6 TEMPAT TERINDAH DENGAN AIR TERJERNIH DI DUNIA

Ada gak diantara kalian yang punya impian travelling keliling dunia? Atau menjelajahi alam bebas dan bisa berenang diperairan yang memiliki kejernihan air yang bersih?

Di dunia ini, masih bisa kamu temukan, beberapa destinasi liburan yang memiliki pantai dan danau eksotis dengan air paling jernih. Karena kejernihan airnya, tak hanya pemandangan diatas air yang bisa kamu nikmati, tapi juga bawah lautnya dan semua tampak transparan. Berikut ini adalah 6 tempat dengan air terjernih di dunia:

1. Sabah, Malaysia

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Sabah adalah negara bagian Malaysia yang menempati bagian utara pulau Kalimantan. Terkenal dengan Gunung Kinabalu setinggi 4.095m, puncak tertinggi di negara ini, dimahkotai dengan menara granit yang khas. Sabah juga dikenal dengan pantai, hutan hujan, terumbu karang, dan margasatwanya yang melimpah, sebagian besar di dalam taman dan cagar alam. Lepas pantai, pulau Sipadan dan Mabul terkenal sebagai tujuan para menyelam untuk menikmati kejernihan air disana.

 

2. Pupu Springs, Selandia Baru

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Pupu Spring terletak di sebelah selatan Selandia Baru berlokasi di Golden Bay dimana menjadi perairan terjernih di dunia selama 10 tahun berturut-turut. Mata air ini mampu memproduksi air sebesar 14.000 liter per detik. Tingkat kejernihan air ini bisa mencapai jarak pandang 63 meter ke bawah mata air dan memiliki air yang sejuk dengan suhu 11,7 derajat celcius.

Dibagian dasar dari mata air ini berupa pasir putih sedangkan air akan keluar dari sela-sela pasir yang membuatnya seolah seperti menari. Karena fenomena ini tempat ini dinamakan Te Waikoropupu Spring yang berarti tempat pasir menari. Disini para penyelam bisa menikmati kejernihan serta pemandangan alam di bawah mata air ini dengan jelas.

Baca Juga :  Sinopsis Film Money Heist Season 1-4!

3. Konigsee, Jerman

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Danau Königssee yang berarti Danau Raja ini terletak dekat kota Berchtesgaden, tepatnya di Berchtesgaden National Park. Dahulu, danau Königssee dikenal sebagai area elit  tempat rekreasi anggota kerajaan Bavaria, juga tempat berburu favorit  para petinggi daerah Berchtesgaden dan tetangganya dari Salzburg, Austria. Saat ini selain keindahan serta kejernihan danaunya, area pegunungan di kawasan Berchstesgaden dikenal juga sebagai kawasan hiking yang menantang.

Sekilas danau yang dikelilingi pegunungan ini tampak berbentuk kawah  dengan air  yang sangat jernih  memancarkan gradasi hijau kebiruan. Berwisata di Danau Königssee bisa dinikmati dalam waktu satu hari. Namun bila ingin bermalam untuk menikmati pesona pegunungan di sekitarnya banyak penginapan di kawasan Berchtesgaden yang bisa dipilih.

 

4. Danau Crater, Amerika Serikat

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Danau Crater adalah sebuah danau yang terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Danau Crater terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi Mazama di sekira tahun 4680 SM.

Dibentuk hampir 8.000 tahun yang lalu setelah letusan dahsyat yang diduga disebabkan erupsi Gunung Mazama, danau air tawar berwarna biru jernih ini adalah danau terdalam di Amerika Serikat. Danau ini sekaligus terdalam ketujuh di dunia dengan kejernihan airnya. Suku asli Amerika, Klamath, telah lama menganggap danau ini sebagai situs suci. Legenda mereka mengatakan bahwa Gunung Mazama meledak karena adanya pertempuran antara manusia langit dan manusia Bumi.

 

5. Danau Tahoe, Amerika Serikat

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Lake Tahoe atau Danau Tahoe berada di Nevada. Di Amerika Serikat, danau unik ini merupakan salah satu yang tertinggi, terluas dan terdalam. Luasnya mencapai 498 km persegi, dengan kedalaman 501 m, dan tinggi 1898 m. Dengan segala predikatnya itu, Lake Tahoe di Nevada tidak perlu tenaga banyak untuk menunjukkan kecantikan serta kemegahannya. Keindahan yang dimiliki Danau Tahoe tidak terbantahkan. Teman Traveler akan dibuat takjub dengan hamparan air yang luas dan kejernihan. Saking jernihnya, batu-batuan besar di dasar danau, dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga :  Drama Korea Jirisan

 

6. Blue Lake, Selandia Baru

KEJERNIHAN
gambar istimewa

Blue Lake atau Danau Biru hanyalah sebuah danau kecil di Taman Nasional Nelson Lakes, dekat dengan pegunungan Alpen di selatan Selandia Baru. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA), kejernihan danau ini bisa dilihat dari jarak pandang hingga 80 meter. Kejernihan ini mengalahkan Te Waikoropupu Springs di Golden Bay, Selandia Baru yang hanya bisa dilihat mencapai 63 meter.

Warna airnya tidak biru toska, tapi biru keungungan. Warna biru keunguan ini merupakan warna yang hanya bisa dilihat di perairan yang benar-benar jernih. Sebenarnya, Blue Lake merupakan daerah pertemuan dua danau gleyser. Kemungkinan inilah yang membuat danau ini memiliki air paling jernih.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here