24 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Sempat Dianggap Kelompok Sayuran, Ini 5 Fakta Bunga Dahlia Terbaik

Channel E – Pernahkah teman-teman melihat bunga dahlia? Karena bentuknya yang cantik serta warna yang beragam, bunga dahlia pernah menjadi bunga terbaik menurut National Garden Bureau’s pada 2019.

Lalu, kira-kira apa saja fakta sejarah yang bisa kita ketahui dari bunga dahlia ini?

Kita Simak Bersama Yuk!

Ada Ribuan Jenis Bunga Dahlia

gambar istimewa

Tahukah teman-teman? Ternyata jenis-jenis dari bunga dahlia terbaik ini banyak, bahkan mencapai ribuan. Ada 30 spesies dan lebih dari 20.000 varietas bunga dahlia yang tumbuh.

Perbedaan varietas ini berdasarkan ukuran, pola bunga, dan kemiripannya dengan bunga lain, seperti teratai, anemon, dan bunga kaktus.

Awalnya Dianggap sebagai Sayuran

gambar istimewa

Fakta lain dari bunga dahlia adalah awalnya mereka dikelompokkan dalam jenis sayur. Kenapa bisa begitu, ya?

Hal itu karena awalnya bunga dahlia yang diberi nama oleh ahli botani Swedia bernama Anders Dahl, ini mempunyai umbi yang bisa dimakan. Oleh karena itu, bunga dahlia dikelompokkan menjadi sayuran. Rasa dari umbi dahlia ini pun seperti campuran antara kentang dan lobak.

Berasal dari Amerika Tengah

gambar istimewa

Sebelum tersebar ke berbagai dunia, bunga dahlia awalnya ditemukan di Meksiko pada 1615. Oleh karena itu, bunga dahlia menjadi bunga terbaik nasional dari negara Meksiko. Umbi dari bunga dahlia pertama kali dikirim ke Eropa oleh pemukim Spanyol yang ada di Meksiko.

Umbi bunga dahlia pun awalnya dikonsumsi untuk menyeimbangkan gula darah karena kandungan fruktosanya (kandungan gula tumbuhan) cukup tinggi. Selain itu, kelopak bunga dahlia juga digunakan untuk mengobati kulit kering, infeksi, ruam, dan gigitan serangga.

Tidak Ada Bunga Dahlia Berwarna Biru

gambar istimewa

Meskipun mempunyai banyak ribuan jenisnnya, tapi bunga dahlia terbaik ini diketahui tidak ada yang berwarna biru. Meskipun, ada bunga dahlia yang berwarna merah, merah muda, kuning, oranye, dan putih.

Baca Juga :  5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!

Bahkan pada abad kesembilan belas, surat kabar London menawarkan uang untuk mengadakan sayembara bagi petani bunga dahlia untuk membaut dahlia berwarna biru. Namun, sayembara itu ternyata tidak pernah berhasil dan hanya menghasilkan warna hitam, merah tua, dan ungu tua, bukannya warna biru.

Mempunyai Makna Mendalam

gambar istimewa

Sama seperti jenis bunga lainnya yang mempunyai makna, bunga dahlia diketahui mempunyai makna. Makna bunga dahlia sendiri adalah sebagai simbol kesungguhan dan persatuan abadi.

Bunga dahlia juga mewakili kekuatan batin, kreativitas, dan juga keanggunan. Selama pemerintahan Ratu Victoria dari Inggris, bunga ini begitu populer dan sering hadir ketika sedang berlangsung acara pernikahan.

Itulah, fakta-fakta menarik dari bunga dahlia. Mulai dari jenis bunga dahlia yang jumlahnya ribuan sampai makan mendalam bunga dahlia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles