Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung
Foto Istimewa

Ceri adalah buah yang menawarkan rasa enak dan banyak manfaat kesehatan, terutama ceri tart Montmorency yang merupakan jenis ceri tart paling umum di AS dan paling banyak diteliti,” kata ahli gizi yang berbasis di New York City Alisa Rumsey , RD dikutip dari womenshealthmag.com. Menurut Jessica Cording, RD, ahli gizi dan penulis The Little Book of Game-Changers mengatakan ceri memiliki banyak manfaat dari sudut pandang gizi. Buah ini memang terlihat berukuran kecil, tapi manfaat kesehatannya cukup besar.

Dikutip dari U.S. Department of Agriculture, kandungan dalam buah ceri yang membuatnya sangat bermanfaat, antara lain:

  • Kalori: 51 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,5 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Gula: 8,7 gram
  • Protein: 1 gram

Ceri juga buah yang memiliki banyak antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Pigmen atau warna ceri yang terlihat jelas menandakan bahwa buah itu memiliki banyak antioksidan dan senyawa anti-inflamasi.

Berikut ini manfaat buah ceri untuk kesehatan.

4. Bantu Menjaga Kesehatan Usus

Ini merupakan manfaat buah ceri yang pertama. Rumsey mengatakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah ceri, khususnya Montmorency ceri, mungkin memainkan peran dalam kesehatan usus. Contohnya, satu studi yang menemukan bahwa polifenol ceri mungkin memiliki dampak positif pada mikrobioma usus. Apalagi buah ini mengandung serat, yang pada dasarnya bisa menyebabkan masalah kesehatan usus dan mendukung keteraturan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Meningkatkan asupan buah padat gizi seperti ceri adalah cara yang lezat untuk melindungi kesehatan jantung. Ini menjadi manfaat buah ceri selanjutnya. Banyak penelitian dilansir oleh Healthline, menunjukkan bahwa diet yang kaya buah-buahan berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Manfaat buah ceri dalam hal ini, karena buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan kalium dan polifenol. Cukup 1 cangkir ceri manis, yakni sekitar 154 gram bisa memberikan 10 persen dari DV untuk kalium, mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat buah ceri untuk kesehatan juga bisa membantu mempertahankan detak jantung, membantu menghilangkan kelebihan sodium dari tubuh dan mengatur tekanan darah. Karena itu, asupan kalium yang lebih tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Apalagi ceri kaya antioksidan polifenol yang kuat, termasuk anthocyanin, flavonol dan katekin yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi dari kerusakan sel serta mengurangi peradangan. Sebuah penelitian pada 84.158 orang menemukan bahwa asupan polifenol yang lebih tinggi, terutama anthocyanin, flavonol dan katekin berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan selama 5 tahun.

1. Mengatasi Gejala Radang Sendi

Manfaat buah ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Kondisi ini termasuk sejenis radang sendi akibat penumpukan asam urat yang dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan rasa sakit ekstrem di persendian. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ceri membantu menghambat stres oksidatif dan mengurangi peradangan dengan menekan protein peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala berkaitan dengan artritis. Bahkan manfaat buah ceri dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Sebuah studi pada 10 wanita menemukan bahwa makan 2 porsi (280 gram) ceri manis setelah puasa semalam bisa menurunkan kadar penanda inflamasi C-reactive protein (CRP) dan mengurangi kadar asam urat 5 jam setelah mengonsumsinya. Studi lain pada 633 penderita gout menunjukkan bahwa mereka yang makan ceri segar selama 2 hari memiliki serangan gout 35 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah ini. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa asupan ceri yang dikombinasikan dengan obat gout allopurinol, serangan gout 75 persen lebih kecil dibandingkan selama periode ketika ceri atau allopurinol tidak dikonsumsi.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan Bisa Mengobati Sakit Gigi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here