Manfaat Tomat Kaya Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Kaya Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh
Foto Istimewa

Tomat menjadi salah satu makanan yang digemari. Terlepas dari penyebutan apakah tomat merupakan kelompok buah atau sayur, yang pasti tomat memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Di dalam 100 gram tomat terdapat beberapa nutrisi seperti 93 gram air, 24 kalori energi, 2 gram protein, 0,7 lemak, 3,3 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 5 mg kalsium, 27 gram fosfor, dan nutrisi serta vitamin lainnya. Kandungan tersebut yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga untuk kecantikan wajah.
Manfaat Tomat untuk Kesehatan Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mengatur  asupan makanan dengan baik. Banyak buah dan sayur yang kaya vitamin untuk kesehatan, seperti tomat. Beberapa manfaat tomat untuk kesehatan sebagai berikut:

11. 1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung memiliki banyak fungsi, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga agar tidak menggangu organ tubuh lainnya. Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bisa mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan likopen berfungsi untuk menurunkan kolestrol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit di organ vital ini.

10. 2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Untuk sembuh total dari kanker, perlu serangkaian pengobatan yang cukup rumit dan panjang. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga diri agar terhindar dari penyakit ini, seperti dalam pola makan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti tomat bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam tomat bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu, beta karoten di dalam buah bermanfaat untuk mencegah tumor pada pasien kanker. Sementara likopen bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

Baca Juga :  Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin Es Krim

9. 3. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mencegah penyakit tersebut, kadar gula dalam darah harus terkontrol tidak terlalu tinggi. Tomat ternyata bisa menjaga kadar gula dalam darah secara alami. Bahkan, bagi penderita diabetes tipe 1, konsumsi tomat bisa menurunkan kadar gula. Untuk pasien diabetes tipe 2, tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak.

8. 4. Memperlancar Pencernaan

Serat di dalam tomat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, Anda bisa terhindar dari sembelit. Ketika sedang diare, juga diperbolehkan mengonsumsi tomat, karena memiliki kandungan yang bisa mencegah diare. Secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi buah ini akan terhindar dari dua masalah pencernaan sekaligus.

7. 5. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat tomat lainnya yaitu untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan beta karoten. Kandungan likopen dan lutein di dalam tomat juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.

6. 6. Mengurangi Risiko Stroke

Stroke ternyata bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi tomat. Hal ini terkiat kandungan likopen di dalam tomat. Likopen inilah yang mengurangi peradangan, pembekuan darah, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

5. 7. Makanan Rendah Kalori

Salah satu upaya untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengurangi asupan makanan yang rendah kalori. Dengan jumlah kalori yang cukup rendah, anda tak perlu risau akan kenaikan berat badan jika konsumi buah yang satu ini.

3. 9. Kaya Serat

Sama halnya dengan sayur dan buah-buahan lainnya, tomat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam secangkir buah tomat, ada sekitar 2 gram serat yang tidak larut dan ada sekitar 0,20 gram serat larut. Kedua jenis serat tersebut memiliki peranan sama besarnya untuk menurunkan berat badan.

2. 10. Memperlancar Metabolisme

Dengan metabolisme yang lancar, proses pembakaran lemak menjadi energi akan lebih cepat. Hal ini sangat baik untuk menurunkan kadar lemak. Biasanya lemak-lemak inilah yang menyebabkan berat badan cepat meningkat. Mengkonsumi buah ini secara rutin dapat menstimulasi produksi carnitin yang berperan dalam peningkatan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

1. 11. Indeks Glikemik yang Rendah

Indek glikemik merupakan indikator untuk mengetahui kecepatan dari sebuah  makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Indeks glikemik tomat tergolong rendah, hanya sekitar 38 saja. Sehingga, tomat memiliki kemampuan yang cukup lama untuk meningkatkan gula darah. Dengan kestabilan gula di dalam darah terjaga, keinginan untuk makan menjadi lebih terkontrol dan bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Tomat Kaya Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here