29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Tips dan Trik Promosi Produk Online di Media Sosial

Cara mempromosikan produk online dengan efektif bisa dilakukan melalui berbagai metode, salah satunya mengajak kerjasama para blogger dan influencer di media sosial. Strategi promosi dan penjualan yang tepat tentunya akan meningkatkan nilai jual dari suatu produk. Seperti yang diketahui, jika dalam bisnis pergerakan mereka sangatlah dinamis. Banyak kompetitor yang tentu selalu berusaha menarik hati pelanggan. Maka dari itu, kegiatan promosi dengan berbagai penawaran yang menarik sangatlah penting untuk tetap menarik perhatian konsumen.

Tawarkan Diskon Khusus

Harga merupakan pertimbangan paling utama bagi konsumen saat akan membeli suatu produk. Oleh karena itu, promo atau potongan harga pasti sangatlah ditunggu. Semakin sering kita memberikan promo, maka konsumen akan selalu menuju pada produk kita. Untuk bisnis online, Anda bisa memanfaatkan social media ataupun melalui email marketing.

Anda bisa mempromosikan di website atau social media untuk berlangganan melalui email dan akan mendapatkan penawaran secara khusus. Hal ini penting untuk membangun subscriber, agar nantinya kita dimudahkan untuk mempromosikan produk selanjutnya melalui email.

Memberikan Bebas Biaya Kirim (free ongkir)

Kebanyakan pembeli online khususnya, pasti akan mencari merchant yang memiliki layanan gratis biaya kirim. Strategi free ongkir ini terbukti ampuh untuk menarik minat pembeli.

Adakan Giveaway

Agar produk semakin dikenal, mengadakan giveaway merupakan metode yang saat ini cukup umum dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan rasa percaya dari konsumen. Setiap kali meluncurkan produk baru, cobalah adakan giveaway dengan syarat mewajibkan mereka untuk mengikuti media sosial dan ikut mempromosikan produk kita dengan mengunggahnya di akun media sosial masing-masing.
Dengan cara itu, semakin banyak orang yang mengikuti giveaway maka semakin banyak pula orang yang mengenal produk anda.

Baca Juga :  HP Samsung Rp4 Juta-an dengan Desain Paling Mewah

Kerjasama dengan Blogger dan Influencer

Lakukanlah kerjasama dengan blogger yang memiliki kaitan dengan produk yang kita jual. Kita bisa membayar jasa mereka untuk menulis review tentang produk yang dijual. Selain blogger, membangun hubungan dengan para influencer di media sosial dan Youtuber juga merupakan langkah yang tepat untuk mempromosikan produk di era sekarang. Anda bisa melakukan endorse kepada influencer yang tentunya memiliki pengikut atau followers yang banyak. Bila perlu, jadikan mereka sebagai brand ambassador produk kita untuk menarik pembeli.

Buat Video Promosi

Membuat video promosi yang singkat dan menarik ternyata juga penting dalam mempromosikan produk yang kita jual. Jika memiliki anggaran yang lebih, cobalah minta bantuan agensi atau profesional dalam pembuatan video promosi agar hasilnya lebih menarik. Jika tidak, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi edit video yang tersedia.

Bisa Pakai Search Engine Optimization (SEO)

SEO memungkinkan informasi yang Anda salurkan lewat website Anda ditemukan dengan mudah oleh pengguna lewat mesin pencari seperti Google. Cobalah pelajari dasar-dasar SEO agar toko online Anda bisa muncul di halaman pertama pencarian google sehingga lebih mudah bagi konsumen untuk menemukan.

Tawarkan Produk Bundling

Menawarkan produk bundling juga merupakan salah satu cara untuk menarik minat pembeli. Misal jika kita berjualan produk pakaian, maka kita bisa menawarkan satu set produk fashion mulai dari kemeja, celana, topi, dan sepatu dengan harga yang lebih murah.

Misalnya, bila harga satuan kemeja + topi + celana + sepatu mencapai Rp1 juta, berikan diskon menjadi Rp 700ribu apabila pelanggan membeli satu set product bundling tersebut.

Selain pembeli akan merasa puas, produk kita juga bisa semakin laris terjual.

Baca Juga :  Cara Mudah buat Anak Lepas dari Gadget, Asah Kreativitasnya!

Adakan Lomba

Mengadakan kontes dengan meminta peserta menyuarakan tentang produk yang kita jual juga bisa dibilang masih efektif hingga saat ini. Orang yang mengikuti kuis tersebut secara tidak langsung ikut serta mempromosikan produk kita. Tawarkan hadiah yang menarik, agar semakin banyak orang yang mengikuti lomba tersebut dan turut serta mempromosikan produk kita secara tidak langsung.

Tujuan Promosi

Promosi merupakan aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh pemilik produk atau jasa yang diberikan kepada masyarakat dengan tujuan agar para konsumen dapat menggunakan barang dan jasa tersebut. Selain itu, kegiatan promosi juga menjadi salah satu ajang untuk mengenalkan produk dan jasa serta memengaruhi konsumen agar menggunakan atau membelinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles