Channel E – Unta adalah hewan mamalia yang banyak ditemukan di gurun pasir. Unta memiliki adaptasi penyesuaian diri terhadap iklim dan cuaca gurun pasir yang panas dan kering.

Unta salah satu hewan yang memiliki satu atau dua punuk di tubuhnya. dengan satu punuk disebut unta dromedari dan unta dengan dua punuk disebut unta baktria. Punuk unta menyimpan cadangan makanan, berupa lemak dan air yang dapat diubah menjadi energi ketika unta kesulitan menemukan makanan dan air.

Selain punuk, unta juga memiliki cara lain untuk beradaptasi di lingkungan panas dan gersang. Hidup di kawasan gurun pasir, unta memiliki pertahanan tersendiri terhadap kemungkinan kelilipan pasir. Unta memiliki tiga kelopak mata berfungsi sebagai pelindung mata dari pasir yang berterbangan. Selain itu, unta memiliki bulu mata yang sangat lentik dan panjang berguna untuk menghalau debu pasir.

Selama ribuan tahun, manusia telah menggunakan unta sebagai alat transportasi. Hebatnya, unta mampu membawa beban seberat 170 hingga 270 kilogram di punggungnya. Tak hanya untuk alat transportasi, unta juga merupakan sumber utama daging, susu, hingga produk kulit atau wol.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik lain mengenai hewan unta!

1. Ukuran Unta

gambar istimewa

Umumnya, unta tumbuh lebih tinggi dari manusia. Unta dua punuk atau unta baktria bisa tumbuh hingga mencapai 180 cm dan panjang tubuhnya 3 meter. Berat unta dewasa biasanya berkisar antara 600 hingga 1.000 kilogram

2. Makanan Unta

gambar istimewa

Unta adalah hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Unta bukan hewan yang pilih-pilih terhadap makanan, Unta memiliki bibir yang tebal sebagai pelindung dalam mengunyah tanaman berduri di gurun pasir.

Agar bisa bertahan hidup di gurun pasir, dalam sekali minum, unta bisa 30 galon air atau setara dengan 113 liter hanya dalam waktu 13 menit. Air tersebut akan disimpan dalam punuk unta sebagai cadangan makanan.

3. Habitat Unta

gambar istimewa

Kedua jenis unta dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Unta punuk satu atau dromedari umumnya ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah. Lalu, punuk dua unta baktria banyak hidup di Asia Tengah. Apapun jenisnya, unta dapat ditemukan di wilayah gurun atau padang rumput. Suhu lingkungan yang tepat untuk unta adalah 20-120 derajat Celcius.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!