29.3 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

Inilah 4 Kapal Tercanggih yang Ada di Indonesia

Empat transportasi air atau kapal yang canggih ini memang patut dicoba. Bahkan salah satunya dapat membuat seseorang yang menaikinya bisa merasakan sensasi seperti terbang.

Setiap hari, selalu ada teknologi baru yang dikembangkan. Tidak terkecuali pada sektor transportasi. Terdapat beberapa transportasi yang umum digunakan seperti darat, udara, dan yang tidak kalah istimewanya adalah air.

Sebagai negara yang memiliki banyak pulau di Indonesia, mungkin sudah tidak asing dengan transportasi air. Menurut laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pelabuhan di Indonesia yang tercatat pada tahun 2020 sebanyak 2.439 pelabuhan.

Jika dilihat dari aspek geografis, mungkin transportasi air yang canggih dapat menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia untuk melakukan aktivitas di air.

Lantas, transportasi air apa saja yang berteknologi canggih tersebut

The Bubble

kapal canggih
Ilustrasi The Bubble,

Menghadirkan kendaraan bernama the Bubble yang merupakan hasil modifikasi dari seorang pegemudi kapal pesiar bernama Alain Thebault. Dia memoles kapal yang dia gunakan untuk memecahkan rekor kecepatan berlayar pada 2009,Canggih karena ketimbang mengambang di atas air seperti kapal lainnya.

Dibuat oleh perusahaan SeaBubbles, The Bubble merupakan taksi canggih di kota Paris yang memanfaatkan sayap hydrofoil di bagian bawahnya dan akan mengembang apabila kapal mencapai kecepatan tertentu. Dikatakan kalau fungsi melayang ini bermanfaat meredam goncagan secara tiba-tiba, putaran ombak serta mencegah orang di dalam kendaraan mengalami mabuk laut.

Kapal ini menggunakan tenaga baterai listrik sebagai penggeraknya sehingga emisi gas buang yang diciptakan menjadi minimal. The Bubble memiliki berat 1250 kg dan mampu menampung empat penumpang dan satu nahkoda dengan beban yang tidak lebih dari 400 kg.

Kapal ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 25km/jam. Sementara, sayap hydrofoilnya akan mengepak pada kecepatan 13km/jam.

The Foiler

kapal canggih
Gambar kapal The Foiler

Kapal yang satu ini merupakan kapal mewah pribadi yang bisa membuat penumpangnya merasakan sensasi terbang. Karena mampu mengapung di atas permukaan laut setinggi satu setengah meter.

The Foiler memiliki hydrofoil fiber yang melekat di bawahnya sehingga memungkinkan untuk mengapung diatas permukaan laut. Kapal ini dapat menampung delapan orang dengan maksimal berat satu ton. Foiler mampu mencapai kecepatan 74 km/jam.

Arrow 460

kapal canggih
Gambar Arrow 460

Kapal mewah yang satu ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Silver Arrow Marine dan Mercedes Benz. Arrow 460 menggunakan dua mesin serta bahan bakar yang digunakan sangat efisien dan ramah lingkungan.

Dalam pembuatannya, selain mengutamakan kecepatan dan tenaga yang besar, getaran dan kebisingan yang rendah juga sangat diutamakan.

Sea Hunter

kapal canggih
Ilustrasi Sea Hunter

Sea Hunter merupakan jenis kapal tempur yang dapat dikendalikan tanpa awak. Kapal ini biasanya menangani pertempuran laut dan anti kapal selam.

Kapal ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016. Sea Hunter bisa melaju dengan kecepatan hingga 50 km/jam dan dapat dikendalikan dari pusat komando terbesar di dunia, Christensen Shipyards. Lalu, Sea Hunter dilengkapi pula dengan sayap yang mengembang dan satu lambung kapal.

Sea Hunter mempunyai ukuran panjang 40 meter dan bobot mencapai 145 ton dengan kemampuan berlayar pada kecepatan maksimal 27 knot. Selain itu, kapal otonom ini pun telah dilengkapi radar dan kamera sehingga dapat mengetahui lokasinya sendiri dan lokasi kapal-kapal lain secara otomatis.Dikabarkan juga bahwa kapal ini dapat menembak.

a Hunter mempunyai ukuran panjang 40 meter dan bobot mencapai 145 ton dengan kemampuan berlayar pada kecepatan maksimal 27 knot. Selain itu, kapal otonom ini pun telah dilengkapi radar dan kamera sehingga dapat mengetahui lokasinya sendiri dan lokasi kapal-kapal lain secara otomatis.

Nah, Itulah Informasi tentang 4 Jenis Kapal Tercanggih di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles