33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Inilah Penyebab Mengapa Flora dan Fauna Australia Unik

Australia merupakan benua yang kaya akan flora dan fauna endemik. Karena di benua Australia memiliki berbagai jenis flora dan fauna unik yang tidak terdapat di bagian tempat lain di dunia. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Mengapa benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna disebabkan peristiwa geologis yang terjadi puluhan juta tahun lalu serta faktor iklim.

Penjelasannya, ratusan juta tahun lalu Bumi terdiri atas satu benua besar. Kemudian pecah menjadi dua yakni Laurasia dan Gondwana. Seperti yang dikutip dari Encyclopedia of Australian wildlife, Australia masuk dalam Gondwana bersama Amerika Selatan, Afrika, India, dan Antarktika.

Saat Gondwana terpisah-pisah, Australia masih menyatu dengan Antartika. Baru pada 50 juta tahun lalu keduanya terpisah dan Australia bergerak ke utara. Isolasi geografis benua ini membuat fauna dan flora berevolusi untuk beradaptasi.

Penyebab flora dan fauna di Benua Australia memiliki banyak keunikkan

Benua Australia merupakan benua yang memiliki keanekaragaman hayati. Flora dan fauna yang dimiliki oleh benua ini sangatlah beragam. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan flora dan fauna di Australia memiliki keunikan tertentu.

Letak Geografis

Dikutip dari buku Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ karya Tenia Kurniawati, M.pd, dan ‎Andri Setiawan, M.pd, flora dan fauna di benua Australia memiliki banyak keunikan hal ini disebabkan oleh letaknya yang terisolasi dari wilayah lain.

Secara geografis, wilayah benua Australia dikelilingi oleh lautan dan samudra sehingga benua ini tidak terhubung lewat daratan dengan wilayah lainnya. Jika ditelisik dari sejarah perkembangannya, Australia dahulunya merupakan bagian dari benua Gondwana yang kemudian benua tersebut terpisah.

Faktor Klimatik

Australia memiliki kondisi iklim yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Pada benua Australia, di bagian utara ini memiliki iklim tropis. Pada barat daya benua Australia dan sepanjang pantai selatan memiliki iklim subtropis. Sedangkan, pada bagian tengah cenderung beriklim kering kontinental atau gurun.

Baca Juga :  Fakta Menarik Vampir Laut, Makhluk Misterius yang Haus Darah

Pantai timur Australia memiliki curah hujan yang tinggi, sedangkan bagian barat sangat kering karena curah hujan yang rendah. Faktor kondisi iklim dan cuaca ini menyebabkan flora dan fauna yang ada di benua Australia sangatlah unik. Ada beberapa flora dan fauna yang hanya dapat hidup di iklim tropis, ada sebagian yang hanya dapat hidup di gurun.

Wilayah di benua Australia yang memiliki curah hujan tinggi cenderung memiliki vegetasi yang beragam dibandingkan dengan daerah yang kering. Hal inilah yang kemudian menyebabkan flora dan fauna yang hidup di benua Australia memiliki karakteristik yang khas dan unik serta berbeda dengan flora dan fauna di wilayah lain.

Contoh flora dan fauna unik yang ditemukan di Australia

flora fauna australia

Dikutip dari buku bertajuk “Sejarah Pasifik Barat Daya” yang ditulis oleh Drs. Yushar Tanjung, M.Si. dkk, berikut adalah beberapa contoh flora dan fauna yang ditemukan di benua Australia:

Fauna
Australia dikenal menjadi tempat bagi hewan marsupial, dan hampir setengah mamalia asli benua ini adalah marsupial. Marsupial adalah hewan yang melahirkan secara prematur (kecil), sehingga harus di bawa ke dalam kantung di dalam perut induknya.

Contoh hewan marsupial yang banyak dijumpai adalah Kanguru, Walabi, Possum, Wombat dan Koala.

Platypus merupakan hewan jenis mamalia Australia yang memiliki moncong panjang dan kaki yang beselaput. Hewan ini disebut dengan evolusi antara reptil dan mamalia yang bertelur.

Dingo adalah salah satu hewan unik dari Australia. Dingo merupakan hewan yang biasanya berkulit coklat yang kuat, dengan ekor yang lebat. Ada yang menyebutkan bahwa hewan ini sebagai keturunan dari serigala Asia.

Selain itu, di Australia kita juga akan menemukan beberapa jenis burung seperti burung emu (jenisnya mirip dengan burung unta), angsa hitam, dan beberapa burung beo, burung betet, burung kakatua.

Baca Juga :  Makhluk Laut Aneh Langka Mirip Monster Demogorgon Ditemukan di Samudra Pasifik

Flora
Australia memiliki hutan hujan tropis, hutan ekaliptus di selatan, dan juga padang rumput di bagian utara.

Pantai Timur Australia kita akan menjumpai berbagai jenis tumbuhan berbunga seperti, honey flower, bunga fushi, bunga semak natal, bunga coachwood, dan berbagai jenis bunga anggrek.

Australia memiliki tanaman khas, yaitu aksia dan eukaliptus. Salah satu yang terkenal adalah tanaman waratah, yang bunganya berwarna merah merona. Waratah adalah tanaman mempunyai tinggi yang bisa melebihi pada. Ada lebih dari 80 jenis tumbuhan jenis ini yang bisa kita temukan di Australia.

Nah, itulah mengapa flora dan fauna australia bisa unik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles