29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

10 Agustus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Inilah Sejarah Nya

10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau biasa disebut dengan Hakteknas. Penetapan Hakteknas ditentukan berdasarkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995.

Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Beberapa tahun sebelum IPTN membuat pesawat N-250, mereka telah berhasil memproduksi pesawat CASA-212 dengan lisensi dari Spanyol dan pesawat CN-235 bersama dengan perusahaan CASA Spanyol.

Berangkat dari pengalaman dan keberhasilan tersebut, anak-anak bangsa IPTN lalu mulai merancang dan memproduksi pesawat N-250 secara mandiri. Pesawat N-250 sendiri menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional jadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Meski begitu, tidak banyak orang yang tahu tentang Hakteknas dan bagaimana awal mula kemunculannya.

Hal itu juga membuktikan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Pembangkitan nasional

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud pada Rabu (10/8/2022). Peringatan Hakteknas berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca ciptaan BJ Habibie pada tanggal 10 Agustus 1995 di daerah Bandung.

Hasil karya anak bangsa tersebut jadi bukti bahwa negara kita telah berhasil menumbuhkan inovasi dan jiwa mengembangkan IPTEK nasional.

Bermodalkan kebijakan transformasi industri yang dicanangkan oleh Menteri Riset dan Teknologi pada waktu itu, beberapa tahun sebelumnya Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) berhasil memproduksi pesawat CASA-212 dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang serta lisensi yang diperoleh dari Spanyol.

Pengalaman dan pengetahuan yang dikumpulkan dari pelajaran membuat CASA-212 dikembangkan lebih lanjut oleh tenaga ahli IPTN.

Baca Juga :  5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Liverpool

Dengan cara bermitra dan berpatungan dengan perusahaan CASA Spanyol, ahli-ahli Indonesia berinovasi untuk membuat produk baru dan merancang bangun serta memproduksi pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 penumpang.

Lalu, anak-anak bangsa di IPTN lalu mulai merancang dan memproduksi secara mandiri pesawat N-250. Pesawat tersebut merupakan pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia).

Pesawat N-250 menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

Melalui keberhasilan komunitas iptek menerbangkan pesawat N-250, dan untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan dan memajukan hasil teknologi dalam negeri pada tanggal 6 Oktober 1995 Presiden Republik Indonesia.

menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995.

Hakteknas Jadi Hari Penting dalam Sejarah Nasional

Foto untuk : Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022

Hakteknas merupakan salah satu hari penting dalam sejarah nasional. Tujuan Hakteknas adalah untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Selain itu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional juga bertujuan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat untuk terus menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus juga biasa dengan memberikan penghargaan bagi para aktor Sistem Inovasi Nasional yang telah berprestasi luar biasa dalam memacu tumbuhnya inovasi nya.

Penghargaan itu berupa:

  • untaian ABGC+M.
  • akademisi (academician A sebagai penghasil iptek).
  • swasta (business, B, sebagai pengguna iptek).
  • pemerintah (government, G, selaku penumbuh iklim inovasi).
  • komunitas (community C, sebagai kelompok pelaku iptek).
  • media massa (mass media, M, selaku mitra pemasyarakatan hasil-hasil iptek).

Nah, itulah sejarah Hakteknas yang merupakan hari bersejarah penting di Indonesia. Semoga informasi bermanfaat kepada kalian yaa!

Baca Juga :  5 iPhone Termurah dengan Teknologi Fast Charging di Tahun 2022

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles