29.6 C
Jakarta
Friday, June 21, 2024

Dihabisi Amerika, Binance Diancam Denda Rp 61,8 Triliun

Departemen Kehakiman Amerika Serikat meminta Binance Holdings membayar US$ 4 miliar (Rp 61,8 triliun) sebagai bagian dari kesepakatan penyelesaian kasus kriminal yang dihadapi bursa kripto tersebut dan pendirinya, Changpeng Zhao.

Pemerintah federal AS telah melakukan investigasi atas tindak tanduk Binance Holdings sejak 2018. Menurut Reuters yang mengutip Bloomberg, penyelidikan sudah mendekati tahap akhir.

Sumber yang mengetahui proses penyelidikan menyatakan proses sudah memasuki tahap pengambilan kesimpulan, tetapi tidak menyebutkan detail penalti atau tenggat. Menurut Bloomberg, pengumuman hasil penyelidikan akan diumumkan pada akhir November.

Reuters mengutip sumber yang sama, menyatakan penyelidik federal kemungkinan mengenakan denda hingga US$ 4 miliar (Rp 61,8 triliun). Pembicaraan antara Binance dan Departemen Kehakiman AS juga mencakup tuntutan tindak kriminal atas Changpeng Zhao (CZ) di AS.

Apapun hasil dari penyelidikan atas Binance, industri kripto dipastikan terkena sentimen negatif. Sebelumnya, industri kripto padahal sudah terhantam oleh skandal penipuan dan penyalahgunaan dana nasabah oleh bursa kripto FTX. Pendiri FTX, Sam Bankman Fried, telah diputuskan bersalah oleh juri dan kini masih menunggu hukuman dari hakim.

Investigasi atas Binance berawal dari langkah Departemen Kehakiman AS meminta Binance menyerahkan catatan internal tentang upaya anti-pencucian uang perusahaan. Pemerintah federal juga meminta Binance menyerahkan catatan komunikasi pegawai, termasuk yang melibatkan CZ.

Binance juga menghadapi kasus pelanggaran aturan bursa. Otoritas bursa AS (SEC) menuding Binance mengoperasikan “upaya menghindari regulasi sekuritas federal.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles