32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Faktor dan Pengertian dari Edemik

Spesies tumbuhan dan hewan tersebar di permukaan bumi berdasarkan tiga faktor utama, salah satunya adalah faktor edafik.

Faktor edafik adalah sifat-sifat dari tanah yang dilihat secara luas dalam ekologi. Artinya, tanah tidak hanya dilihat sebagai permukaan saja namun lebih luas sebagai bagian dari kerak bumi. Contoh faktor edafik adalah profil tanah, tekstur, unsur hara, air tanah, suhu, pH, dan aerasi.  Hal ini menyebabkan tingkat kesuburan di berbagai tempat juga berbeda, sehingga terhadi penyebaran flora dan fauna di seluruh dunia.

Pengertian Faktor Edamik

Faktor edafik adalah sifat fisik, kimia, dan biologi dari tanah. (pixabay.com)

Menurut N. Rajakaruna dan R. S. Boyd dalam buku Encyclopedia of Ecology (2018), faktor edafik adalah sifat fisik, kimia, dan biologi tanah yang dihasilkan dari fenomena biologi, geologi, ataupun kegiatan antropogenik.

Faktor Edamik sangat memengaruhi ekologi dan evolusi tumbuhan juga hewan yang terkait kepadanya. Hal tersebut karena organisme sangat bergantung pada kondisi tanah. Sehingga, faktor edafik kerap disebut juga sebagai faktor tanah.

Mengenal Faktor Edafik yang Memengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Faktor edafik adalah sifat fisik, kimia, dan biologi dari tanah. (pixabay.com)

Kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor edafik. Faktor edafik berhubungan dengan tanah atau daratan yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup, baik itu flora maupun fauna.

Tanah merupakan media utama untuk pertumbuhan vegetasi. Tanah menyediakan berbagai unsur hara, zat organik, air, dan udara yang memang dibutuhkan oleh semua jenis tanaman. Ketika vegetasi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, maka hal ini juga berdampak positif bagi kehidupan hewan di sekitarnya.

Sebaliknya, ketika tanah berada dalam kondisi buruk dan tanaman sulit tumbuh, maka hewan pun akan kesulitan untuk berkembang biak di kawasan tersebut. Di sisi lain, kondisi tanah di permukaan bumi berbeda-beda, baik dalam hal tekstur, tingkat kegemburan, maupun kesuburannya.

Baca Juga :  5 Fakta Menarik Seputar Wortel

Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan jenis vegetasi di satu tempat dengan tempat lainnya. Sebagai contoh, kondisi tanah di area sekitar gunung berapi cenderung lebih subur. Tanah vulkanis yang terbentuk dari material letusan gunung ini sangat baik untuk pertumbuhan berbagai jenis tanaman.

Berbeda halnya dengan kondisi tanah di kawasan padang pasir atau gurun. Ketersediaan air dan zat organik yang sangat terbatas membuat tanaman sulit tumbuh dan hanya tanaman tertentu saja yang bisa bertahan di sana.

Contoh faktor edafik adalah profil tanah, tekstur, unsur hara, air tanah, suhu, pH, dan aerasi.

Profil Tanah

gambar profil tanah (https://twitter.com/reportasee)

Salah satu faktor edafik yang berpengaruh terhadap persebaran flora adalah profil tanah. Dilansir dari Biology Ease, profil tanah adalah bagian vertikal kerak bumi hingga kedalaman 1,83 meter atau samoai bahan induknya. Profil tanah menunjukkan bagaimana lapisan tanah terbentuk dari batuan induknya yang terdiri dari beberapa horizon.

Tekstur Tanah

Gambar Tekstur Tanah

Tekstur tanah adalah fator edafik berdasarkan sifat fisik tanah. Ada tanah yang bertekstur kasar, namun ada juga yang bertekstur sangat halus. Hal tersebut bergantung pada ukuran partikel tanah dan komponen penyusunnya.

Unsur Hara

Ilustrasi unsur hara makro dan mikro bagi tanaman. (istimewa)

Faktor ini adalah faktor edafik yang sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Unsur hara merupakan zat gizi yang terdiri dari berbagai senyawa dan mineral yang dibutuhkan oleh tanaman.Faktor ini bergantung pada jenis batuan induk, komposisi unsur kimia profil tanah, jumlah bahan organik dalam tanah, dan juga pencucian nutrisi yang terjadi di dalamnya.

Suhu Tanah

Gambar 1. Contoh pengolahan data suhu tanah

Fakor Edamik selanjutnya adalah suhu tanah. Dilansir dari Biology Discussion, suhu rendah menurunkan laju respirasi sel-sel embrionik akar, menurunkan laju penetrasi akar, penyerapan mineral, dan air.

Baca Juga :  5 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanaman Cabai Layu

pH

Ilustrasi pH

pH atau derajat keasaman adalah faktor edafik yang berbeda-beda pada setiap jenis dan lokasi tanah. Tanah dapat memiliki pH rendah dan bersifat asam atau pH tinggi dan bersifat basa, bahkan memiliki pH yang netral.

Air Tanah

Gambar Air Tanah

Faktor ini merupakan faktor edafik namun juga termasuk ke dalam faktor iklim. Air tanah adalah air yang terkandung di dalam tanah dan memengaruhi pertumbuhan tanaman dan hewan di tanah tersebut. Jumlah air tanah bervariasi bergantung pada jenis tanahnya, ada yang kering, ada yang lembap, namun ada juga yang basah.

Aerasi Tanah

Aerasi Tanah

Faktor edafik selanjutnya adalah aerasi tanah atau kemampuan tanah melakukan pertukaranan gas, baik oksigen maupun karbon dioksida. Aerasi tanah bergantung pada pori-pori tanah. Tanah dengan pori-pori besar memungkinkan aerasi yang besar juga. Sebaliknya, tanah dengan pori-pori kecil, aerasinya cederung lebih rendah.

Nah, Itulah Informasi dari Faktor dan Pengertian Edamik Semoga Kalian Bermanfaat ya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles