27 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Ciri Kandang Hamster yang Nyaman dan Ideal Ditinggali

Walau tubuhnya mungil, hamster adalah hewan yang sangat aktif dan lincah. Di alam lia r, mereka bergerak hingga 8-12 kilometer tiap hari untuk mencari makanan. Oleh karena itu, hamster peliharaan membutuhkan kandang yang luas. Khususnya trah yang besar seperti syrian. Bukan hanya perkara luas, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan supaya hamster merasa nyaman tinggal di kandang tersebut. Ketahui selengkapnya di sini!

Luas kandang disesuaikan dengan jenis hamster

gambar istimewa

Mengutip Hamster Society, hamster jenis dwarf memerlukan kandang yang luasnya minimal 2.800 cm persegi atau 70 cm x 40 cm. Sementara, hamster syrian membutuhkan kandang yang luasnya minimal 4.000 cm persegi atau 80 cm x 50 cm. Daripada yang bertingkat, pilih kandang yang memiliki alas yang lebar dan panjang. Dengan alas yang luas, hamster bisa berlarian dengan bebas seperti di alam liar.

Berikan serbuk kayu sebagai alas kendang

gambar istimewa

Kita perlu melapisi alas kandang dengan serbuk kayu atau serbuk gergaji (sawdust). Fungsinya sebagai alas tidur, menyalurkan kebiasaan menggali, dan tempat untuk buang air.

Tidak harus serbuk kayu, bisa menggunakan media lain seperti cacahan kertas atau karton, bubur kertas (paper pulp), serta jerami, dilansir Pet Keen. Alas kandangnya harus diganti tiap seminggu sekali karena biasanya sudah kotor, bau, dan lembap.

Berikan roda putar supaya hamster tetap aktif

gambar istimewa

Roda putar atau exercise wheel sangat penting untuk menjaga hamster agar tetap aktif dan sehat. Pastikan permukaannya lebar dan bahannya kokoh, People’s Dispensary for Sick Animals (PDSA) memberi saran.

Selain itu, hamster memiliki naluri untuk terus bergerak dan berlari. Di alam liar, mereka melakukannya untuk mencari makanan atau melarikan diri dari pemangsa. Dan sama seperti manusia, tubuh hamster menghasilkan hormon endorfin setelah berlari.

Tambahkan mainan agar hamster tidak bosan

gambar istimewa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hamster adalah hewan yang aktif dan lincah. Berikan mainan yang interaktif supaya mereka tidak bosan, seperti terowongan, tangga, ayunan, hingga rumah-rumahan.

Namun, sebagai hewan nokturnal, hamster mungkin akan bermain di malam hari. Mereka mungkin akan sedikit berisik, sehingga disarankan menaruh kandang hamster agak jauh dari kamar tidur.

Berikan tempat khusus untuk bersembunyi

gambar istimewa

Hamster menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, terutama di siang hari. Sebagai pemilik, kita perlu menyediakan tempat yang nyaman untuk bersembunyi dan beristirahat. Tidak harus beli di pet shop, kamu bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar. Misalnya, menggunakan batok kelapa yang dilubangi, kardus gulungan tisu, dan lain sebagainya.

Be creative! Selain itu, pastikan kandangnya tidak terkena sinar matahari langsung dan angin kencang. Suhu ideal untuk hamster adalah sekitar 18-21 derajat Celcius. Dan jauhkan kandangnya dari suara bising seperti televisi, speaker, atau mesin kendaraan karena rentan membuatnya stres. Nah, itulah beberapa hal yang membuat kandang hamster nyaman untuk ditinggali. Semoga hamstermu betah dan berumur panjang!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles