23.9 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

Joko Widodo Minta Turunkan Tarif Ekspor Pisang

Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Jepang, Kishida Fumio. Pertemuan itu digelar di Kantor PM Jepang, pada Rabu (27/7/2022). Usai bertemu dengan PM Jepang, Jokowi menyampaikan ada sejumlah kesepakatan yang dihasilkan.

“Kita sepakat protokol perubahan IJEPA dapat diselesaikan dan ditandatangani pada KTT G20 di Bali, November mendatang,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Joko Widodo minta Jepang turunkan tarif ekspor pisang

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga meminta kepada PM Jepang untuk bisa menurunkan tarif ekspor. Beberapa produk yang tarif ekspornya diminta turun oleh Jokowi seperti tuna, pisang, dan nanas. Selain itu, Jokowi juga meminta akses untuk ekspor mangga ke Jepang.

Untuk bidang investasi, Jokowi menyambut baik investasi baru Jepang di Indonesia. Jokowi berharap, investor dari Jepang bisa mengajak rekan senegaranya untuk bisa berinvestasi lagi di Indonesia.

“Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban, dan kami juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela,” ucap dia.

Joko Widodo ajak Perdana Menteri Jepang mendukung proyek strategis Indonesia

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak PM Jepang untuk mendukung proyek strategis Indonesia. Proyek itu antara lain hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan.

“Secara khusus saya mengajak Jepang untuk mendukung percepatan pencapaian target Net Zero Emission Indonesia melalui advokasi innovative technology seperti teknologi hydrogen dan ammonia,” kata Mantan Gubernur DKI Jakarta.

Perdana Menteri Jepang jadikan kunjungan Jokowi ke negaranya perkuat hubungan bilateral

Di lokasi yang sama, PM Jepang mengaku senang Jokowi datang ke Jepang. Dia menyebut, kunjungan Jokowi itu menjadikan hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia semakin kuat.

Baca Juga :  Arti Lambang Pramuka Indonesia, Beserta Asal-usul Tunas Kelapa sebagai Lambang Pramuka

“Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai momentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ujar Kishida.

Berkontribusi mengembangkan industri mobil listrik dan sektor pangan di RI

Kepala negara juga menginginkan Jepang ikut berkontribusi mengembangkan industri mobil listrik dan sektor pangan di RI.

“Secara khusus saya mengajak Jepang untuk mendukung percepatan pencapaian target Net Zero Emission Indonesia melalui advokasi innovative technology seperti teknologi hydrogen dan amonia,” kata Jokowi.

Tak ketinggalan, Jokowi menawarkan kerja sama lebih intensif untuk pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Jepang. Ia berharap Pemerintah Jepang ikut mempersiapkan tempat kerja untuk TKI.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles