Channel EMenjelang bulan Ramadhan 2022 segera tiba, dimana menurut Kemenangan jatuh pada tanggal 2 April 2022. Tentunya bagi orang yang masih belum mengetahui apa keutamaan sahur dan berbuka puasa Ramadhan pada tahun 2022 ini, akan dikupas tuntas oleh Buya Yahya. Sebelum masuk ke penjelasan Buya Yahya yang membawakan tausiyah spesial Ramadhan 2022, perlu pahami terlebih dahulu puasa menurut fikih Islam sebagai berikut.

Tentunya setiap satu tahun sekali, salah satu hari raya besar umat Islam yaitu lebaran hari raya agung yang dimana sebelumnya telah menunaikan puasa selama satu bulan penuh. Hukum Islam untuk puasa Ramadhan selama satu tahun penuh tersebut dikatakan wajib dimana setiap hendak akan puasa diawali dengan niat.

Berikut adalah niat bacaan puasa Ramadhan:

Nawaitu shauma ghodin an adaa i fardhu syahri romadhoona hadihis sanati lillahi ta aalaa.

Artinya: Niat saya puasa esok hari menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta aalaa.

Nah, baru sekarang ke dalam materi yang disampaikan oleh Buya Yahya terkait keutamaan sahur dan berbuka puasa spesial Ramadhan 2022. Buya Yahya menjelaskan bahwa keutamaan sahur salah satu sunah yang disarankan oleh Nabi SAW.

gambar istimewa

1. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits yang artinya

Maka sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya. Walaupun kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah SWT serta para malaikat ikut bershalawat kepada orang yang makan sahur. (HR Ahmad No 11086, Syaikh Syu’aib Al Arnauth).

Waktu melaksanakan sahur Ramadhan ini dilakukan sebelum terbitnya fajar atau lebih spesifik nya sekitar sepertiga malam akhir sebelum waktu sholat subuh. Cara untuk mengetahui batas menunaikan sahur terdengar ketika masjid berkumandang imsyak atau menyeruakan adzan subuh. Buya Yahya menambahkan, bahwa setiap jemaah perlu menunaikan sahur sebab dalam makanan yang disajikan ketika sahur diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Keberkahan seperti apa? Salah satunya Allah berikan rezeki kepada hamba nya yang menjalankan perintahnya. Kemudian Buya Yahya juga mengingatkan, lebih apdol lagi jika sebelum menunaikan sahur diiringi dengan berbagai amalan lain. Contohnya, seperti sholat tahajud, sholat witir, sholat hajat, sholat tasbih, dan sebagainya.

Baca Juga :  TRADISI SHALAT TARAWIH DARI BERBAGAI PENJURU DUNIA. "ADA YANG 100 RAKAAT LOH"

2. Buya Yahya juga menjelaskan fungsi imsyak itu untuk apa?

Yaitu dijelaskan oleh Buya Yahya, bahwa imsyak diartikan dalam bahasa adalah berhenti dari makan dan minum kemudian menahan diri sebelum mulai berpuasa. Ketika terdengar naungan toa masjid menyeruakan imsyak, bagi yang belum sikat gigi. Maka segera menyikat gigi nya. Buya Yahya juga memperingati jarak imsyak tiba sebelum kepada waktu sholat subuh sekitar 10 hingga 25 menit.

Setelah menjelaskan keutamaan imsyak, Buya Yahya kemudian menjelaskan tentang keutamaan berbuka puasa. Buya Yahya menjelaskan keutamaan berbuka puasa ditandai dengan suara adzan magrib berkumandang.

3. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits yang artinya

Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, kemudian matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka. (HR Bukhari No. 1954 Muslim 1100). Sunnah Nabi SAW ketika berbuka puasa, yaitu mengomsumsi 3 butir kurma apabila tidak memiliki kurma minumlah dengan satu tegukan air.

Buya Yahya menjelaskan mengomsumsi kurma untuk membatalkan puasa saat waktunya tiba yaitu disarankan sebelum dimasukkan makanan berat ke dalam pencernaan Berbuka puasa paling utama yaitu dengan konsumsi kurma ruthob, dimana kurma ini memiliki tekstur yang lembut karena belum matang sempurna.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here