Manfaat Buah Alpukat Konsumsi Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Konsumsi Rutin untuk Kesehatan Tubuh
Foto Istimewa

Apa manfaat buah alpukat untuk kesehatan? Alpukat merupakan salah satu buah yang paling bernutrisi, selain tentunya juga nikmat. Buah ini mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh seperti kaya akan agen anti penuaan diri, lemak baik, antioksidan untuk memerangi penyakit, dan kaya akan vitamin dan mineral. Cara makan buah alpukat yang benar bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari smoothies, makanan pendamping, campuran salad, olesan untuk roti, saus cocol, dan masih banyak lagi. Ini menjadi alasan mengapa alpukat banyak dikonsumsi. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana ini kaya akan sterol tumbuhan yang bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga dipercaya bisa mencegah risiko terkena penyakit diabetes. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mencatat, dalam satu porsi (seperlima buah alpukat, sekitar 40 gram) mengandung:

  • 3,4 gram karbohidrat
  • 64 kalori
  • Hampir 6 gram lemak
  • Kurang dari 1 gram gula
  • Hampir 3 gram serat
  • Kaya akan vitamin C, E, K, dan B6, asam pantotenat, magnesium, kalium, riboflavin, niacin, dan folat
  • Mengandung lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3.

Apa Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan?

Alpukat merupakan buah yang populer untuk berbagai kalangan usia. Selain nikmat, buah ini juga memiliki berbagai manfaat berkat kandungan gizinya. Supaya tidak penasaran, berikut manfaat buah alpukat untuk kesehatan wanita maupun pria yang sudah Qoala rangkum khusus untuk kamu.

15. Meningkatkan Rasa Kenyang

Makanan yang mengandung lemak baik mampu memperlambat pengosongan perut sehingga membuat kenyang lebih lama. Ada pun satu buah alpukat mengandung 22 gram lemak dan jumlah itu sangat memadai. Menurut sebuah studi di “Nutrition Journal” tahun 2013, partisipan yang mengonsumsi alpukat memiliki perasaan kenyang lebih lama. Menambahkan setengah buah alpukat pada makanan mampu menghasilkan peningkatan signifikan pada rasa kenyang. Keinginan untuk makan juga berkurang sampai lima jam.

13. Menurunkan Kolesterol

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids atau MUFAs). Kandungan ini mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu Tak hanya itu, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang bisa menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan. Bila memiliki riwayat kolesterol, ada baiknya kamu mengonsumsi alpukat mulai dari sekarang. Selain buah alpukat, kamu juga bisa cek makanan lainnya yang dapat menurunkan kolesterol.

12. Penguat Nutrisi

Menyertakan alpukat dalam setiap makan besar mampu membantu tubuh lebih banyak menyerap antioksidan dari makanan sehat lainnya. Menurut studi “The Journal of Nutrition” tahun 2005, mereka yang menambahkan 2,5 sendok makan alpukat dalam menu salad dan salsa, mampu menyerap 8 kali lebih banyak alfa karoten dan 13 kali beta karoten lebih banyak, fitonutrien yang mampu memerangi kanker dan penyakit jantung. Selain itu, menurut jurnal “The Journal of Nutrition” tahun 2014, sebuah studi menemukan bahwa mengkombinasikan alpukat, tomat dengan saus tomat dan wortel bisa meningkatkan penyerapan vitamin A, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit, mata, dan daya tahan tubuh. Tertarik mencoba manfaat buah alpukat untuk kesehatan

11. Memperlancar Saluran Pencernaan

Alpukat mengandung serat larut air yang baik untuk menjaga bakteri baik di usus. Jadi kesehatan saluran pencernaan lebih terjaga kesehatannya, serupa dengan manfaat buah naga. Dalam jangka panjang, asupan serat dari alpukat yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga gula darah tetap stabil.

10. Bikin Awet Muda

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat mampu membantu penampilan tampak awet muda. Lemak itu membantu menjaga kulit tetap lembab dan membantu tubuh menyerap berbagai vitamin dan nutrisi pada pencernaan. Selain itu, lemak pada alpukat juga bisa membantu melawan proses inflamasi pada tubuh yang bisa menimbulkan berbagai penurunan fungsi tubuh dan memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini. Kamu bisa mengkonsumsi alpukat secara langsung, menggunakannya sebagai bahan masker alami, sampai menjadikannya olesan roti dan campuran salad. Tertarik merasakan manfaat buah alpukat untuk wanita dan pria ini?

