Ramadan menjadi bulan suci paling ditunggu umat muslim. Pada bulan penuh pahala dan keberkahan ini umat Islam dianjurkan banyak beribadah dan berdoa. Sebagai penunjang ibadah bulan Ramadan, aplikasi niat puasa dan kumpulan doa sehari-hari ini patut kamu unduh.

Tidak hanya berisi doa-doa khusus Ramadan, rekomendasi aplikasi di bawah juga memiliki pengingat waktu salat. Pun terdapat Al-Qur’an digital yang bisa didengarkan, jadwal imsakiyah, dan konten lain yang membantu ibadah semakin maksimal.

1. NU Online

gambar istimewa

Datang dari dalam negeri, rekomendasi aplikasi doa dan zikir lengkap bernama NU Online. Penggagasnya adalah salah satu organisasi muslim terbesar di Indonesia. Dengan tampilan memudahkan serta bersih, pengguna akan dibuat nyaman berlama-lama di dalam aplikasi.

Fitur di dalamnya pun sangat lengkap. Kamu akan mendapati jadwal dan pengingat salat, arah kiblat, khotbah, hingga wirid dan doa sehari-hari. Pun terdapat menu khusus Ramadan yang berisi niat dan doa anjuran di bulan suci.

Tidak cukup sampai di sana, di dalam aplikasi ini kamu akan mendapatkan ilmu keislaman. Terdapat artikel mulai sejarah, tips ibadah, hingga kisah teladan. Ada pula video ceramah seputar dalil dan hukum Islam oleh ustadz dan kiai bersanad.

Fitur lain yang sangat membantu beribadah lainnya yakni kalender Hijriah. Lengkap dengan keterangan, kalender ini memberikan pengingat seputar hari libur nasional dan keagamaan, tanggalan Jawa, peristiwa sejarah, hingga rekomendasi puasa sunnah.

Kamu bisa menikmati fitur lengkap secara Lengkap dan gratis. Cukup download aplikasi NU Online yang tersedia di toko aplikasi Play Store juga App Store.

2. Muslim Pro Ramadan 2022

gambar istimewa

Rekomendasi aplikasi Ramadhan 2022 kedua berasal dari salah satu aplikasi paling populer di seluruh dunia. Tidak hanya muslim lokal, Muslim Pro Ramadan 2022 juga disarankan oleh pengguna di belahan dunia lain.

Ada banyak fitur yang tersemat pada aplikasi ini. Termasuk mengingat waktu salat, azan, pengingat waktu berpuasa Ramadan (buka puasa dan imsakiyah). Pun terdapat bacaan niat puasa dan anjuran doa-doa yang dilantunkan baik selama bulan suci atau juga keseharian.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting yakni penunjuk arah kiblat, kalender hijriah, dan tasbih digital. Ini bermanfaat guna memantau zikir harian. Pun terdapat Al-Qur’an digital lengkap dengan terjemahan, audio hingga fonetik tulisan yang memudahkan pengguna membaca kitab suci di mana saja.

Aplikasi Muslim Pro Ramadan 2022 juga memungkinkan penggunanya mendapat rekomendasi makan halal. Aplikasi ini akan meminta akses lokasi guna melacak restoran halal dan masjid terdekat di sekitar kamu.

Sangat mempermudah ibadah harian, aplikasi Muslim Pro Ramadan 2022 bisa kamu unduh melalui App Store maupun Google Play Store. Gratis!

3. Athan: Ramadhan 2022, Al Quran

gambar istimewa

Satu lagi aplikasi penunjang beribadah bagi umat muslim. Athan: Ramadhan 2022, Al Quran merupakan aplikasi penyedia informasi seputar kegiatan harian umat Islam. Dirancang oleh IslamicFinder, aplikasi ini tersedia baik di Android maupun iOS.

Sebagaimana dua rekomendasi sebelumnya, aplikasi ini juga menghadirkan fasilitas penunjang ibadah. Mulai dari peringatan salat dan waktu berbuka puasa saat Ramadan; bacaan niat, doa, serta zikir harian dan waktu tertentu; hingga Al-Qur’an digital.

Pun terdapat artikel seputar keagamaan yang membantu menambah wawasan seputar keislaman. Termasuk adanya panduan haji dan umroh secara detail yang dijelaskan per hari. Serunya lagi, terdapat ilustrasi sederhana yang menggambarkan kegiatan selama haji atau umroh.

Fitur unggulannya yakni logbook ibadah. Yap, aplikasi ini mengajak kamu mencatat kegiatan baik sehari-hari. Pada logbook bulan Ramadan, kamu akan diberikan tugas harian. Jika berhasil melakukannya kamu dapat mencentang logbook dan mendapatkan lencana.

Hendak menyampaikan ucapan ke teman-teman atau orang terdekat? Kamu juga bisa membagikan gambar berisi kutipan ayat Al-Qur’an, doa-doa, maupun kalimat baik pada template yang disediakan.

4. Apa Doanya: Doa dan Dzikir

gambar istimewa

Membutuhkan aplikasi yang fokus memberikan rekomendasi doa dan zikir? Unduh saja Apa Doanya: Doa dan Dzikir. Ada lebih dari 500 kumpulan doa serta zikir yang tersedia di aplikasi ini.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan kata kunci pada kolom pencarian di bagian atas. Aplikasi akan otomatis menyortir bacaan niat, doa-doa, atau zikir berkaitan dengan keyword yang kamu cari.

Terdapat tulisan arab dan transliterasi yang memudahkan kamu membaca doa maupun zikir. Di bagian bawahnya lagi, ada detail rujukan (sanad) yang mendasari mengapa doa ataupun zikir tersebut dilakukan. Pun tercantum keterangan detail keutamaan doa dan zikir  terkait.

Aplikasi Apa Doanya: Doa dan Dzikir juga mencantumkan apabila terdapat doa dan zikir yang memiliki sanad lemah. Termasuk jika doa yang kamu cari termasuk amalan dengan dasar dhaif.

Agar tidak ketinggalan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur alarm. Atur sesuai keinginan dan aplikasi akan mengingatkan sesuai pengaturan waktu yang kamu tetapkan.

5. Umma

gambar istimewa

Sebelumnya dikenal dengan nama Muslim Umma, aplikasi Umma merupakan platform all-in-one yang mendukung ibadah. Aplikasi ini membantu kamu mendapatkan pengingat waktu salat, arah kiblat, kalender hijriah, hingga jadwal puasa.

Terdapat pula menu khusus bacaan niat, doa, dan zikir yang dikelompokkan sesuai kebutuhan. Misalnya doa dari Al-Qur’an, zikir yang mendatangkan rezeki, dan sebagainya. Kamu bisa dengan mudah menemukan referensi niat berpuasa, doa dan zikir harian.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Umma menyediakan fitur berbagi. Layaknya sosial media, pengguna dapat membagikan video, gambar, hingga melakukan live. Jika terdapat pertanyaan seputar keislaman, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur ‘pertanyaan’.

Terhubung dengan situs berita keislaman, pengguna akan dengan mudah menemukan artikel atau berita yang sedang trending. Tentunya dalam koridor dan tema Islam.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin pertemanan dengan pengguna lain di dalam aplikasi Umma. Jadi bisa saling mengingatkan untuk terus melantunkan doa dan zikir.

Mudah dan murah, aplikasi niat puasa dan kumpulan doa sehari-hari membantu banget dalam meningkatkan aktivitas ibadah di bulan Ramadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!