Inulin pada akar dahlia bila difermentasikan oleh enzim tertentu atau jamur tanah, akan berubah menjadi fruktosa. Fruktosa tersebut merupakan gula yang sering digunakan sebagai pengawet makanan atau bahan baku pembuatan sirup. Sampai saat ini belum ditemukan literatur yang membahas terkait kontraindikasi penggunaan tanaman dahlia sebagai obat herbal.

Dahlia merupakan tanaman hias yang tumbuh tegak dan tahunan

gambar istimewa

Namun, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara sembarangan, apalagi sampai berlebihan tanpa pengawasan dokter atau herbalis. Dahlia merupakan tanaman hias yang tumbuh tegak dan tahunan.

Tanaman ini berasal dari Meksiko dan umumnya bisa tumbuh subur di ketinggian 700–1.000 m dpl. Saat ini si cantik dahlia sudah tersebar luas di dunia dan menjadi salah satu komoditas bunga potong yang sangat potensial. Bahkan, dahlia juga sudah menjadi bunga resmi Kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Terdapat empat jenis dahlia yang populer di dunia, yakni hanakerusai yang berwarna merah dengan semburat kuning di tengahnya, dahlia kuning dengan aksen putih pada bagian ujungnya, hibotan dahlia yang berwarna merah muda, dan yukitemari yang berwarna putih dengan aksen kuning pada bagian tengahnya sehingga membuat bunga ini semakin cantik serta terkesan suci.