29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli Oleh Paris Sains-Germain (PSG)

Paris Saint-Germain (PSG) dan Barcelona merupakan klub top Eropa yang setiap musim difavoritkan menjadi peraih trofi Liga Champions Eropa. Walaupun bersaing di kompetisi tersebut, keduanya masih sering melakukan kerja sama untuk mentransfer para pemain top dari masing-masing klub. Sejauh ini, terdapat beberapa pemain ternama yang pernah didatangkan PSG dari Barcelona dengan biaya yang tidak sedikit.

Sebagaimana diketaui, PSG melakukan bisnis yang luar biasa pada bursa transfer musim panas tahun 2021. Bagaimana tidak, PSG hanya mengeluarkan 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun, tetapi mampu mendapatkan lima pemain yang berkelas. Berikut ini adalah 5 daftar pemain yang didatangkan oleh PSG dari Barcelona:

Zlatan Ibrahimovic

zlatan ibrahimovic

Pemain yang satu ini merupakan salah satu pemain tertua yang membela klub top Eropa pada tahun 2022/2023. Pemain sepak bola berusia 40 tahun itu saat ini sedang membela AC Milan yang berstatus sebagai juara bertahan Serie A Italia.

Ibrahimovic sendiri juga pernah membela Paris Saint-Germain setelah dibeli dari Barcelona pada tahun 2012 lalu. PSG harus menggelontorkan dana sebesar 21 juta euro atau sekitar Rp318 miliar untuk mendatangkan pemain asal Swedia tersebut.

Neymar Jr

neymar jr

Pada tahun 2017 lalu, Neymar Jr memecahkan rekor sebagai pemain termahal yang pernah dibeli dalam sejarah bursa transfer. Bagaimana tidak, Neymar dibeli PSG dari Barcelona dengan harga 222 juta euro atau sekitar Rp3,3 triliun.

Pemain asal Brazil tersebut belakangan ini berhasil meraih berbagai macam trofi bersama PSG, seperti 4 trofi Ligue 1, 3 trofi Piala Prancis, dan 3 trofi Piala Prancis. Sayangnya, Neymar belum bisa menyumbang trofi Liga Champions.

Mikel Arteta

mikel arteta

Pelatih dari Arsenal, Mikel Arteta juga merupakan pemain Paris Saint-Germain yang pernah dibeli dari Barcelona. Pada tahun 2001, PSG meminjam Arteta dari Barcelona selama 1,5 musim. Walau begitu, kontraknya tak dipermanenkan oleh PSG.

Baca Juga :  5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Direkrut Manchester United!

Lulusan akademi Barcelona itu pada akhirnya dijual ke Rangers pada Juli 2022. Walau kariernya sempat naik turun, namun nama Arteta berhasil naik daun selama membela Arsenal pada tahun 2011—2016.

Maxwell

maxwell

Pemain ini merupakan salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki oleh Brazil. Kariernya naik daun saat masih membela Barcelona pada tahun 2009—2012. Setelah itu, ia dibeli PSG dengan harga Rp53 miliar pada tahun 2012.

Dia sendiri memutuskan untuk gantung sepatu di PSG pada tahun 2017 setelah mempersembahkan 4 trofi Ligue 1 dan 4 trofi Piala Super Prancis. Sedangkan, di Barcelona, ia berhasil meraih 1 trofi Liga Champions, 3 trofi Piala Super Spanyol, 2 trofi Piala Dunia Antarklub, dan 1 trofi Copa del Rey.

Rafinha

rafinha

Pemain ini merupakan pemain Paris Saint-Germain yang didatangkan dari Barcelona pada tahun 2020 lalu. Dia ditebus dengan harga murah, yaitu 1,5 juta euro atau Rp22 miliar. Sayangnya, ia gagal bersinar di PSG sehingga harus dipinjamkan kepada klub lain.

Pada tahun 2021/2022 lalu, dia dipinjamkan ke Real Sociedad selama setengah musim. Pemain yang berusia 29 tahun itu diyakini masih akan bertahan di PSG walau sempat dikabarkan masuk kedalam daftar jual klub tersebut.

Ronaldinho

ronaldinho

Dia mengawali kariernya di Eropa bersama PSG. Dia bergabung dengan klub Prancis itu dari Gremio pada Juli tahun 2001. Ia bermain untuk Les Parisiens hingga tahun 2003. Dia ditebus Barcelona dengan biaya yang mencapai 32,25 juta euro.

Karier nya semakin meroket saat bersama Barcelona. Pemain asal Brazil itu mampu menjuarai Liga Champions dan meraih Ballon d’Or selama berada di Camp Nou.

Tidak ada nama Lionel Messi dalam daftar diatas. Karena Messi didatangkan Paris Saint-Germain dari Barcelona setelah berstatus sebagai bebas transfer. Nah jadi itulah 5 pemain Barcelona yang pernah dibeli oleh Paris Sains-Germain. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Baca Juga :  5 Striker Tajam yang Hengkang dari Premier League di Musim Panas 2022

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles