26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

8 Tips Mengunjungi Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang cocok dijadikan tempat wisata bagi pencinta kuliner. Bermacam jenis kuliner dijajakan di pasar ini, tentu dengan harga yang sangat terjangkau dengan beragam jenis makanan. Tak heran Pasar Lama Tangerang ini tak pernah sepi pengunjung hingga sekarang.

Namun ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat mengunjungi Pasar Lama Tangerang agar wisata kuliner kamu nyaman dan aman. Merangkum dari berbagai sumber berikut ini delapan tips saat mengunjungi Pasar Lama Tangerang.

Jangan sembarangan parkir

Jangan sembarangan parkir

Kawasan Pasar Lama Tangerang berlokasi di Jalan Kisamaun, daerah sana diberlakukan sistem satu arah. Untuk itu tips berkunjung ke sana disarankan agar memarkirkan kendaraan kamu sebelum memasuki area Pasar Lama.

Pakai pakaian nyaman

Pakai pakaian nyaman

Rata-rata suhu di Tangerang berada pada 30-33 derajat Celcius. Suhu ini terbilang panas dan mudah membuat seseorang berkeringat. Selain itu, kawasan yang terbuka tanpa pohon ini juga membuat Pasar Lama semakin terasa gersang, jika dikunjungi pada siang hari. Oleh karena itu, jika ingin mengunjungi pada siang hari, pakailah pakaian yang menyerap keringat dengan bahan katun.

Naik becak

Naik becak pasar lama tangerang

Becak menjadi salah satu transportasi yang mudah ditemui untuk menuju kawasan Pasar Lama Tangerang. Becak juga dapat mengurangi kemacetan panjang yang ada di sana. Adapun tarif menumpang becak di kawasan ini berkisar antara Rp10-20 ribu tergantung jarak yang ditempuh.

Jangan lupa bawa kamera

Momen ala street photography ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera yang mudah dibawa kemana-mana, seperti kamera analog

Selain menikmati beragam jenis makanan, di Pasar Lama Tangerang juga kamu bisa memotret. Untuk itu membawa kamera sangat disarankan. Namun upayakan membawa kamera yang mudah dibawa ke mana-mana dan tidak mengganggu orang lain. Momen ala street photography ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera yang mudah dibawa kemana-mana, seperti kamera analog.

Datang di akhir pekan (weekend)

Pasar Lama Tangerang memang sangat ramai di akhir pekan

Meskipun Pasar Lama Tangerang memang sangat ramai di akhir pekan, tetapi kuliner yang ada di sini pun semakin ramai dan beragam. Akibatnya, seseorang dapat mencoba lebih banyak jenis makanan daripada hari biasa. Pasalnya, di akhir pekan beragam macam kuliner tersedia semakin kaya pada hari Sabtu dan Minggu.

Jelajahi peninggalan bersejarah

Museum Benteng Heritage

Selain kawasan kuliner, Pasar Lama Tangerang juga memiliki bangunan bersejarah, yaitu Museum Benteng Heritage dan Vihara Boen Tek Bio. Kedua bangunan ini memang sangat kental dengan kebudayaan Tionghoa. Mengingat bahwa Pasar Lama merupakan perkampungan kebudayaan Cina Benteng sehingga di sini banyak kelenteng untuk dijadikan tempat peribadatan. Terlihat bahwa kawasan ini juga memiliki akulturasi dengan budaya setempat sehingga banyak bangunan ibadah lainnya yang berdiri berdampingan.

Berburu oleh-oleh

Pasar Lama terkenal sebagai daerah pecinan di Tangerang

Pasar Lama terkenal sebagai daerah pecinan di Tangerang. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner khas pecinan. Beberapa makanan pecinan yang tak boleh terlewatkan antara lain adalah kue keranjang, dodol khas benteng, hingga kecap benteng dan SH khas Tangerang.

Kulineran

pancake di pasar lama Tangerang

Berbagai jenis kuliner tersedia di Pasar Lama Tangerang. Mulai dari kudapan, aneka jenis es, makanan berat, sampai santapan ekstrem seperti sate ular dan biawak. Kawasan ini menjadi daya tarik utama yang mendatangkan banyak pengunjung. Meski kuliner beragam sudah sejak lama ada di sini, tetapi kawasan ini semakin ramai sejak diresmikan menjadi kawasan kuliner pada 2012.

Banyak aneka makanan yang legendari diperjualbelikan di sini, seperti Es Podeng Varia, Laksa Benteng, dan Sate H. Ishak hingga Bubur Ko Iyo. Selain itu di kawasan ini, pemerintah Tangerang seringkali menyelenggarakan acara semacam festival kuliner. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan wisata kuliner yang ada di Pasar Lama.

Nah, itulah 8 tips jika kalian ingin datang ke pasar lama tangerang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles