29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

10 Jenis Ikan Asin di Indonesia yang Banyak Diminati

Ikan asin merupakan salah satu lauk yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Proses pengasinannya menggunakan banyak garam. Selanjutnya, ikan dikeringkan hingga kadar air dalam dagingnya habis. Ini adalah salah satu cara supaya ikan dapat bertahan lama.

Jenis ikan asin yang dapat dikonsumsi pun beragam. Sebab, mulai dari ikan laut hingga ikan air tawar semua dapat diasinkan. Berikut ini merupakan 10 jenis ikan asin di Indonesia yang banyak diminati:

Ikan Layang

jenis ikan layang

Jenis ikan asin yang pertama adalah ikan layang. Ikan ini dapat ditemukan di pasar dalam keadaan segar atau sudah diolah menjadi ikan pindang atau ikan asap. Jenis ikan ialah ikan yang dikonsumsi dan sangat penting dalam pangsa pasar domestik dan internasional.

Ikan Jambrong

jenis ikan jambrong

Ikan asin jambrong biasa dikemas dengan kondisi tubuh terbelah menjadi dua bagian dan duri yang masih menempel. Dagingnya yang tipis memberikan sensasi kriuk dan gurih setelah digoreng. Ikan asin jambrong juga kerap diolah menjadi abon yang lezat.

Ikan Asin Gabus

jenis ikan asin gabus

Selain enak dikonsumsi dalam berbagai menu, ikan gabus juga bisa diasinkan. Ikan gabus diklaim mengandung protein dan albumin yang tinggi, sehingga memiliki harga yang relatif mahal. Rasa ikan asin yang enak, akan membuatmu menyukainya.

Ikan Asin Bulu Ayam

jenis ikan asin bulu ayam

Selanjutnya, ada ikan asin bulu ayam. Jenis ikan asin ini banyak digemari karena rasanya yang gurih dengan tekstur renyah. Bentuknya pun unik, tipis dan sedikit lebar dengan bagian pinggir yang menjuntai bak buku ayam. Ini biasa ditemui di pulau Jawa dan Kalimantan.

Ikan Teri

jenis ikan teri

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti familier dengan ikan teri. Jenis ikan teri yang biasa diolah menjadi ikan asin adalah teri medan dan teri jengki. Saat mengolah, supaya gak terlalu asin, kamu bisa mencuci bersih dan rendam ikan teri terlebih dulu.

Baca Juga :  Sejarah dan Asal Usul Nama Kota Banjarmasin

Ikan Cucut

jenis ikan cucut

Dibandingkan jenis ikan asin lainnya, ikan cucut memiliki tubuh yang lebih ramping. Ikan asin cucut biasa diolah menjadi balado atau asem-asem. Peminat ikan asin cucut pun terbilang tinggi, utamanya di wilayah Jakarta dan Surabaya.

Ikan Sepat

jenis ikan asin sepat

Ikan sepat termasuk ikan air tawar dalam satu family dengan gurami. Ukuran ikan ini kecil, bahkan ukuran ikan ini sama dengan telapak tangan. Meski begitu, kandungan protein ikan sepat cukup tinggi, sehingga baik untuk dikonsumi walau sudah diasinkan.

Ikan Peda

jenis ikan asin peda

Ikan peda merupakan salah satu jenis ikan asin terfavorit. Umumnya, bahan dasar utama ikan peda adalah ikan kembung. Di Indonesia sendiri, ikan peda termasuk komoditas ikan fermentasi dengan popularitas terus meningkat dari waktu ke waktu.

Ikan Jambal Roti

ikan asin jambal roti

Jenis ikan asin primadona di lidah orang Indonesia adalah ikan jambal roti. Ikan asin ini berbahan dasar ikan manyung. Dagingnya berwarna putih dan tebal seperti roti. Mengenai harganya pun terbilang lebih mahal dibanding jenis ikan asin lainnya.

Ikan Asin Katamba

jenis ikan asin katamba

Terakhir, ada ikan asin katamba. Selain ikan jambal roti, jenis ikan teri katamba termasuk yang mahal. Meski begitu, ini sesuai dengan cita rasa yang disajikan. Biasanya, ikan asin katamba sering disandingkan dengan nasi liwet dan sayur asem.

Nah, jadi itulah pembahasan tentang 10 jenis ikan asin yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Kandungan protein yang tinggi membuatnya baik dikonsumsi semua kalangan. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles