Channel E – Selain menggunakan obat-obatan, konsumsi makanan pengencer darah dapat dilakukan sebagai alternatif untuk mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Apa saja makanan yang dimaksud?

Penggumpalan darah terjadi ketika trombosit, protein, dan sel-sel dalam darah saling menempel. Kondisi ini normal dan umumnya terjadi ketika tubuh terluka, sebagai upaya untuk menghentikan perdarahan. Setelah perdarahan berhenti dan proses penyembuhan selesai, gumpalan darah akan pecah dan hilang.

Namun pada beberapa kondisi, gumpalan darah yang terbentuk terlalu banyak, tidak normal, atau tidak pecah seperti seharusnya. Hal inilah yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, karena gumpalan darah dapat menghentikan aliran darah ke jantung, paru-paru, dan otak.

Untuk mengatasi penggumpalan darah ini, diperlukan obat pengencer darah, baik antiplatelet maupun antikoagulan. Obat-obatan ini berfungsi untuk menjaga sel darah agar tidak saling menempel di pembuluh darah dan arteri, serta meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk membentuk gumpalan darah.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan pengencer darah untuk membantu mengatasi penggumpalan darah. Makanan-makan ini dapat berupa rempah hingga buah-buahan.

Beragam Makanan Pengencer Darah

Ada beberapa jenis makanan pengencer darah yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah penggumpalan darah, di antaranya:

1. Kunyit 

gambar istimewa

Kunyit sudah familiar dalam pengobatan tradisional untuk beragam penyakit. Kandungan kurkumin dalam kunyit yang menjadikannya sebagai makanan pengencer darah. Senyawa ini bersifat antikoagulan sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, kurkumin juga memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, antikarsinogenik, dan antitrombotik yang potensial untuk digunakan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular.

2. Ginkgo biloba 

gambar istimewa

Makanan pengencer darah selanjutnya adalah ginkgo biloba. Tumbuhan herbal yang berasal dari Cina, Jepang, dan Korea ini terkenal akan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. Ginkgo biloba juga dipercaya dapat memperlambat pembekuan darah dan memperlancar peredaran darah, karena bersifat antiplatelet.

3. Jahe 

gambar istimewa

Jahe merupakan rimpang yang mengandung salisilat, salah satu bahan kimia alami yang banyak ditemukan dalam tumbuhan. Sintesis salisilat adalah asam asetilsalisilat yang dipercaya mampu membantu mencegah penyakit stroke dan serangan jantung, serta pembekuan darah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas jahe sebagai makanan pengencer darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!