32.1 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Fakta Menarik Hewan Penguin

Lucu dan memiliki cara berjalan unik, burung penguin menjadi salah satu hewan favorit banyak orang. Burung yang sebagian besar hidup di wilayah kutub ini menjadi semakin populer. Setiap tanggal 25 April, masyarakat dunia merayakan hari penguin dunia. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan keberlangsungan hidup burung menggemaskan ini. Berikut ini merupakan Fakta Menarik Hewan Penguin :

1. Spesies penguin terbesar bisa mencapai tinggi 1,2 meter

Penguin Kaisar merupakan spesies penguin terbesar dengan tinggi mencapai 122 cm dan berat antara 22-45 kg. Mereka termasuk hewan endemik Antartika atau kutub selatan. Sementara itu, spesies penguin terkecil adalah Little Blue Penguin atau penguin biru kecil. Mereka memiliki tinggi rata-rata 40 cm.

2. Pola warna bulu mereka untuk kamuflase

pola warna hitam putih pada bulu penguin memiliki kegunaan. Warna hitam atau gelap membuat mereka tampak menyatu dengan gelapnya air laut bila dilihat dari udara, sementara warna putih atau terang sesuai dengan permukaan laut yang terlihat terang dari area kedalaman.

Pola warna ini membuat mereka terhindar dari serangan predator seperti anjing laut, singa laut, paus, dan hiu. Hal ini juga memudahkan mereka menangkap mangsa seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, udang, dan lain-lain.

3. Semakin gembul, semakin mudah mendapatkan pasangan

Pada beberapa spesies penguin, biasanya pejantan bertugas mengerami telur sementara betina pergi berburu. Oleh karena itu, pejantan yang memiliki cukup persediaan lemak dalam tubuh untuk melewati minggu-minggu tanpa makan adalah yang paling dicari para betina. Semakin gembul pejantan, semakin mereka disukai betina.

4. Mereka juga minum air laut

Ketika haus, penguin biasanya minum air lelehan es yang membentuk kolam atau dari aliran air. namun, karena menghabiskan sekitar 75-80 persen hidupnya di lautan, penguin beradapatasi untuk minum air laut juga. Kelenjar supraorbital yang terletak di atas mata akan menghilangkan kelebihan garam di aliran darah. Kelebihan garam akan keluar melalui saluran hidung dan paruh dengan cara bersin.

Baca Juga :  Keunggulan Anggur Satriya Tamansari 1 dari Bantul

5. Mereka tidak takut pada manusia

Kalau suatu hari kamu berkunjung ke Antartika, jangan terkejut kalau penguin tidak takut padamu. Ini dikarenakan tidak adanya predator yang mengancam di daratan. Predator penguin kebanyakan berada di dalam laut. Jadi, mereka santai-santai saja dengan manusia, bahkan penasaran!

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles