29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

7 Manfaat dari Squat Jump yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Squat jump alias skot jump merupakan latihan kekuatan yang dapat dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. Tak hanya mudah dilakukan secara mandiri, ada banyak manfaat squat jump yang bisa diperoleh bila dilakukan secara rutin.

Adapun squat jump merupakan latihan fisik yang diawali dengan sikap berdiri. Lalu, menurunkan pinggul layaknya berjongkok, kemudian berdiri kembali sesuai hitungan yang telah ditentukan. Menariknya, latihan ini biasa digunakan sebagai gerakan awal untuk memaksimalkan kemahiran dalam lompat tinggi, lompat jauh, lompat katak, dan lompat vertikal.

Selain itu, melatih kelincahan, kekuatan, dan lompatan juga dapat dilakukan melalui squat jump. Baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, berikut dibawah ini merupakan 5 manfaat dari squat jump:

Membakar Kalori dan Lemak

baik
manfaat squat jump untuk membakar kalori

Seperti halnya olahraga pada umumnya, squat jump berperan untuk membakar kalori dan lemak. Bila kamu menjalani diet, squat jump dapat mempercepat proses penurunan lemak berlebih sehingga kamu bisa memperoleh bentuk tubuh ideal yang diinginkan.

Tergantung berat badan dan intensitas latihan, melakukan squat jump sebanyak 30 kali dapat membakar 100 kalori. Alhasil, bila dilakukan secara konsisten, manfaat squat jump ini dapat kamu peroleh secara nyata.

Menyehatkan Tubuh

baik
manfaat squat jump untuk menyehatkan tubuh

Setiap olahraga baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk squat jump. Hal ini dikarenakan squat jump membantu metabolisme lipid, meningkatkan regulasi glukosa, dan sensitivitas insulin.

Manfaat squat jump yang lain adalah dapat meminimalisir risiko obesitas dan diabetes, meningkatkan sirkulasi darah dan detak jantung sehingga mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan hipertensi.

Mengencangkan Otot

baik
manfaat squat jump untuk mengencangkan otot

Tak hanya membakar kalori dan lemak berlebih, manfaat squat jump juga termasuk mengencangkan otot. Terlebih otot pada bagian perut, bokong, dan kaki. Hal ini dikarenakan squat jump merupakan versi plyometric dari squat normal. Dengan begitu, menjalani latihan ini dalam intensitas tinggi dapat membuat otot perut, bokong, dan kaki semakin kokoh.

Baca Juga :  Atasi Diare dan luka Manfaat Putri Malu Bagi kesehatan Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Tulang

baik
manfaat squat jump untuk kesehatan tulang

Menambahkan squat jump ke dalam latihan olahraga membantu meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Manfaat squat jump ini memberikan tekanan pada tulang yang nantinya berubah menjadi lebih padat.

Dengan melakukan squat jump secara konsisten, tulang akan menyesuaikan intensitas latihan. Semakin banyak bergerak, akan semakin banyak kalsium yang digunakan. Alhasil, massa tulang tetap terjaga dan risiko kerusakan tulang akibat pertambahan usia dapat diminimalisir.

Mengurangi Risiko Cedera

baik
manfaat squat jump untuk mengurangi risiko cedera

Sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga, squat jump mampu mengurangi risiko cedera. Sebagai latihan plyometric, squat jump memperkuat tendon, ligamen, dan tulang akan semakin. Hasil dari squat jump ini juga mencakup meningkatkan komunikasi antar saraf dan otot yang mengontrol lutut.

Mempertahankan Mobilitas dan Keseimbangan

baik
manfaat squat jump untuk menjaga keseimbangan

Memiliki mobilitas dan keseimbangan tubuh yang prima mempermudah pergerakan aktivitas sehari-hari. Terlebih bila kamu dituntut untuk aktif bergerak setiap harinya. Namun, keseimbangan dan mobilitas tubuh dapat berkurang seiring bertambahnya usia.

Solusinya, kamu bisa melakukan latihan squat jump mulai dari sekarang. Manfaat squat jump ini membantu mengurangi kelemahan alami sejumlah otot. Tak hanya meningkatkan komunikasi otak ke otot, squat jump juga dapat menjaga keseimbangan motorik.

Meningkatkan Performa Olahraga

baik
manfaat squat jump untuk meningkatkan performa olahraga

Menjalani squat jump sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan performa latihan inti. Hasil dari squat jump ada pada gerakan jongkok yang merupakan bentuk latihan ketahanan. Karenanya, squat jump menjadi bagian dari sesi latihan atletik.

Nah, jadi itulah 7 manfaat squat jump yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles