29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Manfaat dan Bahaya Terapi Air Putih dari Jepang

Terapi air putih adalah cara langsing ala Jepang. Sederhananya, ini adalah program penurunan berat badan yang dilakukan dengan minum air putih. Sejumlah penelitian menunjukkan air dapat membantu mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak sekali jenis terapi air yang berguna untuk meningkatkan kesehatan. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang terapi air dari Jepang? Jenis terapi dari Jepang ini tidak mengharuskan Anda untuk berendam di air dingin atau panas. Namun jika Anda ingin mencobanya, Anda hanya harus minum air putih dengan jumlah tertentu di waktu tertentu juga. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh dan ada juga beberapa bahaya yang mungkin akan timbul dari melakukan terapi air ini.

Penelitian Terkait Terapi Air Putih Jepang

terapi air

Agar bisa menurunkan beberapa kilogram sesuai keinginan, Anda diharuskan minum beberapa gelas air pada suhu kamar di pagi hari. Selain itu, seseorang harus mengikuti pola makan yang ketat, di mana ia diperbolehkan makan dalam waktu 15 menit dan jeda antara waktu makan dan camilan yang cukup lama.

Beberapa penelitian menunjukkan air dapat membantu menurunkan berat badan. Orang dewasa yang mencoba menjadi bugar saat minum 2,1 cangkir (500 ml) air 30 menit sebelum makan, makan 13 persen lebih sedikit daripada orang dewasa yang tidak minum cairan sebelum makan.

Sementara, studi lain menemukan mengganti minuman sarat gula dengan air dapat mengurangi asupan kalori yang dapat meningkatkan berat badan. Diyakini komponen hidrasi di dalam air dapat memainkan peran utama dalam membantu menurunkan berat badan.

Aturan Minum

terapi air

Melansir Healthline, metode terapi air dari Jepang ini mengharuskan Anda untuk minum air putih dengan suhu ruang atau air hangat. Kemudian, air tersebut harus diminum setelah bangun tidur di pagi hari ketika perut masih kosong. Air dingin tidak direkomendasikan jika Anda ingin mencoba terapi air dari Jepang ini karena dinilai akan berbahaya bagi pencernaan. Selanjutnya diharuskan untuk minum lagi sekitar 4 hingga 5 kali setelah menggosok gigi dan 45 menit sebelum sarapan. Ketika makan, diharuskan untuk selesai dalam 15 menit dan menunggu minimal 2 jam sebelum makan lagi atau meminum sesuatu. Periode terapi air dari Jepang ini akan berbeda-beda tergantung dari penyakit yang dimiliki.

  • Konstipasi: 10 hari
  • Diabetes tipe 2: 30 hari
  • Tekanan darah tinggi: 30 hari
  • Kanker: 180 hari
Baca Juga :  Mengungkap Khasiat & Bahaya Bunga Kitolod Yang Jarang Orang Tahu.

Manfaat Terapi Air dari Jepang

terapi air

Melansir Mayo Clinic, tubuh memerlukan jumlah air putih yang cukup dan untuk pria sendiri perlu 3,7 liter air sedangkan untuk wanita perlu sebanyak 2,7 liter per hari.

Minum air putih setiap hari memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, namun terapi air dari Jepang diklaim bisa memberikan manfaat lebih besar untuk beberapa penyakit tertentu.

  • Meningkatkan konsumsi air setiap hari untuk tetap terhidrasi sehingga bisa mempertahankan energi, suhu badan, dan mengatur tekanan darah. Beberapa penyakit seperti konstipasi, batu ginjal, dan pusing bisa dihindarkan.
  • Membantu menurunkan berat badan karena asupan kalori dalam tubuh bisa dikurangi. Dengan mengikuti metode terapi air tersebut, kenaikan kalori bisa ditekan dan membuat perut terasa lebih kenyang.

Bahaya yang Bisa Ditimbulkan

terapi air

Meskipun ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, namun ada beberapa ahli yang tidak begitu percaya dengan manfaat dari terapi air ini. Melansir Healthline, terlalu banyak mengonsumsi air bisa menyebabkan overhidrasi atau keracunan air. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kadar garam dalam tubuh karena diencerkan oleh air. Meskipun jarang terjadi, namun kondisi ini bisa berujung ke kematian. Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan dari terapi air ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1 liter air per jam.

nah itulah manfaat dan bahaya dari terapi air dari jepang yang bisa menurunkan berat badan.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles