Channel E – Apabila menyebut hewan tercepat di dunia tentu cheetah menjadi daftar paling atas. Namun, jika di air dan udara, hewan apa yang paling cepat? Seperti yang diketahui, tingkat kecepatan hewan sangat penting untuk bertahan hidup di alam liar. Hewan predator akan menggunakan kecepatannya untuk menyalip dan mengalahkan mangsanya, sementara hewan dengan sedikit pertahanan lain mengandalkan kecepatan untuk menghindari pemangsa.

Nah, dari beberapa hewan di dunia, berikut ini adalah lima hewan tercepat di darat, air, dan udara. 

Simak Bersama Yuk!

1. Cheetah – Hewan Darat Tercepat 

gambar istimewa

Meski sudah banyak yang tahu cheetah adalah hewan tercepat di dunia tapi seberapa cepatkah sebenarnya cheetah? Ternyata cheetah mampu melaju dari 0 hingga 60 mph (96,6 km/jam) dalam waktu kurang dari tiga detik. Namun sayangnya cheetah hanya mampu mempertahankan kecepatan seperti itu hanya untuk jarak pendek.

Selain cheetah, ada juga singa yang juga cukup cepat saat berburu mangsa. Singa memiliki kecepatan tertinggi sekitar 50 mph (80,46 km/jam). Namun, hal itu juga sepadan dengan mangsa umum kucing besar Afrika yang juga bisa sangat cepat. Misalnya saja Springbok yang bisa mencapai 55 mph atau 80,46 km per jam saat dikejar, dan rusa kutub biru mencatat kecepatan 50 mph atau 80,46 km per jam.

2. Pronghorn – Pelari Jarak Jauh Tercepat 

gambar istimewa

Jika cheetah merupakan pelari tercepat jarak pendek, hewan pronghorn atau yang juga dikenal sebagai antelop Amerika, adalah pelari jarak jauh tercepat. Pronghorn mampu mempertahankan kecepatan hampir 35 mph atau 56,3 km per jam selama beberapa mil dan bahkan lebih cepat dalam jarak yang lebih pendek.

Selama sprint untuk menghindari predator, pronghorn dapat mencapai kecepatan tertinggi sekitar 55 mph atau 80,46 km per jam berkat bantalan khusus pada kuku mereka dan kemampuan untuk mengambil oksigen dalam jumlah besar saat mereka berlari.

3. Elang – Burung Tercepat 

gambar istimewa

Dalam hal kecepatan, burung adalah juara di alam dan bisa mengalahkan kecepatan hewan lain. Misalnya saja elang peregrine yang dianggap sebagai burung tercepat dengan kecepatan penerbangan lebih dari 185 mph atau 297 km per jam saat berburu.

Selain elang peregrine, ada elang emas, yang terbang dengan kecepatan 150 mph atau 241 km per jam. Saking cepatnya, kecepatan kedua elang tersebut bahkan bisa menyaingi terbang pesawat.

Jadi itulah tiga hewan tercepat di bumi baik di darat, laut, maupun udara. Apakah teman-teman pernah melihat salah satunya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!