Baca Juga :  Tak Hanya Kesehatan, Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

9. Mencegah Katarak

Alpukat mengandung zeaxanthin dan lutein, nutrisi yang baik untuk kesehatan mata termasuk mencegah katarak. Lutein merupakan jenis karotenoid (antioksidan) yang bisa mencegah kebutaan akibat katarak dan kerusakan retina mata. Sementara zeaxanthin juga termasuk antioksidan golongan karotenoid yang mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang bisa merusak mata.

8. Memperbaiki Sel Telur saat Menjalani Program Hamil

Mengonsumsi buah alpukat juga berguna untuk meningkatkan program hamil sehingga mampu meningkatkan kesuburannya. WHO dan Harvard School of Public Health juga merekomendasikan alpukat untuk pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil. Pasalnya buah berwarna hijau ini mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Alpukat bisa mengurangi risiko terjadinya masalah pada sel telur sampai 70 persen bila dikonsumsi secara rutin. Ketahui juga bila kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bisa mengurangi risiko seseorang mengalami obesitas, hipertensi, resistensi insulin sampai diabetes.

7. Menyehatkan Bayi

Kunci penting kehamilan yang sehat ada pada Folat. Asupan folat yang cukup mampu menurunkan risiko terjadinya keguguran dan cacat tabung saraf. Berdasarkan studi dari Universitas McGill, Kanada, ditemukan 30 persen insiden berbagai cacat lahir pada bayi tikus yang mengalami defisiensi folat dibanding kehamilan dari sperma dengan jumlah folat yang memadai. Itu manfaat buah alpukat untuk ibu hamil karena asupan folat sangat penting untuk mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir pada bayi.

6. Risiko Depresi Lebih Kecil

Apa manfaat buah alpukat untuk kesehatan jiwa? Alpukat yang tinggi folat ternyata juga bisa mengurangi risiko depresi. Pasalnya folat mampu membantu kamu terhindar dari akumulasi homosistein yakni zat yang bisa mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. Kelebihan homosistein bisa mengganggu produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin, yang bisa mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan. Jadi bila mengalami potensi gangguan stress, kamu bisa merasakan manfaat makan alpukat setiap hari untuk mengurangi gangguan ini.

Baca Juga :  Manfaat Ganja Medis dan Efek Sampingnya bagi Tubuh

5. Menyehatkan Jantung

Alpukat mengandung sterol alami yang berasal dari tumbuhan dan dikenal dengan beta-sitosterol. Dikutip dari Medical News Today, mengkonsumsi beta-sitosterol terbukti mampu menjaga kolesterol dalam kadar yang sehat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja secara normal, salah satunya menjaga detak jantung tetap stabil.

4. Perawatan Kulit

Buah alpukat juga kerap dimanfaatkan untuk menjadi masker wajah, selain juga nikmat untuk dimakan. Pasalnya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah berwarna hijau itu mampu membantu menjaga kulit terlihat awet muda dengan menghaluskan kerutan di wajah. Tertarik mendapatkan manfaat buah alpukat untuk wajah ini?

3. Memperkuat Tulang

Umumnya separuh alpukat mengandung 15% kebutuhan vitamin K harian orang dewasa. Nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang. Vitamin K kerap kalah populer dibanding kalsium dan vitamin D. Walau begitu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K akan membantu meningkatkan kekuatan tulang.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan lainnya mampu mengurangi berbagai risiko penyakit karena mengandung asam folat yang tinggi. Hal ini serupa dengan manfaat buah pir. Mulai dari kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Para peneliti percaya bahwa folat melindungi sel terhadap mutasi yang tidak diinginkan dalam DNA dan RNA selama pembelahan sel. Melalui penelitian yang melibatkan 4.000 perempuan menunjukkan alpukat memiliki asam folat yang bisa mengurangi risiko kanker payudara. Penelitian laboratorium lainnya juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa avocatin B yang bisa membunuh sel-sel leukemia.

1. Melindungi Otak

Alpukat merupakan sumber vitamin E yang baik. Kandungan vitamin E ini bisa membantu melindungi diri dari penyakit Alzheimer dan perlambatan daya ingat serta keterampilan berpikir. Jadi bila kerap mengalami lupa atau gangguan memori, kamu bisa rutin mengkonsumsi buah alpukat.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Alpukat Konsumsi Rutin untuk Kesehatan Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!