32.5 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

8 Agustus Hari Kucing Sedunia, Sejarah,Makna, dan Cara Merayakannya

Setiap tahun, Hari Kucing Internasional diperingati pada tanggal 8 Agustus. Badan Amal Internasional untuk Kesejahteraan Hewan mendirikan acara tersebut pada tahun 2002 untuk menghargai dan menghormati kucing. Bagaimanapun, makhluk kecil berbulu ini telah memikat umat manusia selama ribuan tahun.

Hari Kucing Internasional ini guna merayakan salah satu teman manusia. Makhluk kecil tapi pintar ini telah lama hidup sebagai anggota keluarga dengan manusia. Mereka juga membuat kita semua tertawa dengan aksi lucu dan menggemaskan mereka. Untuk menghargai teman-teman kecil berbulu ini, Momen ini ditandai dengan sejumlah aktivitas di mana-mana.

Sejarah Awal

sejarah hari kucing

Kucing merapakan mamalia berbulu kecil karnivora yang dianggap sebagai hewan peliharaan sejak zaman kuno. Catatan sejarah manusia pertama tentang kucing dapat ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno. Setelah Dinasti Mesir runtuh, Kucing menjadi populer di mana-mana.

Orang Yunani dan Romawi menggunakan kucing sebagai pengendalian hama. Sementara di Timur, kucing pada awalnya dimiliki oleh orang kaya. Di Amerika, kucing adalah bagian dari kargo di kapal kolonisasi untuk meminimalkan hama dan penyakit, sehingga kucing-kucing itu pergi ke darat dan berkembang biak.

Awalnya, Hari Kucing Internasional didirikan oleh IFAW atau Badan Amal Internasional untuk Kesejahteraan Hewan guna menghormati dan menghargai kucing pada tahun 2002. Perayaan ini diumumkan untuk menyoroti metode tentang melindungi kucing dari kekerasan.

Hari Kucing Internasional diteruskan ke Badan Perawatan Kucing Internasional pada tahun 2020. Organisasi ini adalah kelompok nirlaba Inggris yang telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing domestik di seluruh dunia sejak tahun 1958.

Menurut penelitian, memelihara kucing merupakan hal yang baik untuk kesehatan mental, di antaranya, menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

Makna Hari Kucing Internasional

makna dari hari kucing

Hari Kucing Internasional memiliki banyak arti penting bagi pecinta kucing. Tidak semua kucing cukup beruntung untuk tinggal di rumah mewah, tidur di sofa empuk, dan mendapatkan makanan enak. Ada banyak kucing liar yang tidak diperlakukan dengan baik dan bahkan mengalami pelecehan.

Jadi, sekarang ini memiliki arti penting tidak hanya bagi pecinta kucing, tetapi semua pecinta hewan sejati. Hari Kucing Internasional adalah kesempatan besar bagi mereka yang ingin melindungi dan memberikan kenyamanan bagi makhluk-makhluk ini.

Cara Merayakan

cara merayakan hari kucing sedunia
  1. Menjadi Relawan di Cat Shelter

Dalam merayakan momen, kita tidak hanya mencari kesenangan. Namun juga meningkatkan kesadaran tentang penderitaan banyak kucing yang tidak memiliki rumah untuk ditinggali.

Sementara itu, tempat penampungan hewan sering membutuhkan sukarelawan untuk mandi, merawat, bermain dengan kucing. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi tempat penampungan lokal untuk menjadi sukarelawan dan membantu untuk merawat kucing.

2. Memberikan Donasi ke Badan Amal Kucing

Hari Kucing Sedunia juga merupakan waktu yang tepat untuk memberikan sumbangan uang dalam membantu tempat penampungan kucing lokal atau tempat penampungan hewan. Saat itu, mungkin mereka sedang berjuang untuk membiayai perawatan dan pemeliharaan kucing.

3. Manjakan Kucing di Momen Spesial ini

Momen ini merupakan kesempatan yang baik untuk membelikan kucing mainan baru, tempat tidur, atau makanan mewah yang disukainya.

4. Adopsi Kucing

Hari ini merupakan hari yang tepat untuk mengadopsi kucing dan membawanya ke rumah. Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup mudah dirawat, mereka mandiri dan bisa menjadi teman sekamar yang baik.

5. Buat Janji dengan Dokter Hewan

Hari ini adalah hari yang ideal untuk menjaga kesehatan kucing. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk menelepon dokter hewan dan menjadwalkan pemeriksaan untuk meastikan keadaan kucing baik-baik saja.

Nah jadi itulah penjelasan tentang sejarah,makna,dan juga cara untuk merayakannya. Jangan lupa untuk merayakannya ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles