Inilah Asal-usul Boneka Yang Boneka yang Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

0
146

Channel EPasti banyak di antara teman-teman yang suka bermain boneka. Boneka umumnya memiliki bentuk dan wajah lucu, serta kostum yang menggemaskan. Selain itu, boneka ada yang dilengkapi dengan aneka pakaian, sepatu, tas, rumah dan perabotannya, perlengkapan dapur, dan lain-lain.

Boneka memang cocok digunakan teman bermain. Umumnya, anak-anak kecil sangat menyukai boneka. Walaupun boneka digolongkan sebagai teman bermain, namun dulunya boneka diciptakan dengan tujuan yang sangat
berbeda, lo.

Tahukah teman-teman bahwa boneka tidak diciptakan sebagai mainan?
Ternyata boneka memiliki sejarah panjang sebelum dibuat sebagai mainan. Seperti apa? Yuk, simak bersama!

2. Boneka Zaman Kuno

Boneka sudah ada sejak zaman kuno dan tersebar di seluruh dunia.
Pada zaman kuno, boneka yang diciptakan berbentuk sangat sederhana.
Boneka Kuno hanya terbuat dari bahan alami seperti tanah liat, batu, kayu, tulang, gading gajah, atau kulit.

Boneka dari potongan kain baru mulai ada pada tahun 300 SM. Orang Romawi yang membuatnya.Tujuan boneka diciptakan pada zaman kuno adalah untuk ritual-ritual tertentu.
Sebab, boneka sengaja dibuat sebagai perwujudan dewa-dewi bangsa kuno.

Berikut ini beberapa contoh boneka yang dibuat sebagai bahan ritual di pada zaman kuno:
Di dalam makam-makan Mesir Kuno abad ke-21 SM ditemukan boneka. Boneka juga ditemukan di makam anak-anak zaman Romawi Kuno.

Menurut seharah, boneka itu gunanya untuk menemani, menghibur, atau membantu pekerjaan orang yang sudah meninggal tersebut di alam kubur.

Di Yunani dan Romawi ada tradisi kuno yang dilakukan para gadis ketika menikah.

Saat para gadis menikah, mereka akan mempersembahkan boneka mereka kepada seorang dewi.

Di Ghana dan sekitarnya (Afrika), ada boneka bernama akuaba.

Boneka ini berupa kayu berkepala besar, tapi pipih seperti cakram. Boneka akuaba merupakan lambang dewi kesuburan dan digunakan dalam ritual tertentu oleh penduduk Afrika. Walau digunakan dalam upacara keagamaan dan ritual kuno. Ada sedikit masyarakat yang membuat boneka sebagai mainan.

Baca Juga :  Dari Mana Asal-usul Istilah Lebaran? Ini Penjelasan Singkat Nama Lain Hari Raya Idulfitri

Boneka sebagai mainan, tercatat di Yunani pada abad ke-10 Masehi. Dalam catatan itu, diceritakan seorang anak perempuan kecil sedang memainkan boneka kayu.

1. Boneka Zaman Sekarang

Boneka modern mulai diproduksi dalam skala besar di pabrik di kawasan Jerman pada abad ke-15 M. Boneka itu terbuat dari keramik (perselain) dan plastik. Sejak itu boneka pun berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Beberapa negara bahkan memiliki boneka khas mereka, seperti mathryoskha dari Rusia, Kokeshi dari Jepang, dan boneka tentara kerjaan Inggris, boneka tanpa wajah khas orang Amish, dan lain-lain.

Berdasarkan bentuknya, ada boneka yang menyerupai manusia, misalnya boneka Barbie,Ada juga boneka menyerupai hewan, seperti Teddy Bear (boneka  beruang) hingga hingga tokoh kartun favorit, misalnya Hello Kitty.
Sejak abad ke-20, selain dibuat mainan, boneka juga dibuat sebagai bahan koleksi, lo. Boneka yang banyak dijadikan koleksi adalah Boneka Barbie.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here