Channel E – Teman-teman pasti sudah mengetahui bahwasannya gula berlebihan dapat membahayakan tubuh. Gula memang berfungsi untuk menambahkan energi pada tubuh, sehingga membuat kita semakin bersemangat.

Jika gula yang kita konsumsi terlalu banyak, yang terjadi pada tubuh justru sebaliknya. Bukannya menjadi bertenaga, tubuh kita malah akan mengalami lemas dan tidak bersemangat. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa beberapa jenis gula memiliki kebaikan yang lebih banyak daripada jenis yang lain.

Simak Bersama Yuk!

1. Jenis Gula Memengaruhi Efeknya

gambar istimewa

Jennifer Haythe, seorang kardiologis di Columbia Presbyterian Hospital dari New York menjelaskan mitos ini. Semua jenis gula, mulai dari gula putih, gula merah, bahkan madu, akan dipecah menjadi glukosa. Artinya semua bentuk gula adalah karbohidrat yang dapat digunakan sebagai glukosa.

Jadi, tidak ada jenis gula yang lebih baik daripada jenis gula yang lain, karena semuanya memberikan efek yang sama pada tubuh.

2. Kelebihan Gula Menyebabkan Diabetes

Menurut World Health Organization (WHO), diabetes dapat terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin karena gangguan tertentu.

Faktanya, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2, keduanya dipengaruhi oleh gen dan lingkungan. Haythe menjelaskan bahwa makan gula tidak menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Sebab, diabetes terjadi ketika hormon insulin terganggu, sehingga glukosa tidak dapat diserap dengan baik.

3. Makanan dan Minuman Manis Penyebab Gigi Berlubang

Selama ini kita dilarang terlalu banyak makan dan minum dengan cita rasa manis supaya terhindar dari gigi berlubang dan karies. Namun faktanya, makanan dan minuman asam yang dapat merusak dan mengikis email gigi.

Menurut seorang dokter gigi bernama Mark Burhenne, makanan yang paling banyak menyebabkan gigi berlubang adalah kerupuk dan roti, bukan permen.

Baca Juga :  Seputar Terapi Ikan Beserta Manfaat dan Risikonya

Pada gigi manusia terdapat bakteri yang ikut mengonsumsi gula yang kita makan. Ketika bakteri ini sudah memakan gula, mereka mengeluarkan asam yang mengikis email gigi dan menyebabkan pembusukan.

Jadi itulah beberapa fakta tentang gula, bagi Kesehatan tubuh!

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here