31.7 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Sejarah Garuda Wisnu Kencana (Salah satu Patung Terbesar Di Dunia)

Kita akan membahas Sejarah Garuda Wisnu Kencana nah pasti Bagi kalian yang pernah berlibur ke Pulau Bali, tidak asing lagi mendengar Mandala Garuda Wisnu Kencana atau lebih dikenal dengan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Patung dengan ketinggian 263 meter dari permukaan laut ini ternyata memiliki cerita dan desain yang luar biasa, maka tidak heran apabila tempat wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sejarah Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun tahun 1997 dengan modal yang berasal dari BUMN, Bali Tourism Development Corporation (BTDC), dan Bali I Nyoman Nuarta yang merupakan pembuat patung tersebut.

Garuda Wisnu Kencana merupakan wujud dari Dewa Wisnu yang adalah Dewa Pemelihara (Sthiti) dalam agama Hindu sedang mengendarai seekor burung garuda.

Bentuk ini berasal dari kisah Garuda dan Kerajaannya yaitu Dewa Wisnu yang melindungi burung Garuda karena telah berbakti dan berkorban untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Nama Garuda Wisnu Kencana berasal dari nama tokoh yang ada yaitu Garuda dan Wisnu, sedangkan kencana berarti emas karena tahta tempat patung burung Garuda dan Dewa Wisnu berdiri dilapisi emas.

Lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana terletak di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana seluas 240 hektar. Lokasinya berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan.

Kawasan ini dipilih karena merupakan kawasan yang tandus sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi selama pembangunan megaproyek tersebut.

Proses Pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana

Proses pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana dilakukan oleh I Nyoman Nuarta di tempat kerjanya yang berada di kota Bandung.

Desain patung terdiri dari 24 segmen dengan total modul sebanyak 754. Bahan patung yang digunakan adalah logam tembaga dan kuningan, kemudian kedua logam ini dilapis dengan zat asam patina.

Modul yang telah selesai langsung dikirim ke Bali dimana proses ini masih berlangsung sampai sekarang. Tercatat hingga tahun 2015 lalu, Nyoman baru menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 23 meter dari total 120 meter.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles