kolaborasi antar instansi yang solid menjadikan proses pengiriman bantuan sampai dengan saat ini berjalan lancar,” tutup dia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles