27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

FTX Menjual Sekitar $1 Miliar ETF Bitcoin Grayscale

Investor telah menjual lebih dari $2 miliar nilai Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) sejak diubah menjadi dana yang diperdagangkan di bursa awal bulan ini. Sebagian besar dari eksodus itu berasal dari penjualan 22 juta saham oleh harta kebangkrutan FTX, menurut data pribadi yang ditinjau oleh CoinDesk dan dua orang yang akrab dengan masalah tersebut.

Sejumlah dana indeks bitcoin berbasis spot mulai diperdagangkan pada 11 Januari setelah Securities and Exchange Commission (SEC) AS akhirnya menyetujuinya setelah bertahun-tahun penundaan. Namun, dana Grayscale sudah ada selama satu dekade – terstruktur sebagai dana tertutup yang kurang menarik – dan telah mengumpulkan hampir $30 miliar aset ketika SEC menyetujui konversinya menjadi ETF, bersamaan dengan memberkati 10 ETF bitcoin baru yang diciptakan.

Sementara dana-dana baru yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti BlackRock dan Fidelity mengalami aliran dana masuk, miliaran dolar nilai bitcoin telah ditarik keluar dari GBTC. Data yang dilihat oleh CoinDesk menunjukkan bahwa FTX menyumbang sebagian besar dari itu. 22 juta saham yang dijualnya – yang menghabiskan kepemilikan GBTC FTX hingga nol – bernilai hampir $1 miliar.

Harga Bitcoin (BTC) telah turun sejak ETF disetujui – suatu kontrast yang tajam terhadap harapan tinggi yang dimiliki orang sebelum SEC mengumumkan keputusannya. ETF Bitcoin dijajakan sebagai cara yang jauh lebih mudah bagi orang biasa untuk berinvestasi dalam bitcoin, memicu proyeksi yang sangat optimis untuk harga BTC.

Sebaliknya, harga bitcoin turun. Secara teori, sekarang bahwa FTX telah selesai menjual kepemilikannya yang signifikan, tekanan penjualan bisa mereda karena likuidasi kepemilikan oleh harta kebangkrutan adalah suatu peristiwa yang relatif unik.

Seperti banyak entitas perdagangan kripto besar lainnya, FTX memanfaatkan kesenjangan antara harga saham kepercayaan Grayscale dan nilai aset bersih bitcoin yang mendasari di dalam dana. Menurut laporan pada 3 November 2023, FTX memiliki 22,3 juta GBTC, senilai $597 juta pada 25 Oktober 2023.

Nilai kepemilikan GBTC FTX naik menjadi sekitar $900 juta, berdasarkan hari pertama perdagangan ETF bitcoin Grayscale di NYSE Arca pada 11 Januari, ketika sesi perdagangan ditutup pada $40,69. FTX memiliki saham di lima kepercayaan Grayscale (serta hampir 3 juta saham di sebuah kepercayaan hukum yang dikelola oleh penyedia ETF Bitwise) dalam rekening broker di ED&F Man Capital Markets, yang sekarang dikenal sebagai Marex Capital Markets Inc., menurut pengajuan. Marex menolak untuk berkomentar. Galaxy Digital, seorang spesialis perdagangan kripto yang membantu dalam penjualan aset yang dipegang oleh harta kebangkrutan FTX, juga menolak untuk berkomentar. Pada hari Senin, Alameda Research – sebuah firma perdagangan yang terkait dengan FTX – secara sukarela menarik gugatan hukum yang menuduh Grayscale menagih biaya yang berlebihan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles