34.1 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

4 Hewan Langka yang Ada di Indonesia, yang Kalian Harus Ketahui!

Indonesia dikenal sebagai negara kaya dengan flora dan fauna. Namun ternyata, Indonesia juga memiliki hewan yang terancam punah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik secara alamiah maupun dipengaruhi oleh ulah manusia.

Faktor-faktor yang menyebabkan kepunahan hewan antara lain karena hilangnya habitat hewan, perburuan liar, dan perdagangan liar. Agar hewan tidak punah, perlu dukungan sejumlah pihak untuk menjaga kelestariannya. Berikut daftar hewan-hewan yang terancam punah:

Komodo

Gambar hewan komodo

Komodo merupakan hewan langka di Indonesia juga menjadi satu-satunya hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Hewan ini memiliki nama lain Varatus Komodoensis atau Orah yang tidak lain juga merupakan spesies reptil terbesar di dunia. Hewan purba ini memiliki gigitan yang sangat kuat yang sangat mematikan.

Komodo memiliki racun berbisa yang berasal dari ribuan kelenjar pada area gusinya. Saat ini, habitat komodo hanya ditemukan di Pulau Komodo atau bisa disebut kepulauan seribu, Flores, Gili Matang, Gili Dasami dan Rinca Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Orang Utan Kalimantan

Gambar Orang utan

Orang Utan, baik di Sumatera maupun di Kalimantan masuk dalam spesies terancam punah. Berdasarkan laporan IUCN melalui penelitian yang telah dilakukan selama 75 tahun. Hewan ini mengalami penurunan secara signifikan, yaitu sebesar 80 persen.

Tak hanya itu, faktanya pada 1998 sampai 1999, kepunahan Orang Utan Kalimantan mencapai 1000 Orang Utan per tahun. Sementara itu pada 2004 diprediksikan, jumlah orang Utan Kalimantan jumlahnya sekitar 54.000 ekor saja.

Perbedaan Orang Utan Sumatera dan Orang Utan Kalimantan adalah pada kantung pipi yang panjang pada Orang Utan jantan. Selain itu, Orang Utan Kalimantan sesekali turun dari pohon dan menginjak tanah. Orang Utan Kalimantan terdapat tiga species. Pertama, Pongo pygmaeus yang ditemukan di Sungai Kapuas sampai timur laut Sarawak.

Harimau Sumatera

Ilustrasi hewan Harimau Sumatera

Memiliki nama latin Panthera Trigris Sondaica. Hewan ini merupakan spesies hewan langka yang terancam punah. Sesuai namanya, Harimau Sumatera hidup di endemis Pulau Sumatera yang saat ini tersisa sekitar 500 ekor. Penyebab kelangkaan hewan ini diakibatkan oleh kerusakan habitat hingga tingginya angka kematian hewan tersebut.

Selama kurung 1998 sampai 2000, sebanyak 66 ekor harimau telah terbunuh. Selain itu, Harimau Sumatera kerap beredar di perdagangan ilegal. Yang mana, bagian-bagian tubuhnya diperjual belikan dengan harga tinggi di pasar gelap. Dan harimau sumatera juga sering kali menjadi perburuan manusia untuk dijual beli kan secara ilegal.

Bagian-bagian tubuh tadi dijadikan perhiasan, tas kulit, ikat pinggang dan masih banyak lagi. Harimau Sumatera jantan memiliki karakteristik, rata-rata panjangnya 92 inci ( inci = 2,54 cm) dan berat 140 kg atau 300 pound. Tinggi harimau jantan  60 cm. Harimau Sumatera betina memiliki panjang tubuh sekitar 78 inci atau 198 cm dengan berat badan 91 kg.

Burung Jalak Bali

Gambar hewan Burung Jalak Bali

Hewan ini yang memiliki nama latin Leucopsar Rothschildi merupakan satwa endemis dari Bali. Burung jalak ini ditemukan pada tahun 1910 oleh pakar binatang dari Inggris, yaitu Walter Rothschild Burung ini memiliki ciri warna biru di sekitar mata dan warna tubuhnya putih bersih, burung jalak juga memiliki banyak jenis seperti, jalak nias, jalak kebo, dan jalak suren.

Keberadaan Burung Jalak Bali menjadi langka karena proses perkembangbiakan burung membutuhkan waktu lama. Selain itu karena, adanya perburuan liar. Burung Jalak Bali berkembang biak secara monogamus atau hanya memiliki satu pasang saja pada satu musim kawin. Hal ini menyebabkan, sex rationya hanya 1:1. Burung ini melakukan proses perkembangbiakan mulai dari usia 7 hingga 9 bulan

Nah, Itulah beberapa hewan langka yang hampir punah yang ada di indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles