27.1 C
Jakarta
Saturday, May 25, 2024
Array

HATI – HATI !!! Inilah Ciri Ciri Handphone Yang Kamu Pegang Sedang DIRETAS !!!

Teknologi peretasan yang makin dahsyat memungkinkan ponsel disadap atau diambil alih tanpa kita sadari, seperti yang dilakukan software Israel Pegasus. Meski begitu, pengguna bisa mewaspadai sejumlah ciri Hp-nya sudah jadi korban.
Peretasan smartphone merupakan tindakan mengakses ponsel baik itu menguasai komunikasi atau data, tanpa persetujuan pengguna. Tujuannya bisa untuk mencuri detail pribadi hingga mendengarkan percakapan telepon.

Kenapa ponsel jadi sasaran? Orang-orang saat ini menjadikan smartphone sebagai pusat aktivitas hidupnya, mulai dari email dan kontak telepon hingga kredensial masuk situs perbankan.

Namun, tak ada salahnya mewaspadai potensi smartphone kita jadi korban peretasan.

Dikutip dari perusahaan keamanan siber Avast, berikut tanda-tanda ponsel yang sudah jadi korban peretasan.

1. Iklan muncul tiba-tiba

Jika Anda melihat banyak iklan bermunculan di ponsel, maka bisa jadi itu adalah salah satu indikasi terkena serangan siber dengan jenis adware.

Hindari pop-up iklan dan jangan mengklik atau membukanya dalam keadaan apa pun. Jika diklik bisa-bisa hal itu brisiko pada keamanan data di ponsel Anda.

2. SMS atau panggilan tak dikenal                  

Menerima sms maupun telepon dari nomor yang tidak dikenal dapat menunjukkan bahwa Anda telah menjadi korban pelanggaran data. Apalagi hal ini terjadi berlebihan, misalnya dalam sehari ada lebih dari tiga nomor tak dikenal menghubungi Anda.

Jangan menjawab panggilan dari nomor yang tidak dikenal, kecuali Anda dapat memverifikasi keasliannya.
Ponsel iPhone atau Android yang diretas dapat mengirim pesan teks ke semua kontaknya. Jika ponsel seseorang yang Anda kenal telah diretas, nomor Anda mungkin yang berikutnya.

3. Paket data cepat habis

Jika aktivitas online Anda tidak banyak tetapi penggunaan data Anda meningkat, itu bisa menjadi tanda peretas telepon.

Aplikasi berbahaya yang berjalan di latar belakang ponsel dapat menyebabkan penggunaan data yang sangat tinggi. Tinjau aplikasi Anda dan hapus semua yang mencurigakan.

  1. Boros baterai

Jika Anda sering mengisi daya ponsel lebih cepat habis daripada biasanya, maka ada indikasi ponsel fisusupi malware sehingga membuat ponsel beroperasi meskipun Anda kunci layar.

Aplikasi yang tidak diinginkan yang dipasang di ponsel Anda melalui peretasan atau cara lain dapat membajak sumber daya ponsel dan menguras baterai dengan cepat.

5. Hp Panas

Apakah iPhone atau Android Anda menjadi panas dan tetap panas, bahkan saat Anda tidak menggunakannya? Seperti semua perangkat, penggunaan dalam waktu lama dapat menyebabkan ponsel menjadi panas.

Namun, itu berbeda jika ponsel Anda masih terasa panas secara tidak wajar kendati ponsel tak dioperasikan. Ponsel Anda berisiko terkena perangkat lunak berbahaya dan menyebabkannya menjadi terlalu panas.

  1. Ngelag

Jika tidak menerima notifikasi apapun padahal daya dan pake data terisi dengan semestinya, maka Anda patut mencurigai ada hal yang tak beres pada smartphone.
Apalagi, ponsel Anda tiba-tiba reboot sepanjang waktu dan ngelag ketika pemakaian. Pelakunya boleh jadi malware atau aplikasi latar belakang yang tidak diinginkan sehingga menghabiskan daya prosesor ponsel.

Jika Anda mengesampingkan peretas, pertimbangkan untuk memperbaiki aplikasi yang menguras prosesor di Android Anda.

7. Tampilan situs web aneh

Ponsel iPhone atau Android yang diretas dan terinfeksi malware dapat mengarahkan Anda ke situs web terinfeksi yang tidak diinginkan.

Jika tampilan situs web tampak aneh bagi Anda, situs web tersebut mungkin telah mengalami desain ulang baru-baru ini, atau mungkin berarti Anda secara tidak sengaja membuka situs web yang tidak aman .

8. Tagihan tak terduga

Jika secara tiba-tiba tagihan telepon Anda lebih tinggi dari biasanya, Anda mungkin dikenai biaya tak terduga dari aplikasi yang tidak diinginkan yang meningkatkan penggunaan data Anda.

Aplikasi Fleeceware bisa mengisi tagihan Anda dengan biaya berlebih, dan jika seseorang memiliki akses jarak jauh ke ponsel Anda, mereka berpotensi memanfaatkan kartu pembayaran tang tersemat di ponsel untuk bertransaksi.

Jika Anda memiliki biaya berlangganan yang tidak diinginkan pada tagihan smartphone Anda, pertimbangkan untuk membatalkan langganan tersebut, dan segera hapus aplikasi yang terinfeksi.

9. Muncul aplikasi tak dikenal

Aplikasi aneh yang tidak Anda instal seharusnya tidak muncul di ponsel Anda bisa jadi menjadi tanda smartpgone diretas.

Jika Anda melihat aplikasi di ponsel yang tidak Anda taruh di sana, peretas ponsel mungkin bertanggung jawab, menurut laporan Avast.

Dan itu tadi adalah ciri ciri handphone yang terkena virus malware.

Kalua kamu suka video ini janga lupa untuk like, komen, share, and subscribe video ini. Sampai jumpa dikonten selanjutnya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles