SAHABAT NABI PENGGILA ILMU PENGETAHUAN

Ibnu Abbas
                                                    Foto istimewa

Abdullah bin abbas merupakan salah satu sahabat nabi Muhammad SAW yang gila ilmu pengetahuan dia tak pernah bosan menggali ilmu sejak usia muda. Umar bin al khatab bahkan menyebutnya sebagai pemuda yang matang mempunyai lisan yang gemar bertanya dan hati yang cerdas.

Abdullah bin abbas adalah sepupu rasulullah abbas bin abdul muthalib dan Ummu alfadelu baba. Beliau lahir 3 tahun sebelum nabi Muhammad hijrah begitu anak muda dari bani hasyim ini lepas dari gendongan ibunya, ia langsung menyertai rasulullah. Ibnu abbas selalu berada di samping nabi muhammad baik saat solat, maupun ketika melakukan safar.

IBNU ABBAS MENJADI PENGAJAR

Ibnu abbas
                                                        Foto istimewa

Ketika rasulullah meninggal dunia ibnu abbas mengarahkan dayanya untuk menggali ilmu dari sahabat nabi. Ia mulai belajar dan berguru kepada mereka dan suatu ketika ibnu abbas mendengar sahabat nabi Muhammad menyampaikan hadist, tak menunggu lama ia langsung mendatangi rumah sahabat tersebut di waktu istirahat siang untuk belajar.

Ibnu abbas membentangkan kainnya di teras pintu rumah sahabat nabi, “angin berhembus membawa debu menyapu tubuhku kalau aku ingin maka aku bisa meminta izin kepadanya dan dia pasti dia memberikan izin, aku melakukan hal itu agar jiwanya rela”. Kata ibnu abbas di kutip dari buku jejak perjuangan dan keteldanan sahabat-sahabat nabi yang di tulis Abdurrahman ra’fat al basya.

Ibnu abbas tak mau di perlakukan istimewa saat menuntut ilmu, meskipun dia sepupu rasulullah. Menurutnya guru harus didatangi bukan sebaliknya, jika yang bersangkutan keluar dan dia melihatku dalam kondisi demikian maka dia berkata “Wahai sepupu rasulullah, apa yang membuatmu datang?kenapa kau tidak memintaku untuk datang?”. Maka aku menjawab “aku lebih patut untuk  datang kepadamu karena ilmu itu yang harus didatangi bukan mendatangi” Ujarnya.

Baca Juga :  NGAKU ISLAM TAPI PERCAYA HUKUM KARMA

Usaha ibnu abbas mencari ilmu membuaskan hasil. Dia akhirnya mencapai derajat keilmuan tertinggi yang membuat orang-orang tercengang. Setelah mencapai derajat keilmuan seperti yang diharapkannya. Ibnu abbas mengubah dirinya menjadi seorang pengajar bagi masyarakat. Rumahnya menjadi sebuah universitas bagi kaum muslimin salah seorang murid ibnu abbas menceritakan universitas ibnu abbas dipenuhi penuntut ilmu.

Orang-orang bahkan berdesak-desakan di jalan dalam menuju rumah ibnu abbas, mereka menutup jalan tersebut bagi orang lain. “Aku masuk kepadanya, aku menyampaikan kepadanya bahwa orang-orang berjejel-jejelan di pintu rumahnya.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai Abdullah Bin Abbas sepupu Rasulullah penggila ilmu pengetahuan,

Nah untuk info lebih lengkapnya, langsung ajah mampir ke channel youtube kami KanalPedia Islam

Baca juga: Kisah pejuang perempuan melindungi rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here